Libur Panjang, Pengelola Obyek Wisata Ciamis Wajib Perketat Prokes 3M

Libur Panjang, Pengelola Obyek Wisata Ciamis Wajib Perketat Prokes 3M
Kepala Dinas Pariwisata Ciamis Wasdi Ijudin. Foto: Fahmi/HR

Berita Ciamis (Harapanrakyat.com),- Menghadapi libur panjang, Dinas Pariwisata Ciamis, Jawa Barat, mengimbau kepada pengelola obyek wisata Ciamis untuk perketat protokol kesehatan (Prokes) 3M. Yakni memakai masker dan mencuci tangan saat masuk lokasi wisata, dan menjaga jarak.

“Menindak lanjuti surat edaran dari Provinsi Jawa Barat pada tanggal 19 Oktober 2020. Kami memberikan sebuah himbauan kepada pengelola wisata untuk lebih mengoptimalkan mengenai protokol kesehatan mengantisipasi lonjakan pengunjung,” terangnya Kadis Pariwisata Ciamis Wasdi Ijudin kepada HR-online, Selasa (27/10/2020). 

Libur panjang atau cuti bersama maulid nabi berlangsung pada tanggal 28 Oktober sampai dengan 30 Oktober 2020. Pihaknya memprediksi akan terjadi lonjakan pengunjung ke obyek wisata Ciamis. Ada beberapa lokasi wisata Ciamis yang biasa ramai, seperti Situ Lengkong Panjalu, Curug Tujuh Cibolang dan beberapa obyek wisata lainnya, termasuk wisata buatan seperti waterboom.

“Untuk kedisiplinan para pengelola obyek wisata harus memberikan edukasi kepada pengunjung mengenai 3M, jaga jarak pada saat pembelian tiket dan menjaga keamanan transportasi wisata,” kata Wasdi.

Tujuan dari memperketat protokol kesehatan ini untuk mencegah adanya terkonfirmasi positif dari klaster wisata. Pasalnya, saat ini angka kasus Covid-19 Kabupaten Ciamis terus mengalami peningkatan. Bahkan jumlahnya sampai hari ini hampir menembus angka 200.

Wasdi berharap, semua para pengelola obyek wisata Ciamis bisa ikut serta dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19.  “Dengan terus dan jangan kendor menerapkan 3M,” pungkasnya. (Fahmi/R9/HR-Online)

Editor: Dadang