KBM di Ponpes Al Azhar Banjar Terapkan Prokes 3M

KBM di Ponpes Al Azhar Banjar Terapkan Prokes 3M

Berita Banjar (HarapanRakyat.com).- Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di lingkungan Pondok Pesantren (Ponpes) Al Azhar Komplek Jabal Rohmah masih tetap berlangsung.  

Selama masa pandemi, Ponpes Al Azhar melaksanakan KBM dengan cara menerapkan protokol kesehatan (Prokes) dan 3M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak).

Pengasuh Ponpes Al Azhar Komplek Jabal Rohmah, KH. Gun Gun Gunawan Abdul Jawad, membenarkan, sejauh ini pihaknya melaksanakan KBM dan menerapkan Prokes yang pemerintah anjurkan.

“Dalam pelaksanaan KBM, kami tetap menerapkan 3M,” tandasnya.

Gus Jawwad juga berharap, semoga pandemi corona covid-19 ini cepat berlalu sehingga KBM di pesantren bisa kembali normal seperti sediakala.

Pada kesempatan itu, Gus Jawwad mengulas soal kisah tentang seorang sahabat yang datang untuk menemui rosul. Namun rosul tanpa segan-segan menyuruh pulang sahabat setelah menerima baiatnya.

Saat itu, rosul melihat sahabat yang datang tersebut memiliki penyakit menular, yaitu penyakit lepra. Hal itu terlihat dari kondisi kulit tangannya yang terkelupas.

“Namun saat ini, untuk Covid-19, kan tidak terlihat. Maka ada solusi lain selain sosial distancing, yaitu dengan physical distancing atau menjaga jarak. Dan hal ini memang sudah ada sejak zaman rasul,” ujarnya, Senin (26/10/2020).

KBM di Ponpes Al Azhar Harus Tetap Berlangsung

Gus Jawwad mengaku, pandemi corona covid-19 sangat berdampak terhadap KBM di Pondok Pesantren Al Azhar. Namun demikian, menurutnya KBM di ponpes harus tetap berlangsung.  

“Kami harus terus berdaya. Jangan sampai dunia pendidikan, khususnya keagamaan, sebagai landasan moralitas generasi kita masa yang akan datang, menjadi darurat pendidikan,” katanya.

Menurut Gus Jawwad, KBM di Ponpes Al Azhar tidak hanya sekedar kegiatan mentransfer ilmu. Tapi mengajar dan mencontohkan moralitas.  

“Kami juga mengajarkan dan mencontohkan bagaimana mengolah emosional serta spiritual,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Gus Jawwad mengakui, pada tahun ajaran baru kali ini jumlah santri berkurang.

Meski begitu, Gus Jawwad menambahkan, Pondok Pesantren Al Azhar tetap melaksanakan KBM dengan cara face to face.

“Tentunya, pelaksanaan KBM di Ponpes Al Azhar tidak mengabaikan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah dan agama,” pungkasnya. (Aji/R4/HR-Online)

Editor : Deni Supendi