Manfaat Tanaman Miana untuk Kesehatan, Bisa Jadi Obat Berbagai Penyakit

Manfaat tanaman miana
Manfaat tanaman miana. Foto: Net/ist

Manfaat tanaman miana selain menjadi hiasan juga bisa untuk kesehatan tubuh. Manfaat tanaman yang memiliki nama coleus scutellarioides ternyata cukup banyak dan jarang yang mengetahuinya.

Kebanyakan masyarakat membudidayakan tumbuhan dari keluarga lamiaceaeini untuk sekadar hiasan saja.

Selain bentuknya yang cukup unik, aneka warna yang cerah dari tanaman ini juga sangat menarik.

Sedangkan untuk rasanya sendiri agak pahit. Adapun aromanya memiliki bau harum yang sangat khas, apalagi ketika daunnya diremas.

baca juga: Cara Menumbuhkan Rambut dengan Cepat dan Indah Alami

Manfaat Tanaman Miana

Meskipun terkenal sebagai salah satu jenis yang masuk tanaman hias, akan tetapi kandungan dari tumbuhan ini juga sangat baik untuk tubuh.

Menurut penelitian, kandungan tanin, eugenol, saponin, alkoid, steroid, flavonoid dan lainnya ini mampu mengobati berbagai penyakit.

Terlebih dari senyawa flavonoid ini sangat membantu efektivitas kerja vitamin c dalam tubuh seseorang.

Untuk bisa memanfaatkan tumbuhan yang satu ini, bagian daun adalah yang paling cocok untuk menjadi ramuan tradisional.

Obat Batuk dan Asma

Manfaat tanaman miana ini bisa menjadi obat alternatif secara tradisional, terutama untuk mengurangi batuk berdahak maupun asma.

Cara mengolahnya terbilang cukup mudah, hanya dengan menyiapkan sebanyak 7 lembar daun yang sudah ditumbuk.

Kemudian rebusnya dengan air secukupnya hingga benar-benar mendidih. Setelah itu peras ramuan tersebut dan masukkan ke dalam gelas.

Karena rasanya cukup pahit, sebaiknya campurkan dengan madu, bila perlu tambahkan kuning telur ayam kampung agar lebih lengkap.

Agar bisa mendapatkan hasil maksimal, konsumsi setiap pagi dan malam hari secara teratur.  

baca juga: Obat Sakit Tenggorokan Alami Terbaik dari Garam Hingga Sirih

Mengatasi Masalah Pencernaan

Manfaat tanaman miana selanjutnya bisa menjadi solusi bagi orang yang memiliki masalah pencernaan yang menimbulkan berbagai penyakit, seperti halnya ambeien.

Selain itu, olahan dari daun ini juga bermanfaat untuk mengatasi sakit perut yang membuat aktivitas sehari-hari menjadi terganggu.

Akibat mengkonsumsi berbagai makanan juga bisa menimbulkan masalah konstipasi atau sulit buang air besar lantaran terjadi peradangan pasa pencernaan.

Maka dari itu, untuk mengobatinya bisa menggunakan langkah ini supaya pencernaan lebih lancar dan bahaya yang timbul dapat teratasi, seperti penyakit ambeien, konstipasi maupun sakit perut.

Meskipun manfaat tanaman miana cukup banyak untuk mengobati berbagai penyakit, namun dalam mengkonsumsinya harus sesuai takaran dan tidak berlebihan. (R6/HR-Online)

Editor: Muhafid