Kondisi Cuaca Pangandaran Bersahabat, Nelayan Semangat Melaut

Kondisi cuaca Pangandaran bersahabat membuat nelayan semangat melaut. Foto: Entang SR/HR.
Kondisi cuaca Pangandaran bersahabat membuat nelayan semangat melaut. Foto: Entang SR/HR.

Berita Pangandaran (harapanrakyat.com),- Kondisi cuaca Pangandaran bersahabat membuat nelayan semangat melaut. Pada hari Kamis (22/10/2020), kondisi cuaca di perairan Pantai Selatan, tepatnya Pantai Pangandaran, Jawa Barat, kembali membaik.

Para nelayan yang sudah terbiasa menjaring ikan pun tak mau menyia-nyiakan kesempatan itu. Apalagi sekarang ini sudah memasuki musim penghujan.

Sarno, salah seorang nelayan, mengatakan, saat ini kondisi cuaca Pangandaran bersahabat. Karena itulah, sebagian besar nelayan kembali beraktifitas ke laut .

Sebelumnya kondisi cuaca laut kurang pas, dan angin cukup kencang. Jadi para nelayan pun lebih banyak memparkirkan perahunya di bibir pantai.

“Seiring dengan cuaca yang bagus tentunya para nelayan pun bersemangat ke laut untuk mencari ikan,” terangnya, kepada HR Online.

Baca Juga : Aktivitas Nelayan Jaring Ikan Jadi Tontonan Wisatawan Pangandaran

Saat kondisi cuaca perairan Pantai Selatan bersahabat dan membaik, lanjut Sarno, maka secara otomatis akan berdampak pula pada penghasilan para nelayan. Dalam sehari bisa mencapai lebih dari Rp2 juta untuk sekali berangkat.

Jika kondisi sebaliknya, terkadang untuk mendapatkan Rp500 ribu saja sangat sulit. Namun, hal tersebut sudah terbiasa, mengingat suasana Pantai Selatan yang berubah-ubah.

Ketika kondisi cuaca sedang bersahabat, para nelayan akan menggunakan jaring arad untuk menangkap ikan di Pantai Timur Pangandaran.

“Sekali menaburkan jaring arad, para nelayan mampu meraup keuntungan yang cukup besar. Pasalnya, hasil tangkapan ikan menggunakan jaring arad saat ini lebih dominan cumi-cumi,” ungkapnya.

Warga yang hendak membeli ikan maupun cumi langsung menyerbu hasil tangkapan jaring arad nelayan. Mereka lebih banyak memilih membeli cumi segar. Mengenai harganya, untuk cumi segar per kilogramnya Rp70 ribu.

“Melihat hasil tangkapan nelayan kali ini cukup lumayan, jenis cuminya juga banyak,” kata Sarno. (Ntang/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah