Makanan untuk Tekanan Darah Rendah, Rekomendasi Terbaik dan Alami

makanan untuk tekanan darah rendah
Makanan untuk Tekanan Darah Rendah. Foto: Ist/Net

Mengonsumsi makanan untuk tekanan darah rendah merupakan cara mudah untuk mengatasinya. Selain untuk menaikkan tekanan darah, makanan yang bergizi akan meningkatkan sistem imunitas dan kekebalan tubuh.

Tekanan darah biasanya terukur dari nilai tensi saat melakukan pemeriksaan kesehatan. Untuk orang sehat, tensi normal berkisar 110 hingga 120/80 mmHg. Tekanan darah rendah terjadi saat tensi turun kurang dari 90/60 mmHg.

Baca Juga: Penyebab Darah Rendah Akibat Dehidrasi Hingga Penyakit Jantung

Namun tanda yang timbul pada setiap orang yang mengalami darah rendah tentunya berlainan. Ada yang tidak menimbulkan gejala yang berarti namun ada juga yang bisa segera terasa efeknya.

Menurunnya tekanan darah atau hipotensi biasanya terjadi dengan munculnya sejumlah gejala yang membuat tubuh terasa tidak nyaman. Seperti sakit kepala, pusing, lemas, bahkan bisa menyebabkan pingsan.

Gejala tekanan darah rendah yang umumnya terjadi antara lain rasa mual, tubuh gampang lelah, penglihatan sering kabur, dan kurang konsentrasi. Namun gejala ini sering bertumpang dengan darah tinggi yang juga mirip.

Rekomendasi Makanan untuk Tekanan Darah Rendah

Ada beberapa jenis makanan untuk tekanan darah rendah yang sebaiknya Anda konsumsi untuk mengatasinya. Berikut ini beberapa rekomendasi makanan yang sebaiknya Anda konsumsi saat mengalami darah rendah seperti melansir dari Boldsky.

Minum Kopi

Kopi merupakan minuman dunia yang banyak orang menyukainya. Selain rasanya yang nikmat, minuman yang mengandung kafein juga berguna untuk meningkatkan dan menyeimbangkan tekanan darah.

Manfaat kafein adalah meningkatkan detak jantung yang berguna untuk merangsang sistem kardiovaskular. Karena itu minuman ini berguna untuk menaikkan darah rendah agar menjadi lebih normal.

Sayuran Hijau

Makanan untuk tekanan darah rendah yang juga baik adalah sayuran hijau. Anda bisa mengonsumsi beberapa jenis sayuran berhijau daun seperti bayam, brokoli, atau sawi.

Sayuran ini sangat kaya dengan kandungan asam folat yang baik untuk penderita darah rendah. Anda bisa merebusnya, mengolahnya menjadi sayuran, atau dengan membuatnya menjadi jus.

Teh Hijau

Minuman yang satu ini populer untuk menu diet. Namun kandungan nutrisinya juga berkhasiat untuk mengatasi darah rendah. Tambahkan madu dan minum secara rutin untuk mengatasi gangguan darah rendah.

Garam

Asupan makanan untuk tekanan darah rendah lainnya yang sebaiknya Anda konsumsi saat darah rendah adalah air garam. Bahan masakan ini mengandung natrium yang berkhasiat dalam meningkatkan tekanan darah dengan cepat.

Baca Juga: Tanda Tanda Kurang Darah, Jenis dan Bahayanya untuk Kesehatan Tubuh

Untuk mengonsumsinya Anda bisa melarutkan sedikit garam dalam segelas air hangat dan meminumnya. Lakukan beberapa kali sehari agar kondisi darah rendah Anda bisa segera naik kembali.

Rimpang Ginseng

Minum ginseng juga bisa menjadi alteratif untuk mengatasi tekanan darah rendah. Rimpang ini kaya dengan fitokimia yang dapat meningkatkan sirkulasi darah dan melancarkan kerja metabolisme tubuh.

Anda bisa memasak beberapa ruas rimpang ini hingga masak dan menyaring airnya. Tambahkan madu agar terasa lebih enak dan segera minum selagi hangat. Minum beberapa kali sehari agar tensi segera naik.

Susu dan Produk Turunannya

Rekomendasi makanan untuk tekanan darah rendah lainnya adalah susu beserta produk turunannya. Susu maupun produk seperti yogurt, keju, mentega, kefir, es krim, custard baik untuk darah rendah.

Makanan ini mengandung asam folat yang cukup tinggi. Kandungan ini sangat berguna untuk melancarkan darah dan mengontrol tekanan darah. Anda bisa memilih makanan yang Anda sukai.

Kemangi

Daun kemangi biasanya kita temukan pada sajian makanan pada warung kaki lima. Selain membuat wangi mulut yang mengunyahnya, daun herbal ini ternyata memiliki banyak manfaatkan untuk kesehatan tubuh.

Salah satunya adalah untuk mengatasi tekanan darah rendah. Daun wangi ini kaya dengan kandungan vitamin C, kalium, dan magnesium. Herbal in juga bersifat anti inflamasi, terapeutik, adaptogenik, dan berguna untuk melindungi jantung.

Daging Merah dan Sapi

Beberapa jenis makanan untuk tekanan darah rendah yang juga baik adalah daging merah, termasuk daging sapi. Makanan ini kaya dengan vitamin 12 yang efektif untuk menaikkan darah rendah.

Salah satu penyebab hipotensi adalah terjadinya anemia. Kondisi ini biasanya terjadi karena tubuh kekurangan vitamin B12. Karena itu mengonsumsi daging ini akan meningkatkan asupan vitamin yang kita perlukan.

Daging dan Telur Ayam

Makanan lainnya yang juga baik untuk penderita darah rendah adalah daging ayam maupun telurnya. Makanan ini kaya dengan kandungan vitamin B12 yang baik untuk mengatasi tekanan darah rendah.

Akar Manis

Bumbu masak yang satu ini juga termasuk makanan untuk tekanan darah rendah yang sangat baik. Herbal ini mengandung fitokimia yang sangat berkhasiat untuk mengontrol dan menaikkan tekanan darah.

Untuk membuatnya Anda bisa merebus beberapa potong akar manis bersama satu hingga dua gelas air hingga matang. Setelah itu saring airnya dan tambahkan sesendok teh madu akan terasa lebih nikmat.

Madu

Alternatif lain untuk mengontrol tekanan darah adalah dengan mengonsumsi madu. Makanan surga yang satu ini merupakan obat segala penyakit yang sudah populer sejak jaman kuno. Anda pun bisa mencobanya.

Kismis

Buah ini juga termasuk makanan untuk tekanan darah rendah yang sangat baik. Kismis merupakan buah anggur yang sudah mengalami proses pengeringan. Selain bisa langsung kita makan langsung, buah ini juga banyak untuk campuran masakan.

Mengonsumsi sekitar 10 butir kismis berkhasiat untuk mengontrol dan menaikkan tekanan darah. Sebaiknya rendam kismis terlebih dahulu sebelum Anda konsumsi keesokan harinya.

Buah Kaya Air

Beberapa jenis buah maupun sayuran yang banyak mengandung air juga baik untuk mengatasi darah rendah. Jenis makanan untuk tekanan darah rendah ini seperti semangka, stroberi, tomat, jeruk, mentimun, maupun anggur.

Gula

Jika tekanan darah Anda turun dan merasakan pusing, sebaiknya segera minum air manis. Satu atau dua sendok teh gula yang Anda campur dengan sedikit garam dalam segelas air putih hangat bisa meredakan sakit.

Air Putih

Minum air putih yang banyak juga berguna untuk mengatasi penurunan tekanan darah. Apalagi slah satu penyebab kondisi ini adalah karena tubuh mengalami dehidrasi.

Karena itu saat kepala terasa sakit dan tubuh lemah sebagai tanda darah rendah segera minum air putih hangat yang banyak. Ini merupakan cara praktis yang cukup efektif untuk mengatasi darah rendah.

Cara Mencegah dan Mengatasi Tekanan Darah Rendah

Selain dengan mengonsumsi makanan untuk tekanan darah rendah, ada beberapa alternatif lainnya yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya. Berikut ini beberapa alternatif mencegah dan mengatasi darah rendah.

Melakukan Olahraga

Olah raga ringan seperti senam atau aerobik sangat baik untuk melancarkan peredaran darah dan mengontrol tekanan darah. Lakukan aktivitas fisik ini secara rutin sekitar 20 hingga 30 menit secara rutin.

Hindari Makanan Tinggi Karbohidrat

Hindari mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Makanan semacam ini, khususnya jenis karbohidrat olahan justru bisa menyebabkan tekanan darah turun.

Sering Ngemil

Ngemil atau makan camilan ternyata ada manfaatnya. Makan dengan porsi kecil namun dalam frekuensi yang sering berguna untuk menjaga metabolism tubuh dan kesehatan pembuluh darah.

Itulah berbagai jenis bahan makanan untuk tekanan darah rendah yang sangat baik. Mengonsumsi makanan bernutrisi dan sehat sangat berguna untuk menjaga pembuluh darah dan kesehatan jantung. (R11/HR-Online)

Editor: Ndu