Manfaat Tanaman Janda Bolong dan Fakta Unik Menarik Lainnya

manfaat tanaman janda bolong
Manfaat Tanaman Janda Bolong. Foto: Ist/net

Manfaat tanaman janda bolong tak hanya memiliki nilai ekonomis yang harganya terbilang mahal. Namun tumbuhan dengan bentuk daun berlubang ini juga memiliki sejumlah khasiat yang sebaiknya Anda tahu.

Nama tumbuhan yang konotatif ini belakangan menjadi viral dan banyak menjadi buruan masyarakat. Tak hanya penggemar tanaman hias saja yang menyukainya, namun tak sedikit juga masyarakat awam yang mencarinya.

Popularitas janda bolong mengingatkan kita dengan gelombang cinta yang pernah begitu terkenal beberapa tahun sebelumnya. Bedanya, harga tanaman janda bolong bisa tembus hingga ratusan juta rupiah.

Janda bolong merupakan jenis tanaman hias yang masuk dalam marga Monstera. Menurut Wikipedia, terdapat sekitar 45 spesies monstera yang termasuk dalam keluarga Araceae. Tumbuhan ini bukanlah asli Nusantara melainkan dari kawasan tropis Amerika.

Nama monstera mengacu pada bentuk daunnya yang abnormal alias tidak lumrah. Selain ukurannya yang besar, juga terdapat lubang alami yang tidak ada pada daun hijau lainnya.

Jenis monstera yang sedang populer adalah Monstera adansonii variegated dan Monstera deliciosa. Tanaman ini juga terkenal dengan sebutan Swiss cheese plant atau five holes plant. Tak jelas kenapa tumbuhan ini kemudian lebih populer dengan sebutan janda bolong.

Baca juga: Fakta Ilmiah Janda Bolong, Tanaman Hias Harga Mahal Tapi Beracun

Harapanrakyat.com sebelumnya pernah mengulas beberapa keunikan tumbuhan ini. Namun adakah manfaat tanaman janda bolong? Yuk simak saja sejumlah fakta unik tanaman yang sedang viral ini yang sebaiknya Anda tahu.

Manfaat Tanaman Janda Bolong yang Unik

Janda bolong termasuk jenis tanaman hias dengan tampilan bunga yang menarik. Tumbuhan ini juga merambat dengan ketinggian bisa mencapai 20 meter (66 kaki). Daunnya lebar dengan permukaan hijau mengkilap dan berlubang.

Umumnya jenis tanaman hias lainnya kurang memberikan manfaat layaknya herbal. Apalagi penelitian tentang kandungan kimia dalam tanaman ini sulit ditemukan. Namun ada beberapa spesies monstera yang kabarnya beracun.

Ada banyak keistimewaan yang terdapat pada tanaman hias ini. Berikut ini berbagai manfaat tanaman janda bolong maupun fakta uniknya lainnya.

Meredakan Stres

Aktivis bercocok tanam maupun merawat tanaman bukan hanya untuk menyalurkan hobi. Aktivitas ini juga bisa untuk meredakan stres. Terlebih jika Anda harus lebih sering berada di rumah akibat pandemi Corona.

Inilah manfaat tanaman janda bolong yang bisa Anda dapatkan. Apalagi memelihara tanaman, khususnya tanaman hias membutuhkan ketekunan dan ketelatenan. Keasyikan inilah yang bisa meredakan ketegangan otak.

Sambil menyalurkan hobi, Anda juga bisa menikmati keindahan daunnya yang unik. Bahkan tak sedikit penghobi tanaman ini yang melakukan menyilangan untuk mendapatkan pola variegasi tertentu.

Pola Variegasi

Keunikan tanaman ini bukan hanya pada lubang yang terdapat pada daunnya, namun juga pada bercak warnanya. Janda bolong akan semakin mahal karena adanya variegasi atau bercak atau zona warna putih atau kuning pada daunnya.

Baca juga: Cara Merawat Tanaman Janda Bolong dengan Tepat, Simak Tipsnya!

Variegasi akan semakin eksotik jika semburat warna putih atau kuning pada daunnya membentuk pola tertentu. Di luar negeri, harga tanaman dengan pola variegasi tertentu bisa mencapai ribuan dolar.

Menyegarkan Udara

Umumnya tanaman akan mengeluarkan oksigen saat pagi hari. Namun berbeda dengan tumbuhan berlubang ini. Bahkan manfaat tanaman janda bolong mampu memperbaiki dan meningkatkan kualitas udara sekitarnya.

Selain menyerap udara kotor dari polusi, tumbuhan tanaman unik ini juga mampu menyerap udara yang mengandung zat kimia berbahaya. Adanya tanaman ini akan membuat udara sekitar menjadi lebih bersih dan segar.

Karena itu sangat baik tanaman ini menjadi penghias pada kawasan yang kotor udaranya. Seperti rumah yang dekat jalan raya, hunian sekitar pabrik, maupun untuk tanaman hias pada kawasan hijau perkotaan.

Peneduh Alami

Tanaman hias monstera, baik jenis Monstera adansonii maupun deliciosa, merupakan jenis tanaman yang merambat. Pada habitat aslinya, kita perlu membuat tanaman lain, bambu, atau rangka agar janda bolong bisa merambat.

Dengan bentuk daunnya yang lebar dan pertumbuhannya yang merambat, manfaat tanaman janda bolong juga bisa sebagai peneduh alami. Namun sebaiknya hindarkan paparan sinar matahari langsung pada tumbuhan ini agar perkembangannya optimal.

Popularitasnya Universal

Saat tanaman gelombang cinta populer dan menjadi buruan banyak orang, harga jualnya bisa mencapai belasan atau puluhan juta rupiah. Namun tanaman itu populer hanya di Indonesia dan tidak pada negara lain.

Hal ini berbeda dengan tanaman monstera. Mahalnya harga tanaman janda bolong tak hanya di Indonesia namun juga pada banyak negara lainnya. Keunikan monstera di luar negeri bisa berharga hingga ribuan dolar, tergantung pola variegasi-nya.

Mempercantik Rumah

Seperti fungsinya sebagai tanaman hias, janda bolong memiliki tampilan yang unik dengan lubang-lubang alami pada daunnya yang begitu eksotis. Karena itu manfaat tanaman janda bolong karena cocok untuk menghias interior rumah.

Anda bisa memadukan suasana pada teras atau sekitar rumah dengan warna hijau daun tumbuhan ini. Anda juga bisa memilih bercak warna tertentu pada daunnya sebagai hasil variegasi. Baik yang warna putih maupun yang kuning.

Dengan meletakkan pot tumbuhan ini pada sudut rumah, Anda bisa menambah kesan elegan dan artistik ruangan tersebut. Anda juga bisa memadukannya dengan unsur interior ruangan yang ada.

Investasi Berharga

Menyalurkan hobi tak hanya menyenangkan hati, namun juga dapat menjadi investasi. Karena itu Anda bisa mengambil manfaat tanaman janda bolong sebagai bentuk investasi masa depan yang berharga.

Baca juga: Keistimewaan Tanaman Janda Bolong, Saat Ini Laku Dijual Ratusan Juta

Keuntungan berlipat dari aktivitas semacam ini tidak mudah untuk memperolehnya. Banyak orang yang harus banting tulang dan kerja keras hanya untuk bisa makan. Namun dengan memelihara tanaman hias ini akan memberikan banyak keuntungan.

Mudah Perawatannya

Mahalnya harga sebuah tanaman biasanya karena kelangkaan maupun sulitnya dalam memelihara. Namun hal itu ternyata tidak kita temukan pada tumbuhan Monstera ini. Lantas apa yang membuat harga tanaman ini begitu selangit?

Inilah manfaat tanaman janda bolong karena perawatannya yang tidak sulit. Yang penting hindarkan tanaman ini dari paparan langsung sinar matahari. Jika monstera terlalu banyak terkena matahari, maka daunnya akan segera menguning.

Selain itu dalam merawat tanaman ini kita tak harus selalu menyiramnya. Sebab, janda bolong tidak membutuhkan banyak air. Menyiram hanya perlu saat tanah dalam pot terlihat kering.

Tumbuhan ini juga tidak gampang layu, bahkan cukup tahan terhadap serangan hama dan penyakit. Tanaman hias ini juga cocok dengan iklim tropis seperti Indonesia sehingga tidak merepotkan dalam perawatannya.

Peluang Bisnis Menjanjikan

Segala sesuatu yang populer dan viral merupakan peluang bisnis yang sangat menguntungkan. Meskipun durasi ketenarannya biasanya tidak lama, namun tak sedikit orang yang ikut memanfaatkan kondisi yang ada untuk mengambil untung.

Baca juga: Tanaman Hias Janda Bolong Tengah Populer, Harganya Capai Rp85 Juta

Salah satu cara termudah mengambil manfaat tanaman janda bolong saat ini adalah dengan melakukan perbanyakan. Ada beberapa pilihan teknik memperbanyak tanaman ini, termasuk dengan stek batangnya.

Dengan teknik vegetatif sederhana ini Anda bisa memiliki banyak bibit tanaman yang bernilai jutaan rupiah. Dengan pemupukan yang baik dabn sesuai kebutuhan tanaman, ini bisa menghasilkan keuntungan yang tidak sedikit.

Itulah berbagai keunikan maupun manfaat tanaman janda bolong yang sangat baik sebagai penghias rumah. Dengan perawatan yang mudah, kehadiran tumbuhan ini juga akan membuat udara menjadi lebih segar dan asri. (R11/HR-Online)

Editor: Subagja Hamara

Aegis Boost Pro