Lifan Hunter 125, Motor Asal China yang Tiru Desain Ducati Scrambler

Lifan Hunter 125, Motor Asal China yang Tiru Desain Ducati Scrambler
Ilustrasi. Lifan Hunter 125. Foto: Istimewa

Lifan Hunter 125 merupakan sepeda motor milik pabrikan asal Tiongkok yang memiliki kemiripan dengan jajaran motor Ducati Scrambler. Faktanya, Thailand merupakan tempat debutnya Hunter 125 pertama kali pada tahun 2017 dan berkembang dengan pesat.

Selain Thailand, beberapa negara Asia juga menjadi tujuan pemasaran motor Hunter 125 ini. Bahkan sebutan motor imitasi asal China juga tertanam pada motor ini, karena bodi depan sampai belakang memang meniru Ducati Scrambler.

Lifan memulai bisnisnya sebagai bengkel sepeda motor pada tahun 1992. Selama bertahun-tahun, bisnis perusahaan akhirnya berkembang menjadi memproduksi sepeda motor sendiri.

Mereka mendistribusikan motor-motornya ke seluruh China dan negara tetangga, termasuk Thailand dan Filipina. Sama halnya dengan motor ini, yang menjadikan Thailand dan Filipina sebagai tujuan pemasaran juga.

Lifan Hunter 125 Meniru Desain Ducati Scrambler

Hunter 125 menangkap isyarat desain yang sangat familiar dengan sepeda motor Ducati Scrambler. Mulai dari siluet, tangki, lampu depan, rangka teralis, knalpot, hingga kluster instrumen.

Meskipun begitu, tiruan tersebut hadir dalam skala yang lebih kecil daripada milik Ducati Scrambler. Beda halnya dengan Ducati yang memiliki mesin berkubikasi besar, Hunter 125 hanya membawa mesin 125cc.

Baca Juga : Suzuki Access 125 Berkonsep Retro dengan Pembaruan Fitur Canggih

Mesin tersebut sudah berpendingin udara juga lengkap dengan injeksi bahan bakar. Selain itu, mesin tersebut berpasangan dengan transmisi manual 4 kecepatan.

Mesin itu juga terpasang secara horizontal atau model tidur sama dengan motor bebek kebanyakan. Melihat dari sisi stangnya, Lifan Hunter 125 bukanlah kuda besi yang mengusung kopling basah.

Tampilan Desain

Motor ini menampilkan bentuk tangki ikonik, kursi jok menukik, dan juga spakbor belakang. Hunter 125 benar-benar meniru siluet Ducati Scrambler dengan footprint yang lebih kecil.

Lampu depan bundar, bentuk rangka teralis, dan juga kluster instrumennya meniru estetika model neo-retro. Bahkan detail seperti gantungan plat nomor, tapak ban, indikator, dan garpu USD juga mencerminkan peralatan Scrambler.

Varian icon emblem bertuliskan Hunter yang terletak pada tangki memiliki desain font mirip milik Scrambler. Tangki penampung bahan bakar juga memiliki model serupa, namun dengan kapasitas yang berbeda.

Kemudian terlihat ada stoplamp LED yang lengkap dengan spakbor pendek pada ujungnya. Namun sedikit beda karena Lifan Hunter 125 berkelir putih, sedangkan Scrambler selaras dengan tangki.

Salah satu silinder tegak milik Ducati juga terlihat pada rangka motor ini yang offset dan menunjukkan siluet cover timing chain. Sehingga hal ini akan membuat motor ini memiliki kesan bermesin L shape.

Tak hanya pada tampilan desain, panel instrumen yang ada pun juga mirip dengan milik Scrambler. Dimana memiliki bentuk yang bulat, berlatar biru, serta semuanya sudah full digital.

Spesifikasi Lain

Pada panel instrumen tersebut menginformasikan odometer, jam, konsumsi rata-rata BBM, dan tachometer. Selain itu, juga terdapat informasi mengenai indikator bensin dan petunjuk kecepatan motor.

Mengenai suspensi, Lifan Hunter 125 lengkap dengan upside down pada bagian depan dan shock konvensional pada bagian belakang. Yang mana kedua suspensi tersebut menempel pada swing arm banana.

Perbedaannya terletak pada posisi penempatan, yang mana Hunter 125 berada pada bagian tengah. Sementara Ducati Scrambler terletak pada bagian sisi kiri.

Baca Juga : SYM VF3i 185 Pro V3 2020, Motor Bebek Terkencang di Kelasnya

Motor Hunter 125 ini menggunakan roda 14 inci yang biasanya ada pada sebagian besar skuter. Tugas pengereman menggunakan rem cakram standar pada bagian depan dan juga belakang.

Sama seperti aslinya, roda pada Lifan Hunter 125 juga terbungkus dengan ban tipe dual purpose. Selain itu, juga terdapat knalpot double barrel lengkap dengan silencer yang lumayan pendek.

Sampai saat ini, belum ada informasi tentang apakah Ducati akan memulai langkah-langkah pelanggaran hak cipta terhadap Lifan. Namun pabrikan asal China yang meniru desain Eropa semakin sering terjadi.

Belum lama ini, satu entitas asal Tionghoa lainnya memamerkan desain skuter yang mirip dengan Vespa. European Union Mental Property Workplace (EUIPO) menilai bahwa desain tersebut tidak valid.

Motor Lifan Hunter 125 ini memiliki harga yang jauh beda dengan Ducati Scrambler, yaitu 54.000 Bath atau setara Rp21 jutaan. Pada situs resmi Lifan tak lagi menjual motor tersebut dan menggantinya dengan Hunter 150 yang tidak mirip Ducati Scrambler lagi. (R10/HR-Online)

Baca Juga : Motor Matic Yamaha Vinoora Punya Desain Unik dan Lucu, Mirip Robot