Makanan Sehat untuk Diet Pemula dengan Menu Sehari-hari

makanan sehat untuk diet
Daftar makanan sehat untuk diet. Foto: Ist/Net

Makanan sehat untuk diet pemula bisa memberikan banyak manfaat. Selain untuk menurunkan berat badan juga akan membuat tubuh jauh lebih sehat. Variasikan menu sayuran hijau, daging, ikan, buah, dan kacang untuk hasil optimal.

Diet merupakan usaha mengatur dan pengelola menu konsumsi makanan agar memberikan manfaat sesuai dengan tujuan kita. Ada yang untuk menurunkan berat badan, untuk mengatasi suatu penyakit, hingga untuk menjaga kesehatan tubuh.

Anda bisa membuat daftar menu makanan sehat dan murah dengan berbagai makanan yang kaya nutrisi. Namun jenis makanan yang kita pilih umumnya yang mengandung kalori rendah.

Baca Juga: Makanan Sehat dan Bergizi agar Selalu Bugar dan Jauh dari Penyakit

Namun melaksanakan diet yang sehat yang benar bukanlah dengan menyingkirkan suatu jenis makanan tertentu. Sebab, tubuh juga membutuhkan variasi nutrisi untuk memenuhi kebutuhannya.

Dengan banyaknya jenis makanan sehat untuk diet, Anda bisa menyusun menu yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Karena itu sangat penting mengenal kandungan nutrisi yang terdapat dalam berbagai makanan agar hasilnya lebih optimal.

Daftar Makanan Sehat Untuk Diet Sehari-Hari

Menjalankan program diet sehat alami tentu saja tak hanya dengan mengonsumsi makanan tertentu. Anda juga perlu mengimbanginya dengan olahraga secara rutin dan minum air putih yang cukup untuk kebutuhan tubuh.

Nah, untuk Anda yang ingin menjalankan program makanan sehat, berikut ini daftar makanan sehat untuk diet sehari-hari. Untuk Anda yang masih pemula, Anda bisa memilih menu diet sehat murah dari makanan ini.

Kentang

Jenis buah sayur yang sangat baik untuk diet adalah kentang. Makanan ini kaya protein, rendah kalori dan lemak. Kentang banyak mengandung vitamin B kompleks dan kalium serta merupakan sumber energi yang baik untuk diet.

Untuk mendapatkan hasil optimal sebaiknya konsumsi kentang dengan cara merebusnya. Anda bisa mengonsumsinya langsung atau mencampurnya dengan makanan lain. Buah ini juga baik untuk mengontrol tekanan darah.

Ubi

Pilihan lain makanan sehat untuk diet adalah ubi-ubian. Jika Anda ingin membuat menu diet sehat tanpa nasi Anda bisa menggantinya dengan ubi atau kentang. Ubi rendah karbohidrat namun kaya nutrisi yang penting.

Untuk penyajiannya Anda juga sebaiknya merebusnya. Anda juga bisa langsung memakannya atau Anda olah dengan menu lain sesuai selera. Memasukkan ubi dalam menu makanan Anda bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tubuh.

Pepaya

Buah yang rasanya manis yang lezat ini juga kaya vitamin dan mineral yang sangat penting untuk tubuh. Pepaya juga kaya serat yang baik untuk menambah menu camilan sehat khususnya untuk Anda yang senang ngemil.

Baca Juga: Hati-hati! Ini Makanan Sehat Tapi Bahaya Bagi Tubuh

Anda bisa memakannya langsung dalam bentuk segar atau membuatnya menjadi jus. Menambahkan pepaya dengan alpukat tahu sayuran juga akan menjadi menu makanan sehat untuk diet yang lezat.

Alpukat

Buah ini cukup populer sebagai menu diet sehat sehingga wajib masuk dalam menu asupan Anda. Alpukat kaya dengan kandungan serat yang baik untuk menurunkan berat badan.

Buah ini juga banyak mengandung vitamin, mineral, dan lemak sehat yang efektif untuk menjaga kesehatan jantung dan sistem kardiovaskuler. Anda bisa membuatnya menjadi jus dengan buah atau sayuran lainnya.

Apel

Untuk menekan rasa lapar yang sering muncul, Anda bisa memanfaatkan buah apel yang kaya kandungan seratnya. Anda bisa mengonsumsinya langsung atau dengan membuatnya menjadi jus.

Baca Juga: Konsumsi Makanan Sehat Ini Bikin Aroma Kentutmu Bau Busuk

Apel termasuk jenis buah abadi untuk kesehatan dan kecantikan yang terkenal sejak jaman kuno. Karena itu buah ini perlu masuk dalam menu diet sehat murah Anda. Variasikan jenis apel yang Anda konsumsi.

Sayuran Hijau

Sayuran berdaun hijau juga baik sebagai makanan sehat untuk diet. Seperti kangkung, sawi, asparagus, dan bayam yang rendah kalori dan karbohidrat. Menu ini juga mengandung banyak nutrisi yang penting untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

Makanan ini juga terkenal karena kandungan zat anti oksidan dan kalsium bermanfaat dalam membakar lemak tubuh. Kandungan seratnya sangat baik untuk diet menurunkan berat badan dengan lebih efektif.

Untuk cara mengolahnya Anda bisa menyajikannya menjadi jus sayur atau membuat salad sayur yang lezat. Agar nutrisinya tidak rusak, sebaiknya konsumsi sayuran mentah atau merebusnya terlebih dahulu.

Kacang-kacangan

Ada banyak jenis kacang-kacangan yang perlu masuk dalam menu Anda. Ada sebagian orang yang menghindari jenis makanan ini untuk diet mereka. Padahal kacang kaya protein, serat, dan lemak sehat yang penting untuk kesehatan.

Kacang juga merupakan makanan sehat untuk diet yang menjadi sumber energi. Pilih jenis kacang seperti almond, kacang merah, kenari, dan kacang macadamia. Jenis kacang ini mengandung omega 3 dan 9 dan zat anti oksidan.

Untuk cara mengonsumsinya bisa untuk camilan antara waktu makan. Ngemil kacang ini juga bisa mengatasi kebiasaan yang senang ngemil namun dengan makanan yang sehat dan baik untuk mendukung program anda.

Oatmeal

Untuk Anda yang ingin membuat menu diet sehat tanpa nasi Anda bisa memilih oatmeal sebagai penggantinya. Makanan dari biji gandum ini kaya serat larut yang penting mengatasi kolesterol dan membuat kenyang lebih lama.

Makanan ini juga baik untuk melancarkan pencernaan dan mengontrol kadar gula darah. Jadikan oatmeal sebagai menu sarapan pagi yang akan mampu memenuhi kebutuhan kalori tubuh.

Yogurt

Alternatif makanan sehat untuk diet lainnya adalah yogurt. Makanan hasil fermentasi dari susu ini biasanya menambahkan buah atau kedelai sehingga mengandung nutrisi yang lengkap.

Kandungan dalam yogurt antara lain kalori, vitamin D, kalsium, dan lemak. Sejumlah penelitian menemukan manfaat yogurt yang mampu membakar lemak sehingga baik untuk menurunkan berat badan.

Telur

Untuk Anda yang ingin mengelola asupan makanan, masukkan telur dalam menu Anda. Makanan ini kaya protein dan lemak sehat yang baik untuk kesehatan tubuh. Telur juga rendah kalori sehingga cocok untuk menu diet sehat.

Untuk mengonsumsinya, Anda bisa merebusnya atau mencampurkannya dengan menu makanan lainnya. Makan telur juga akan membuat cepat kenyang maupun tidak mudah lapar.

Ikan Tuna

Menu makanan sehat untuk diet yang juga perlu Anda konsumsi adalah ikan tuna. Pada dasarnya sebagian besar ikan laut baik untuk diet, seperti salmon atau tuna.

Selain kaya nutrisi penting, ikan laut juga mengandung omega 3 yang baik untuk otak. Tuna juga sangat baik untuk diet menurunkan berat badan karena khasiatnya dalam membakar lemak berlebih.

Daging Merah atau Dada Ayam

Untuk Anda yang tidak bisa meninggalkan daging untuk diet, Anda bisa memilih daging merah atau daging ayam bagian dadanya. Namun buang lemaknya dan mengolahnya juga perlu dengan cara yang benar.

Daging merah kaya dengan protein dan asam amino yang penting untuk proses regenerasi sel-sel kulit. Makanan ini juga mengandung beragam vitamin dan mineral, khususnya vitamin B12 dan B6, zat besi, dan kalsium.

Namun mengonsumsi daging merah atau dada ayam untuk diet tidak boleh melebihi 3 ons perhari. Makanan ini bisa menjadi sumber energi untuk Anda yang bekerja atau aktif sekaligus tidak membuat perut cepat lapar.

Cabai

Anda senang dengan makanan pedas dan tetap menjalankan diet? Masukkan saja cabai dalam menu makanan sehat untuk diet Anda. Sejumlah riset menemukan khasiat cabai dalam membakar lemak tubuh yang berlebih dengan lebih efektif.

Namun tentunya makan cabai selama program ini sebaiknya jangan berlebihan. Apalagi kandungan seratnya juga berguna untuk membuat perut kenyang lebih lama. Kombinasikan atau jadikan penyedap makanan agar terasa lebih pedas dan enak.

Tahu dan Tempe

Makanan yang identik dengan wong ndeso ini sangat kaya nutrisi. Makanan ini juga rendah kalori dan baik untuk mengganjal perut yang lapar. Karena itu Anda bisa memasukkan makanan ini dalam menu diet Anda.

Tahu atau tempe juga banyak mengandung serat yang akan membuat perut kenyang lebih lama. Bahkan jika Anda kelaparan saat malam, tak ada salahnya ngemil dengan makanan ini.

Demikianlah berbagai jenis makanan sehat untuk diet yang bisa Anda pilih. Sesuaikan saja menu makanan Anda dengan tujuan Anda untuk menurunkan berat badan, menjaga kebugaran tubuh, atau untuk maksud lainnya. (R11/HR-Online)