Manfaat Spoolie Brush Tak Hanya untuk Alis Namun juga Bibir dan Kuku

manfaat spoolie brush
Manfaat spoolie brush yang praktis untuk make up. Foto: Ist/Net

Manfaat spoolie brush ternyata sangat banyak fungsinya. Alat make up yang sering menjadi bonus dalam penjualan produk alis ini juga berguna untuk fungsi lain. Spoolie brush berguna untuk merapikan bibir, kuku, maupun rambut.

Para wanita umumnya mengenal sebuah peralatan make up yang bernama spoolie brush. Alat yang berbentuk sikat kecil dan cukup halus ini populer karena fungsinya dalam merapikan alis maupun saat mengaplikasikan maskara.

Wanita dan make up memiliki keterkaitan dengan begitu erat, bahkan sulit terpisahkan. Seorang wanita yang telah sampai ke kantor rela untuk pulang ke rumah hanya karena alat make up-nya yang tertinggal.

Seorang wanita kebanyakan memiliki jenis alat make up lebih dari satu, meskipun untuk produk yang sama. Lipstik bisa ada dua atau tiga, begitu juga bedak, fondation, dan peralatan lainnya.

Baca juga: Cara Menghilangkan Belang di Wajah Secara Alami dengan Mudah

Bahkan tak sedikit wanita yang biasanya memiliki sebuah tas khusus untuk menyimpan peralatan make up-nya. Make up tak hanya untuk membuat penampilannya menarik namun juga meningkatkan rasa percaya diri.

Manfaat Spoolie Brush yang Multifungsi

Spoolie brush memang fungsi utamanya untuk membuat alis lebih rapi. Karena itulah alat kecil ini sering melengkapi penjualan produk pensil alis. Namun tentunya tak semua produk alis menyertakan alat ini.

Sikat kecil dengan bulu lembut ini ternyata tak hanya untuk alit saja tetapi juga memiliki beragam fungsi lain yang praktis. Nah, berikut ini beragam manfaat spoolie brush yang multifungsi tersebut.

Untuk Menata Alis

Kegunaan utama spoolie brush yang sudah populer adalah sebagai sikat untuk merapikan alis. Alat ini biasanya berguna setelah kita menggunakan pensil alis. Dengan brush ini alis bisa tertata dengan lebih rapi dan sempurna.

Dalam menggunakannya, biasanya kita akan mengoleskan petroleum jelly, minyak rambut, atau dengan menyemprotkan hair spray pada alis. Manfaat spoolie brush adalah untuk pengaturannya agar lebih rapi.

Alis dengan bentuk yang rapi tanpa goresan akan memberikan penampilan yang jauh lebih menarik. Kesempurnaan hasil make up tentunya juga akan semakin meningkatkan rasa percaya diri perempuan.

Untuk Sikat Maskara

Manfaat spoolie brush yang tak kalah pentingnya adalah sebagai menata maskara. Tak jarang sikat maskara yang biasa kita gunakan tertinggal atau rusak dan belum sempat membeli yang baru. Alternatifnya ya menggunakan spoolie brush.

Bahkan alat ini tak kalah fungsionalnya ketimbang sikat maskara. Termasuk dalam melentikkan, membuat bulu mata lebih melengkung, atau menambah volume pada bulu mata.

Yang menarik, alat ini juga berguna dalam membersihkan sisa maskara yang tertinggal pada bulu mata. Kotoran ini tidak bisa kita hilangkan sembarangan karena bisa merusak bulu mata. Karena itu kita gunakan spoolie brush.

Membantu Exfoliasi Bibir

Manfaat spoolie brush juga bisa untuk membantu mengexfoliasi bibir. Ini terutama dalam meratakan dan merapikan olesan lip scrub atau minyak zaitun guna lebih melembabkan bibir yang terlalu kering.

Baca juga: Foundation untuk Kulit Berminyak, Ini Pilihannya Agar Make Up Optimal

Eksfoliator bisa Anda buat sendiri atau membeli produk yang sudah jadi. Memoleskan jelly, minyak, atau eksfoliator bibir kurang maksimal jika menggunakan tangan. Spoolie brush berguna untuk melakukan tugas itu.

Menghaluskan Kuku

Selain untuk alis, manfaat spoolie brush juga bisa untuk menghaluskan kuku. Dalam menggunakan atau mengaplikasikan cat kuku, sangat penting melakukan exfoliasi terlebih dahulu dengan bantuan sikat spoolie.

Setelah itu proses aplikasi cat kuku akan bisa kita lakukan dengan lebih rapi dan bersih. Sehingga hasilnya, polesan cat pada kuku akan terlihat lebih rapi, lebih bersih, dan tentunya warnanya akan menjadi lebih sempurna.

Merapikan Rambut Halus

Dalam menata rambut biasanya kita menggunakan beberapa jenis sisir. Baik untuk merapikannya atau membentuknya sesuai kebutuhan. Namun tak jarang kita lupa dengan adanya rambut kecil atau halus yang sering lepas dari tatanan.

Baca juga: Rekomendasi Masker Bilas Terbaik untuk Mengatasi Kulit Berjerawat

Nah, dengan bantuan spoolie brush kita bisa mengatur dan merapikannya dengan lebih baik. Bisa juga kita semprotkan hair spray pada alat terlebih dahulu agar hasilnya terlihat lebih rapi.

Itulah berbagai manfaat spoolie brush yang tak hanya sebatas untuk merapikan alis. Dengan bentuknya yang mungil dan unik serta bulu halusnya, kita bisa menggunakan alat multifungsi ini agar make up menjadi lebih sempurna. (R11/HR-Online)

Editor: Karwati Putu Latief