Longsor Tutupi Jalan, Akses Antar Kecamatan di Ciamis Lumpuh Total

longsor tutup jalan ciamis
Longsor yang terjadi di Dusun Karanganyar, Desa Langkapsari, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, menutup jalan penghubung antar kecamatan. Foto: Suherman/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Longsor yang terjadi di Dusun Karanganyar, Desa Langkapsari, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, menutup jalan penghubung antar kecamatan.

Longsor diakibatkan oleh derasnya hujan yang terjadi pada Senin (26/10/2020) malam tadi. Tebing setinggi 50 meter ini menutup Jalan Entrong-Kalijati, Sumur Bandung, tepatnya di Dusun Karanganyar, Desa Langkapsari, Kec:Banjaranyar. Akibatnya jalur penghubung antar kecamatan lumpuh total.

Masluh, salah seorang warga setempat kepada HR Online, Selasa (27/10/2020), mengatakan, longsoran tebing setinggi 50 meter tersebut terjadi saat curah hujan tinggi pada Senin malam tadi. Akibatnya, jalur penghubung antar kecamatan kini lumpuh total.

“Longsoran ini menutup jalan kurang lebih sepanjang 50 meteran. Warga sekitar saat ini tengah kebingungan untuk mengevakuasi bongkahan longsoran,” katanya.

Masluh juga mengatakan, longsoran tanah tersebut menutupi jalur Kecamatan Banjaranyar menuju Kecamatan Banjarsari. Selain itu, jalan yang tertimbun longsor juga merupakan akses menuju Kecamatan Sidamulih, Kabupaten Pangandaran.

“Untuk membuang bongkahan longsoran, saat ini kami membutuhkan alat berat. Hal ini karena jumlah longsoran sangat tebal dan susah ketika harus dilakukan secara manual,” jelasnya.

Sementara itu, bencana akibat hujan deras yang terjadi semalaman selain menyebabkan jalan tertutup longsor di Ciamis, juga menyebabkan banjir di beberapa daerah. Sejumlah wilayah di Kecamatan Banjarsari dan Kecamatan Banjaranyar terendam banjir akibat luapan sungai Ciputrahaji. Ratusan rumah terendam air, dan warga pun mengungsi ke tempat yang lebih tinggi. (Suherman/R7/HR-Online)

Editor: Ndu