Minggu, Mei 22, 2022
BerandaBerita PangandaranKreatifitas Pemuda di Pangandaran, Manfaatkan Lidi Kelapa Jadi Piring

Kreatifitas Pemuda di Pangandaran, Manfaatkan Lidi Kelapa Jadi Piring

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Pohon kelapa merupakan pohon yang gampang dijumpai di wilayah Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Melihat potensi tersebut, para pemuda dari karang taruna Mandalasari, Dusun Citarunggang, Desa Pangkalan, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran,Ā  memanfaatkan lidi kelapa untuk membuat kerajinan piring.

Ketua Karang Taruna Mandalasari, Bunyamin, mengatakan, bahan baku pembuatan piring lidi kelapa sangat mudah didapat.

ā€œUntuk itu saya berinisiatif memanfaatkan lidi kelapa untuk dibuat kerajinan unik yaitu piring,ā€ katanya, Minggu (4/10/2020).

Keterampilan yang mereka miliki merupakan hasil pelatihan dari salah seorang pengrajin yang sudah terbiasa membuat piring lidi. Pengrajin tersebut masih warga Desa Pangkalan.

Jika selama ini lidi hanya dimanfaatkan untuk pembuatan sapu dengan harga jual yang relatif muran, maka dengan hasil pelatihan, kini lidi- lidi itu bisa dijadikan piring unik dengan nilai jual lebih mahal.

“Untuk satu buah piring, diperlukan sekitar seratus batang lidi. Untuk pemasarannya, sudah ada beberapa kios di wilayah Pangandaran yang siap menampung hasil kerajinan,ā€ katanya.

Masalah pemasaran pun, kata dia, tak perlu khawatir. Lantaran sudah ada yang memesan piring lidi dengan harga tinggi.

“Kita tidak usah hawatir, sudah ada orang yang memesan piring lidi tersebut dengan harga yang lumayan tinggi. Satu buah piring lidi dihargai sekitar Rp 7.000 sampai Rp 8.000. Tergantung dari ukuran besar kecilnya,” ujarnya.

Para pemudalah yang biasa mencari bahan bakunya, sementara para pemudi yang membentuk lidi hingga menjadi piring unik itu.

Lebih lanjut Bunyamin mengatakan, selain mempunyai nilai ekonomi, dengan adanya kegiatan seperti ini para pemuda tersebut juga lebih produktif.

“Jadi mereka bisa memanfaatkan waktu luang di sela-sela kesibukannya untuk kemajuan karang taruna itu sendiri,” pungkasnya. (Enceng/R7/HR-Online)

Editor: Ndu

- Advertisment -