Manfaat Kemenyan untuk Kecantikan, Jadi Bukan untuk Sesajen Saja

Manfaat kemenyan untuk kecantikan, jadi bukan untuk sesajen saja. Foto: Net/Ist.
Manfaat kemenyan untuk kecantikan, jadi bukan untuk sesajen saja. Foto: Net/Ist.

Manfaat kemenyan untuk kecantikan mungkin belum banyak yang tahu, karena selama ini kemenyan identik dengan acara ritual berbau mistik untuk sesajen. Kemenyan asalnya dari getah pohon spesies stryraz, yang mana pohon tersebut jadi komoditi ekspor unggulan Indonesia.

Berdasarkan data BPS (Badan Pusat Statistik), pada tahun 2018 luas lahan yang ditanamani kemenyan di Provinsi Sumut mencapai 23.068 hektare.

Dari lahan seluas itu mampu memproduksi getah sebanyak 8.332 ton. Sedangkan, potensi pasar yang bisa diraih dengan produksi sebanyak itu mencapai Rp2,08 triliun per tahun.

Apabila di pasar lokal harga kemenyan rata-rata Rp250 ribu per kilogram, dengan produksi getah 8.332 ton, maka nilai perdagangan dari kemenyan mampu mencapai Rp2,08 triliun per tahun.

Meskipun banyak yang memercayai kemenyan sebagai bagian sajian spiritual, serta menjadi komoditi ekspor unggulan Indonesia. Ternyata kemenyan juga memiliki fungsi bagi dunia kesehatan.

Baca Juga : Obat Herbal Islami Anjuran Rasulullah SAW Sesuai Al-Qur’an dan Hadis

Merangkm dari berbagai sumber, Minggu (18/10/2020), berikut ini beberapa manfaat kemenyan untuk kesehatan kulit yang bisa kamu dapatkan agar kulit lebih sehat nan cantik.

Manfaat Kemenyan untuk Kecantikan

Kemenyan dalam Industri Kosmetik hingga Pangan

Sampai sekarang ini kemenyan menjadi campuran dupa, rokok, sabun, porselen, bahan baku industri parfum, kosmetik, obat-obatan, dan farmasi.

Kemenyan memiliki kandungan utama asam sinamat. Dalam dunia industri kosmetik, zat asam sinamat berfungsi melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet atau sinar matahari.

Asam sinamat yang terkandung dalam kemenyan juga dimanfaatkan sebagai bahan baku tambahan pangan. Seperti pewarna makanan, aspartame, serta pengawet asam benzoate. Aturan penggunaannya pun harus sesuai SNI 7940:2013.

Baca Juga : Tanda Gejala Penyakit Liver yang Harus Diwaspadai, Jangan Abaikan!

Bisa Menyembuhkan Luka Borok pada Kulit

Manfaat kemenyan untuk kecantikan kulit salah satunya bisa menyembuhkan luka borok pada kulit. Selain itu, juga bermanfaat untuk mengobati luka herpes pada mulut, dan gusi bengkak.

Dunia kesehatan juga menggunakan kemenyan untuk mengobati penyakit bronchitis, seperti disinfektan dan ekspektoran pada luka.

Ada pula masyarakat yang mengaplikasikannya langsung ke kulit untuk mengurangi pembengkakan, membunuh kuman, serta menghentikan pendarahan akibat luka kecil.

Bahkan terkadang mengoleskan pada bagian kulit yang borok, pecah-pecah, atau mengkombinasikan dengan herbal lain sebagai senyawa benzoin tincture.

Sedangkan, minyak kemenyan dalam dunia kecantikan ampuh untuk membantu mengecilkan pori-pori, sekaligus menghilangkan noda bekas jerawat.

Manfaat kemenyan untuk kecantikan kulit juga bisa membantu mengobati eksim, menyamarkan strech mark, dan membantu penyembuhan luka pasca operasi atau bedah.

Baca Juga : Gejala Penyakit Kolera, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Efek Samping

Selain manfaat kemenyan untuk kecantikan kulit, kamu juga perlu memperhatikan efek samping dari penggunaannya. Sebelum memutuskan untuk menggunakannya, sebaiknya kamu konsultasikan dulu dengan dokter atau herbalis.

Hal itu karena belum cukup penelitian tentang cara kerja tanaman herbal tersebut. Karena, penelitian yang telah dilakukan masih sebatas kegunaan kemenyan. Yakni sebagai agen antiseptik bagi kulit sensitif.

Juga sebagai agen karminatif guna mengurangi atau mencegah perut kembung. Serta ekspektoran yang berguna untuk merangsang keluarnya dahak dari saluran pernapasan.

Efek samping lainnnya dari pemakaian kemenyan yaitu terjadinya reaksi alergi, ruam, dermatis, hipersensitivitas, maag, asma, anafilaksis, dan gastrointestinal. (R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah