Kasus Positif Covid-19 Kota Banjar Bertambah, Dari Kluster PT di Bandung

Kasus positif Covid-19
Ilustrasi. Foto: Ist/Net

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Setelah hampir sepekan tidak ada penambahan kasus konfirmasi positif, Juru Bicara Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Banjar, Jawa Barat, Agus Nugraha, menyampaikan adanya penambahan satu orang warga terkonfirmasi positif virus Corona.

Agus Nugraha mengatakan, warga terkonfirmasi positif virus Corona tersebut seorang laki-laki berusia 41 tahun asal Desa Balokang, Kecamatan Banjar. Warga tersebut terpapar dari kluster salah satu PT di Bandung.

“Hari ini ada penambahan lagi satu orang terkonfirmasi positif Covid-19. Dia warga Banjar,” kata Agus Nugraha kepada HR Online, Rabu (14/10/2020).

Ia menjelaskan, warga tersebut merupakan karyawan salah satu perusahaan yang menjadi kluster virus Corona di Bandung. Dia pulang ke Banjar pada hari Selasa kemarin karena mengalami keluhan sakit.

Setelah sampai di Banjar kemudian melakukan pemeriksaan dan menjalani swab test di RSUD. Hasilnya baru keluar hari ini dan positif terinfeksi virus Corona.

“Dia masuk kategori pasien dengan gejala. Saat ini juga sudah menjalani perawatan di RSUD Banjar,” terang Agus Nugraha.

Lebih lanjut, ia menambahkan, dengan adanya penambahan satu orang tersebut sampai hari ini jumlah kasus positif Covid-19 di Kota Banjar menjadi 40 orang.

Rinciannya, sebanyak 5 orang menjalani isolasi di rumah sakit, 34 orang sembuh atau selesai isolasi dan 1 orang meninggal dunia.

“Total semua sejak masa pandemi ada 40 kasus terkonfirmasi positif. Sekarang hanya 5 orang yang menjalani perawatan. Artinya tingkat kesembuhan juga cukup baik,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Banjar, dr Agus Budiana, mengatakan, untuk meminimalisir adanya penularan pihak Dinkes langsung melakukan tracking kepada keluarga dan orang yang pernah kontak dengan pasien.

“Sekarang kita langsung tracking dan pendataan. Besok baru ditindaklanjuti dengan swab test,” katanya.

Agus juga mengimbau warga Kota Banjar untuk mematuhi protokol kesehatan 3M yakni Memakai Masker, Menjaga Jarak, dan Mencuci Tangan dengan sabun. Hal ini guna mencegah penyebaran Covid-19. (Muhlisin/R7/HR-Online)

Editor: Ndu