Libur Panjang, Jabar Tingkatkan Pengamanan Wisata Cegah Covid-19

Libur Panjang, Jabar Tingkatkan Pengamanan Wisata Cegah Covid-19
Gubernur Jabar Ridwan Kamil. Foto: Humas Jabar

Berita Jabar (Harapanrakyat.com),- Dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19 saat libur panjang dan cuti bersama, Pemprov Jabar meningkatkan pengamanan wisata dengan melakukan mitigasi serta berbagai persiapan.

Ketua Komite Kebijakan Penanganan Covid-19 Jabar sekaligus Gubernur Jabar Ridwan Kamil  menyatakan pihaknya telah mempersiapkan upaya antisipasi saat libur panjang.

“Kami langsung bersiapa. Menambah jumlah personel kepolisian di lokasi wisata. Terutama untuk wilayah Lembang, Pantai Pangandaran, Cirebon dan Kawasan Puncak,” ujar Ridwan Kamil dari Gedung Sate Bandung, Senin (26/10/2020).

Dalam meningkatkan pengamanan wisata ini, Ridwan Kamil meminta kepada seluruh pengelola destinasi wisata agar memperketat protokol kesehatan. Pelola harus melakukan pembatasan jumlah pengunjung dan mengatur pintu tiket agar tidak berkerumun.

Baca Juga: Gubernur Jabar Raih Penghargaan Jadi Pemimpin yang Menginspirasi

“Janjinya itu 50 persen dari total kapasitas pengunjung. Jadi harus taat terhadap komitmen itu,” ungkap Ridwan Kamil.

Selain meningkatkan pengamanan wisata, Jabar pun akan meningkatkan pengamanan pada pintu keluar masuk wilayah Jawa Barat. Pihak Pemprov Jabar akan melakukan pengetesan Covid-19 menggunakan rapid test secara acak pada pintu tol. Apabila mengalami reaktif kemudian akan menjalani swab test.

“Ketika kami memperhentikan dengan baik-baik dan sopan oleh kami juga kepolisian jangan kaget. Kami akan melakukan rapid test,” ucap Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil berharap dengan memberlakukan metode tersebut agar tidak ada pelaku perjalanan yang masuk Jawa Barat terkonfirmasi positif. Dengan meningkatkan pengamanan lokasi wisata dan melakukan rapid test pada pintu masuk Jabar dapat mencegah penyebaran Covid-19 saat libur panjang.  (R9/HR-Online)

Editor: Dadang