Kamis, Juni 30, 2022
BerandaBerita TerbaruManfaat Sehat Daun Gedi, Obat Herbal untuk Atasi Masalah Kesehatan

Manfaat Sehat Daun Gedi, Obat Herbal untuk Atasi Masalah Kesehatan

Manfaat sehat daun gedi (abelmoschus manihot) untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Daun gedi merupakan salah satu jenis tanaman yang sering diolah untuk bahan makanan. Selain itu, tanaman tersebut juga memiliki manfaat sebagai obat herbal.

Beragam kandungan senyawa penting dalam daun gedi, seperti antioksidan, steroid, fenolik, alkaloid, dan flavonoid. Kemudian, efek antiinflamasi, efek analgesik, efek antidiabetes, serta masih banyak lagi manfaat lainnya untuk kesehatan.

Berbagai macam manfaat sehat daun gedi untuk kesehatan, seperti misalnya untuk membantu mengatasi luka pada kulit, menurunkan kadar kolesterol. Bisa juga untuk mengatasi masalah pencernaan, melancarkan haid, dan lain sebagainya.

Merangkum dari berbegai sumber, berikut ini penjelasan mengenai manfaat daun gedi sebagai obat herbal guna mengatasi beragam masalah kesehatan.

Baca Juga : Manfaat Vitamin B Kompleks untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

7 Manfaat Sehat Daun Gedi

Mengatasi Masalah Pencernaan

Daun gedi bermanfaat untuk membantu mengatasi masalah pencernaan. Seperti yang biasa dilakukan oleh masyarakat tradisional di Sulawesi Utara.

Untuk membantu mengatasi sakit maag, mereka menggunakan obat herbal berupa air rebusan daun gedi. Kandungan senyawa dalam daun tersebut berkhasiat redakan kenaikan refluks asam.

Bahkan, banyak juga yang memanfaatkan biji dari tanaman gedi ini untuk membantu mengatasi masalah sakit perut, mual, perut kembung, hingga muntah-muntah.

Membantu Turunkan Kadar Kolesterol

Manfaat sehat daun gedi selanjutnya yaitu untuk membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi. Karena, tingginya kadar kolesterol tentunya berbahaya buat kesehatan.

Seseorang dengan kadar kolesterol tinggi bisa berisiko terserang penyakit jantung koroner, arteri perifer, tekanan darah tinggi, hingga terserang stroke.

Untuk membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi, Anda bisa menggunakan daun gedi. Kandungan polifenol berupa flavoid, tanin terkondensasi, dan fenolik dalam daun gedi terbukti mampu menurunkan LDL (kadar kolesterol jahat).

Baca Juga : Manfaat Rebusan Daun Suji untuk Kesehatan, Atasi Stroke Hingga Sipilis

Membantu Atasi Luka Luar

Membantu mengatasi luka luar menjadi manfaat sehat daun gedi berikutnya. Jenis tanaman ini sudah terkenal sejak dulu untuk mengatasi luka pada kulit luar secara alami.

Untuk bisa mendapatkan manfaatnya, Anda cukup menumbuk daunnya, lalu jadikan pembungkus luka luar. Cara ini efektif untuk membantu mengatasi luka, serta menyamarkan noda bekas luka bakar.

Namun, Anda harus pastikan menggunakan tumbukan daun gedi pada luka yang telah mengering. Jadi, jangan menggunakannya untuk luka yang terbuka.

Mengandung Senyawa Antioksidan

Manfaat sehat daun gedi yang selanjutnya yaitu salah satunya untuk mencegah terjadinya kerusakan sel-sel akibat radikal bebas.

Kandungan senyawa antioksidan dalam daun gedi memiliki manfaat penting bagi tubuh. Berdasarkan sebuah penelitian, ekstrak etanol dari daun gedi punya senyawa antioksidan potensial.

Bahkan, peneliti menduga senyawa antioksidan dalam daun gedi dengan konsentrasi tertentu berpotensi sebagai hepatoprotektor, yakni zat yang dapat melindungi kesehatan liver.

Baca Juga : Manfaat Selai Kacang untuk Kesehatan, Bisa Turunkan Risiko Diabetes

Memiliki Efek Antiperadangan

Daun gedi memiliki efek antiinflamasi atau antiperadangan yang potensial. Perlu Anda ketahui, antiinflamasi atau antiperadangan penting guna mencegah terjadinya peradangan yang berlebih pada tubuh.

Peradangan berlebih bisa terjadi saat sistem imun tengah bekerja melawan virus, bakteri, maupun zat berbahaya lainnya yang dapat menyebabkan infeksi.

Bagian batang kayu tanaman gedi memiliki ekstrak metanol serta eter yang mampu menghambat efek peradangan dalam tubuh.

Lancarkan Haid dan Bantu Masa Nifas

Bisa melancarkan haid dan membantu masa nifas menjadi salah satu dari beragam manfaat sehat daun gedi. Air rebusan daun gedi mempunyai sifat emenagogue, yaitu melancarkan sirkulasi darah.

Perempuan yang mengalami haid tidak lancar sering disarankan mengonsumsi air rebusan daun gedi. Bahkan, banyak yang percaya kalau daun tersebut dapat membantu masa nifas perempuan supaya darah kotor cepat keluar dari tubuhnya.

Itulah tujuh manfaat sehat dari daun gedi sebagai obat herbal untuk membantu mengatasi masalah kesehatan. Meski begitu, untuk memastikan manfaat tersebut masih perlu penelitian lebih lanjut. (R3/HR-Online)

- Advertisment -