Kemensos Salurkan BSB untuk Ribuan KPM PKH di Kota Banjar

KPM PKH
Launching penyaluran beras bantuan untuk KPM PKH di Kota Banjar. Foto: Istimewa

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Kementrian Sosial mulai menyalurkan Bantuan Sosial Beras (BSB) untuk ribuan KPM PKH yang terdampak pandemi covid-19.

Kadinsos P3A Kota Banjar, Suryamah, menjelaskan, bantuan untuk jaring pengaman sosial ini merupakan upaya pemenuhan dasar kebutuhan warga, terutama keluarga penerima dari PKH.

Dari total 4753 KPM, pembagiannya tersebut berlangsung secara bertahap, yakni untuk pengiriman awal khusus wilayah Kecamatan Banjar dan Purwaharja pada Kamis (1/10/2020).

Sedangkan untuk wilayah Langensari dan Pataruman berlangsung pada Jum’at (2/10/2020). Penyaluran ini juga oleh Banagara Reksa yang sudah mendapatkan penunjukan langsung dari Kemensos.

“Launching pendistrubusian BSB ini dari gudang Bulog. Pembagiannya juga bertahap dan sesuai titiknya agar tidak terjadi kerumunan. Pembagiannya setelah zuhur,” jelasnya kepada HR Online, Kamis (1/9/2020).

Baca juga: Program BSB dari Kemensos, Bulog Ciamis: Berasnya Kualitas Medium

Suryamah menambahkan, jumlah beras bantuan untuk KPM sebanyak 45 kilogram untuk bulan Agustus, September dan Oktober 2020.  

Selain itu, pihaknya memastikan untuk kualitas berasnya merupakan jenis medium yang sudah melalui berbagai proses pengujian sebelum pembagian kepada penerima.

“Kita sudah ada perwakilan saat pengujian, baik dari PKH, Perwakilan KPM dan lembaga lainnya untuk memastikan berasnya sesuai dengan aturan,” imbuhnya.

Suryamah berharap, dari BSB ini dapat meringankan KPM selama masa pandemi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Ia pun mengajak masyarakat mematuhi anjuran pemerintah untuk selalu menggunakan masker, menjaga jarak dan jangan sampai berkerumun serta selalu mencuci tangan dengan sabun. (Muhafid/Muhafid/HR-Online)