Jumat, Mei 27, 2022
BerandaBerita TasikmalayaKorban Keracunan Massal di Tasikmalaya Bertambah, Jumlahnya Tembus 162 Orang

Korban Keracunan Massal di Tasikmalaya Bertambah, Jumlahnya Tembus 162 Orang

Berita Tasikmalaya, (harapanrakyat.com),- Jumlah korban keracunan massal dari makanan acara ulang tahun terus bertambah.

Warga Kelurahan Karikil, Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya tak henti-hentinya berdatangan ke Puskesmas sekitar hingga malam ini.

Berdasarkan informasi, sebanyak 162 orang mendapatkan perawatan Puskesmas Mangkubumi. Sementara mayoritas korban merupakan anak-anak usia sekolah dasar.

Kepala BPBD Kota Tasikmalaya, Ucu Anwar, membenarkan pasien yang datang sudah tembus 162.

Lantaran keterbatasan ruangan Puskesmas, sehingga pasien menempati 4 ruangan SD Puspasari yang tidak jauh dari PKM Mangkubumi.

Sebagai langkah antisipasi membludaknya korban, BPBD pun membangun tenda darurat untuk pasien maupun tenaga medis yang ingin berisitirahat.

“Kita bangun tenda darurat ini untuk petugas medis dan antisipasi pasien bertambah,” kata Ucu kepada HR Online, Kamis (8/10/2020).

Baca juga: Jumlah Korban Keracunan Makanan di Tasikmalaya Capai 126 orang

Dari total 162 ini, lanjutnya, 94 orang sudah pulang untuk menjalani pemulihan. Sedangkan sisanya masih mendapatkan perawatan serta 7 lainnya harus mendapatkan penanganan RS dr Soekardjo.

Kabid Pelayanan Kesehatan Dinkes Kota Tasikmalaya, dr Titie, mengungkapkan, pihaknya menduga faktor yang membuat keracunan massal tersebut berasal dari santan yang basi sebagai bahan campuran bumbu nasi kuning.  

“Sepertinya basi dan mengandung bakteri. Kini pasien masih menjalani perawatan dengan cairan infus,” singkatnya. (Apip/R6/HR-Online)

Editor: Muhafid

- Advertisment -