Rabu, Oktober 27, 2021
BerandaBerita TerbaruMakanan Pencegah Covid-19 yang Wajib Anda Konsumsi!

Makanan Pencegah Covid-19 yang Wajib Anda Konsumsi!

Makanan pencegah Covid-19 wajib anda konsumsi agar tidak mudah terpapar virus corona.

Penyebaran virus corona atau Covid-19 memang semakin menggila. Data sampai 1 Oktober 2020, terdapat sekitar 290 ribu orang Indonesia positif corona.

Dari jumlah tersebut, sekitar 218 ribu sembuh dan 10 ribu lainya meninggal dunia. Meningkatnya angka kasus positif Covid-19 perlu kita waspadai.

Selain harus berperilaku bersih, pakai masker, jaga jarak, kita juga harus selalu mengonsumsi makanan pencegah Covid-19. Lalu apa sajakah makanan tersebut?

Sebelum kita bahas makanan apa saja yang baik untuk makanan penangkal virus corona, kita akan berikan imbauan kepada masyarakat.

Imbauan tersebut yakni terkait perilaku 3M yang diwajibkan pemerintah. 3M ini yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun.

Perilaku 3M ini menjadi salah satu cara efektif mencegah penyebaran virus corona.

Baca Juga: Catat, Ini 6 Makanan Penangkal Virus Corona!

6 Makanan Pencegah Covid-19

Virus corona yang awalnya berasal dari Wuhan, China itu kini menjadi momok menakutkan bagi masyarakat Indonesia.

Tak sedikit dari masyarakat yang memilih tinggal di rumah selagi pandemi belum berakhir. Berdiam saja tidak akan membuat anda kebal dari ancaman virus corona.

Perlu tambahan asupan gizi dan nutrisi agar imunitas tibuh meningkat. Anda perlu rutin konsumsi makanan pencegah Covid-19.

Berikut kita sampaikan 6 makanan yang bisa menangkal virus corona masuk ke dalam tubuh:

1. Jahe

Jahe mendadak laris manis. Harganya pun mendadak meroket. Bukan tanpa sebab, jahe memang ampuh mencegah virus corona masuk tubuh.

Jahe mampu mencegah peradadangan dalam tubuh. Selain itu, jahe juga bisa meningkatkan imunitas karena mengandung senyawa beta-karoten dan capsaicin, mengobati penyakit kronis seperti kolesterol.

Mengandung curcumin, jahe bisa mencegah virus covid-19 masuk tubuh. Curcumin ini ada juga pada kunyit.

2. Sayur Bayam

Bayam juga masuk menjadi salah satu makanan pencegah Covid-19. Vrius corona tidak akan mudah menular pada orang yang rutin konsumsi bayam.

Dalam sayuran bayam, terkandung banyak vitamin A, B kompleks, C, E, dan K.

Mineral pada sayuran bayam seperti zat besi, magnesium, asam folat, sodium, kalsium dan potassium juga sangat baik bagi tubuh.

Kandungan antioksidan sampai beta karoten pada bayam juga ampuh melawan infeksi dan virus jahat yang masuk dalam tubuh.

Bayam juga mengandung serat, rendah kalori dan punya lemak sedikit. Konsumsi bayam secara rutin bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau imunitas, sehingga anda bisa terhindar dari paparan virus corona.

3. Sayur Brokoli

Makanan pencegah Covid-19 selanjutnya yakni sayur brokoli. Brokoli juga sama seperti bayam, mengandung banyak vitamin A, C, dan E yang tentu baik untuk kesehatan tubuh.

Mengandung berbagai zat mineral dan antioksidan, brokoli ampuh menangkal dan melawan berbagai virus yang biasanya menjadi sumber penyakit.

Antioksidan pada sayuran brokoli bisa menangkal radikal bebas yang masuk kedalam tubuh. Ini yang membuat tubuh tetap kuat dan tidak mudah kena penyakit.

4. Bawang Putih

Bawang putih juga masuk daftar makanan pencegah Covid-19. Sama seperti jahe, rempah atau bumbu dapur ini ampuh menjaga dan meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh anda.

Bawang putih juga sudah lama terkenal sebagai obat alami menurunkan tekanan darah atau hipertensi. Kandungan antibakteri dan antivirus pada bawang putih mampu meningkatkan sistem imunitas pada tubuh.

Antioksidan yang cukup tinggi juga terkandung dalam bawang putih, seperti kalsium, seng, potassium dan fosfor. Senyawa-senyawa tersebut mampu memperkuat sistem pernapasan, dan juga menambah sel darah putih dalam tubuh.

Bawang putih juga mengandung senyawa aliicin yang membuat aroma bawang menyengat. Namun senyawa tersebut sangat bermanfaat karena bisa menyembuhkan filek dan sakit infeksi lainya.

Agar bisa terhindar dari virus corona, anda bisa konsumsi bawang putih sebagai makanan pencegah Covid-19.

Baca Juga: Bahaya Terinfeksi Corona Lewat Makanan dan Pencegahannya

5. Makanan Pencegah Covid-19, Ikan Berlemak

Ikan berlemak juga ampuh mencegah virus corona masuk dalam tubuh. Sebagai informasi saja, lemak pada ikan jauh lebih baik daripada lemak pada daging hewan lainya.

Selain itu, nutrisi yang terkandung dalam ikan sangat baik untuk melawan berbagai penyakit.

Beberapa jenis ikan yang bisa mencegah virus corona masuk tubuh antara lain, ikan tunda, saredn, salmon herring dan juga mackerel.

Berbagai kandungan asam lemak seperti omega 9,omega 3 dan omega 6 mampu mengurangi gejala peradangan pada tubuh. Cobalah untuk mengkonsumsi ikan berlemak seminggu dua kali, agar anda selalu dalam keadaan sehat.

6. Buah Sitrus

Makanan pencegah Covid-19 yang terkahir yakni buah jenis sitrus. Buah yang masuk jenis ini antara lain, lemon, anggur, jeruk mandarin, jeruk nipis, sampai grapefruit.

Memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, buah sitrus ampuh meningkatkan imunitas dalam tubuh sehingga tidak mudah terkena penyakit.

Buah sitrus juga mampu memproduksi sel darah putih yang berperan untuk melawan berbagai jenis penyakit. Sebagai upaya mencegah virus corona, rutinlah konsumsi buah-buahan sitrus.

Itulah beberapa makanan pencegah Covid-19. Selain bisa membuat sehat, konsumsi makanan tersebut mampu meningkatkan imunitas tubuh sehingga tidak mudah terpapar virus corona.

Cobalah konsumsi secara rutin makanan-makanan tersebut. Salam sehat! (Jujang/R8/HR Online)

Editor: Jujang

- Advertisment -

Berita Terbaru