Konektor Baterai HP Patah, Inilah Dampak dan Cara Mengatasinya

Konektor Baterai HP Patah
Ilustrasi Konektor Baterai HP Patah, Foto: Istimewa

Apa jadinya jika konektor baterai HP patah? Tentu saja ini akan menjadi masalah yang sangat serius.

Sebab, kita sudah bisa membayangkan apa yang akan terjadi jika konektor baterai bermasalah. Pengisian daya baterai yang kita lakukan menjadi kurang maksimal.

Seperti yang kita tahu, konektor baterai merupakan sebuah tempat atau dudukan yang dapat menghubungkan baterai dengan ponsel. Bentuk dari konektor baterai ini seperti logam kecil dengan jumlah 3 atau 4 kaki.

Baca Juga : Cek Tipe HP, Simak Cara Mudah dan Cepatnya Berikut Ini!

Menjadi bagian terpenting dari sebuah HP, maka keberadaan konektor baterai ini adalah mutlak. Dengan kata lain, memang sangat HP butuhkan.

Coba kita bayangkan, apabila tidak ada penghubung semacam ini, maka seluruh HP yang ada tidak akan bisa menyala. Fungsi dari perangkat komunikasi tersebut pastinya menjadi menurun.

Konektor Baterai HP Patah, Apa Saja Akibat yang Bisa Ditimbulkan?

Pada dasarnya, tidak sedikit dari pengguna HP yang mengalami gangguan pada baterainya. Salah satu masalah baterai yang paling sering terjadi adalah saat HP tersebut kita cas.

Tanpa kita tahu apa penyebabnya, daya baterai tidak kunjung bertambah atau terisi penuh. Padahal kita sudah melakukan pengisian daya baterai dalam waktu yang lama.

Bahkan, terdapat kondisi yang jauh lebih parah, yakni HP tidak dapat menyala sama sekali. Dengan artian HP menjadi mati total.

Masalah baterai semacam ini terjadi karena berbagai macam faktor. Salah satunya adalah dari charger itu sendiri.

Selain itu, ternyata juga dapat disebabkan konektor baterai yang rusak. Entah itu karena faktor yang ringan seperti halnya terkena kotoran, debu, dan semacamnya.

Hingga penyebab yang berat seperti longgar maupun konektor baterai HP patah. Meskipun ini menjadi masalah yang sangat umum dan sering terjadi, tetap saja membuat kita sebagai pengguna menjadi kewalahan.

Apalagi saat kita benar-benar membutuhkan HP tersebut dengan daya baterai yang terisi penuh. Sebenarnya, masalah tersebut dapat kita tangani dengan mudah.

Baca Juga : Rotasi Layar Tidak Berfungsi, Berikut Cara Mengatasinya!

Namun, sebelum kita lebih lanjut untuk memahami cara mengatasinya, ada baiknya untuk mengetahui apa saja akibat yang ditimbulkan. Agar nantinya kita dapat lebih waspada dan semakin berhati-hati dalam menjaga kondisi konektor baterai.

Baterai HP Penuh dalam Waktu yang Lama

Ketika konektor baterai HP patah bisa jadi akan membuat daya baterai penuh dalam waktu yang sangat lama. Tentu saja ini akan sangat merugikan anda, karena menggunakan waktu terlalu banyak sehingga tidak efisien.

Selain itu, hal tersebut dapat terjadi ketika kabel anda tidak tersambung dengan konektor HP secara baik dan benar. Akan tetapi jika ternyata konektor baterai anda baik-baik saja, tidak patah maupun longgar bisa juga karena baterai bermasalah.

Apapun pemicunya, tentu saja anda harus memperhatikan dampak yang satu ini. Agar hal tersebut tidak menimpa anda, ada baiknya untuk mengetahui dan memahami bagaimana cara merawat baterai HP dengan baik dan benar.

Daya Baterai Tidak Terisi Sama Sekali

Daya baterai tidak terisi sama sekali juga bisa karena konektor baterai HP patah. Bila anda menggunakan kabel charger yang bagus sekalipun, akan tetapi jika konektor baterai mengalami kerusakan, pastinya ini akan menjadi percuma saja.

Kabel tidak akan dapat tersambung secara maksimal. Parahnya lagi, daya baterai HP anda tidak akan terisi sama sekali.

Entah itu karena kabel maupun konektor yang mengalami kerusakan. Atau bisa juga karena kedua komponen tersebut.

Mengatasi Konektor Baterai HP Patah dengan Menggantinya

Sebenarnya ketika anda mendapati konektor yang patah, maka cara yang bisa dilakukan adalah menggantinya dengan konektor baru. Sebagai saran terbaik, anda jangan mencoba untuk menggantinya sendiri.

Bukan hanya karena sulit saja, akan tetapi garansi HP anda tidak akan dapat terpakai apabila anda membongkar HP secara tidak resmi. Anda bisa mengganti konektor pada service center HP anda.

Seperti Vivo, Oppo, Xiaomi, maupun Samsung. Jika konektor baterai HP patah sudah anda perbaiki demi pengisian daya baterai yang maksimal, cobalah untuk membeli charger HP Fast Charging. Dengan demikian, pengisian daya baterai anda pun menjadi semakin cepat sehingga lebih efektif dan juga efisien. (R10/HR-Online)

Baca Juga : Memperbaiki HP Bengkok dengan Cara Sederhana dan Ampuh