Kasus Covid-19 Ciamis Terbanyak di Cijeungjing, Warga Diingatkan 3M

Kasus Covid-19 Ciamis
UPTD Puskesmas Handapherang, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat terus ingatkan warga pentingnya 3M. Foto: Eli/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Kecamatan Cijeungjing menjadi wilayah paling banyak ditemukan kasus konfirmasi Covid-19 di Kabupaten Ciamis. Rilis tim Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mencatat per hari ini, Senin (19/10/2020), 14 orang warga Cijeungjing positif Covid-19.

UPTD Puskesmas Handapherang, Kecamatan Cijeungjing, terus melakukan penanganan secara masif. Hal tersebut dilakukan guna mengingatkan seluruh warga agar mematuhi protokol kesehatan.

Hamlan, SKm, MM, Kepala Puskesmas Handapherang, mengatakan, banyak warga terkonfirmasi positif covid-19 di wilayah kerjanya, maka penanganan dilakukan secara masif dan maraton setiap hari seperti melakukan tracking dan swab.

“Petugas kesehatan dari UPTD Handapherang selalu siaga setiap saat, baik dalam melakukan tracking atau swab terhadap warga. Tidak hanya itu, kita juga dibantu oleh pihak pemerintah kecamatan, Kepolisian, Koramil dan juga pemerintah desa se-wilayah Kecamatan Cijengjing,” ungkapnya, Senin (19/10/2020).

Lebih lanjut kata Hamlan, dalam penanganan ini pihaknya tidak henti-henti mengingatkan warga dalam melakukan pemantapan 3M dan survailans aktif di tiap desa dengan melibatkan kader sebagai pusat info tentang Covid-19.

“Demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19, maka kami mengimbau kepada seluruh warga untuk selalu menggunakan masker saat aktifitas di luar rumah. Serta rajin dan sering mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir terutama setelah menyentuh benda-benda di area publik. Juga menjaga jarak dan menghindari kerumunan,” jelasnya.

Menurut Hamlan, dalam penanganan Covid-19, sswab test dilakukan secara massif untuk warga di wilayah Kecamatan Cijengjing. Hal tersebut dilakukan agar pihaknya dapat mengetahui seberapa besar warga terpapar Covid-19, karena terpapar dan tidaknya harus dibuktikan oleh medis.

“Selain warga, kita juga memeriksa para petugas kesehatan, pegawai kecamatan aparat Kepolisian, aparat Koramil dan juga para pegawai desa. Artinya pemeriksaan dan penanganan dilakukan secara menyeluruh,” katanya.

Kasus Covid-19 Ciamis Meningkat, Penanganan Tanggung Jawab Bersama

Kata Hamlan, demi mewujudkan wilayah Cijengjing terbebas dari Covid-19, maka pihaknya meminta kepada seluruh warga untuk bisa membantu dalam penanganan sesuai program pemerintah Kabupaten Ciamis.

Caranya, menurut Hamlan adalah patuh dan taat pada aturan yang Pemerintah terapkan pada masa pandemi. Sehingga penyebaran Covid-19 tidak terus meluas.

“Gema lawan cCovid-19 terus kami gemborkan. Jangan kendor! 3M terus warga terapkan setiap hari dalam menjalani aktifitas, karena penanganan ini tidak bisa dilakukan oleh hanya petugas kesehatan saja. Melainkan bersama-sama, terlebih Kecamatan Cijengjing terbanyak warga terkena covid-19,” pungkasnya. (ES/R7/HR-Online)

Editor: Ndu