Kawasaki Versys 1000 S Meluncur dengan Berbagai Fitur Canggih

Kawasaki Versys 1000 S Meluncur dengan Berbagai Fitur Canggih
Ilustrasi. Kawasaki Versys 1000 S. Foto: Istimewa

Kawasaki Versys 1000 S meluncur dengan spesifikasi lebih tinggi dan perombakan total dari versi tahun 2019. Hal ini telah pihak Kawasaki umumkan sebelum acara peluncuran enam model baru pada 23 November 2020.

Motor ini hadir dengan tiga varian yaitu Tourer, Tourer Plus, dan juga Grand Toure. Yang mana setiap versi menawarkan kelebihan yang berbeda dengan harga berbeda pula.

Namun sayangnya, Versys 1000 S tidak mendapatkan fitur Kawasaki Electronic Control Suspension (KECS). Padahal fitur ini menggunakan teknologi Electronic Equipped Rie Adjustme dari Showa Skyshook untuk menyesuaikan tingkat redaman.

Selain itu, juga dapat membuat laju motor lebih stabil saat melewati permukaan jalan bergelombang. Semuanya tentu akan lebih menguntungkan bagi pengendara sendiri.

Berbagai Fitur pada Kawasaki Versys 1000 S

Meskipun Versys 1000 S tidak mendapatkan teknologi KECS, masih terdapat fitur premium lainnya. Mulai dari chip Bluetooth  yang terdapat pada panel instrumen, secara nirkabel akan menghubungkan ke kendaraan.

Dengan menggunakan aplikasi ponsel pintar “Rideology the App”, sejumlah fungsi instrumen dapat terakses. Hal itu memungkinkan untuk menciptakan pengalaman berkendara yang lebih baik.

Selain itu, juga terdapat fitur KCMF yang dapat memonitor parameter mesin dan sasis pada setiap sudut. Fitur ini juga memfasilitasi transisi yang mulus untuk membantu pengendara menelusuri garis pada tikungan.

Baca Juga : Suzuki Access 125 Berkonsep Retro dengan Pembaruan Fitur Canggih

Electronic Cruise Control sebagai sistem kendali jelajah yang memungkinkan mempertahankan kecepatan hanya dengan menekan satu tombol. Setelah aktif, pengendara tidak perlu harus terus-menerus menekan gas pada motor Kawasaki Versys 1000 S.

Hal ini juga akan mengurangi tekanan pada area tangan kanan saat melakukan perjalanan jarak jauh. Sehingga memungkinkan penjelajahan yang santai dan nyaman saat berkendara tingkat tinggi.

Terdapat tiga mode pada fitur KTRC yang mencakup berbagai kondisi berkendara. Lalu menawarkan performa sport riding yang meningkat untuk mengatasi permukaan licin dengan percaya diri.

Layar penuh warna bermutu tinggi lengkap dengan teknologi TFT (Transistor Film Tipis). Teknologi ini memberikan tingkat visibilitas tinggi dan bisa sesuai dengan cahaya yang tersedia.

Mesin dan Suspensi

Dalam hal powertrain, Kawasaki Versys 1000 S lengkap dengan mesin 1.043cc inline empat silinder berpendingin cairan. Selain itu, juga menghasilkan tenaga 120 PS pada 9000 rpm dan torsi puncak 102Nm pada 7500 rpm.

Mesin tersebut lebih fleksibel serta menawarkan respon throttle yang luar biasa. Hal ini juga akan memastikan pengendara untuk mendapat sensasi fisik dan aura menggembirakan dengan setiap putaran throttle.

Perubahan pada Electronic Throttle Valves memungkinkan penambahan Electronic Cruise Control. Hal ini juga sekaligus berkontribusi pada kelancaran pengiriman daya.

Katup Throttle Elektronik memungkinkan ECU untuk mengontrol volume bahan bakar dan udara yang terkirim ke mesin. Injeksi bahan bakar ideal menghasilkan respons engine yang halus, alami, serta output engine ideal.

Baca Juga : SYM VF3i 185 Pro V3 2020, Motor Bebek Terkencang di Kelasnya

Insinyur Kawasaki Versys 1000 S memilih suspensi perjalanan panjang untuk memungkinkan berkendara dengan penuh percaya diri. Meskipun tidak untuk penggunaan off-road, kemampuan suspensi log-travel dapat mengatasi kondisi jalan yang kurang sempurna.

Roda depan dan belakang 17 inci yang ringan berkontribusi pada penanganan cepat dan sporty. Semuanya Kawasaki desain khusus demi pengalaman berkendara terbaik.

Desain

Terdapat Comfort Seat yang memiliki bantalan urethane lebih tebal untuk memberikan kenyamanan. Kedua sepeda ini bisa pengendara pasangi aksesoris Low Seat yang mengutamakan jangkauan mudah ke tanah.

Kaca depan secara bertahap dapat pengendara sesuaikan dengan preferensi. Ketinggian kaca depan juga dapat dengan mudah pengendara sesuaikan dari kursi, semuanya demi kenyamanan saat berkendara.

Pemanas pegangan pada Kawasaki Versys 1000 S memberikan peningkatan kenyamanan saat hari-hari yang dingin. Mereka secara penuh akan menutup cengkraman, sehingga memastikan kehangatan yang luar biasa.

Terdapat lampu depan LED kembar yang memiliki fitur balok rendah dan tinggi serta lampu posisi. Lampu depan menawarkan kecerahan yang meningkat secara signifikan untuk menerangi jalan saat berkendara pada malam hari.

Lampu yang terpasang pada selubung membantu menerangi jalan saat menikung pada malam hari. Saat motor condong ke atas, lampu akan menyala secara berurutan dan menciptakan jalur penerangan lebih luas.

Sebenarnya belum ada info mengenai harga dari motor Kawasaki Versys 1000 S ini. Namun banyak yang memperkirakan akan lebih murah dari versi SE atau sekitar Rp246 jutaan. (R10/HR-Online)

Baca Juga : Motor Matic Yamaha Vinoora Punya Desain Unik dan Lucu, Mirip Robot