Kreatif, Bidan Cantik di Ciamis Motivasi Nakes Lewat Lagu ‘Bidan Siaga’

Bidan Cantik
Screenshoot Foto Bidan Indah Purnamasari saat sedang menyanyikan lagu 'Bidan Siaga'.

Berita Ciamis (Harapanrakyat.com),- Berbagai cara bisa dilakukan untuk memberikan semangat dan dukungan. Seperti Bidan Cantik di Ciamis ini memovitasi para bidan dan tenaga kesehatan (Nakes) lainnya melalui cover lagu berjudul Bidan Siaga dan mengunggahnya ke youtube dan media sosial.

Adalah Indah Purnama, seorang bidan ASN yang bertugas sebagai Bidan Desa Puskesmas Cikoneng. Atas inisiatif sendiri, Indah menyalurkan hobi nyanyinya sekaligus memberi semangat kepada sesama rekan tenaga medis agar tidak pernah lelah dalam memberikan pelayanan.

“Tujuannya, untuk kalangan bidan memberikan motivasi supaya memberi layanan maksimal kepada masyarakat,” ucap bidan cantik ini kepada HR-Online via telepon, Selasa (13/10/2020).

Melalui lagu ini, Indah pun menyampaikan bahwa tugas seorang bidan tak hanya melayani ibu melahirkan dan hamil saja. Tapi juga menangani berbagai persoalan kesehatan masyarakat desa.

Seperti saat ini dalam kondisi pandemi Covid-19. Bidan pun menjadi ujung tombak untuk memantau kesehatan masyarakat seperti pemantauan orang dalam migrasi, atau pun masyarakat yang terindikasi reaktif.

“Bidan desa pun ikut andil saat pandemi ini, bidan desa ikut memantau perkembangan masyarakat. Dalam kondisi apapun bidan harus siap, meski pun menyita waktu keluarga. Ini sebagai sebuah tuntutan profesi,” ujar bidan cantik warga Pawindan ini.

Bidan cantik ini mengaku menyalurkan idenya lewat lagu agar pesannya bisa lebih tersampaikan. Akan lebih terasa memotiviasi dari pada lewat sarana lainnya. Ia mengaku tak mengetahui pencipta lagu Bidan Siaga tersebut. Ia hanya mengaransmen dan improvisasi.

“Saya gak tau lagu Bidan Siaga ini ciptaan siapa, hanya mengcover saja tujuannya ingin memberikan motivasi kepada rekan sesama tenaga kesehatan. Hanya ada sedikit aransemen dan improvisasi pada lagunya,” kata Indah.

Bidan cantik ini berharap setelah mendengar lagu cover miliknya ini semua tenaga kesehatan bisa lebih semangat melayani masyarakat. Selain itu, untuk masyarakat bisa lebih menghargai lagi. Sekaligus memberitahukan kepada masyarakat tugas dari seorang bidan. Dalam kondisi seperti apapun harus siap melayani. (Dang/R9/HR-Online)

Silahkan kunjungi Channel YouTube Indah Permatasari untuk mendengarkan cover lagu “Bidan Siaga”

Penulis: Dadang Hermansyah

Editor: Dadang