Manfaatkan Lahan Kosong, Warga Ciganjeng Pangandaran Panen Timun

Manfaatkan lahan kosong dengan menanami tanaman timun atau mentimun dilakukan warga dan Kelompok Tani Kertaraharja, Desa Ciganjeng, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran. Foto: Entang SR/HR.
Manfaatkan lahan kosong dengan menanami tanaman timun atau mentimun dilakukan warga dan Kelompok Tani Kertaraharja, Desa Ciganjeng, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran. Foto: Entang SR/HR.

Berita Pangandaran (harapanrakyat.com),- Manfaatkan lahan kosong dengan menanami tanaman timun atau mentimun dilakukan warga dan Kelompok Tani Kertaraharja, Desa Ciganjeng, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Ketua Kelompok Tani (Koptan) Kertaraharja, Untung, mengatakan, menanam tanaman mentimun mudah dalam perawatan. Terlebih saat ini kondisi cuacanya sangat mendukung.

Warga maupun anggota Koptan Kertaraharja yang memanfaatkan lahan dengan menanami tanaman mentimun itu berada pada Blok Sidamulya, Desa Ciganjeng.

“Di blok tersebut ada beberapa lahan kosong yang dimanfaatkan dengan tanaman sayuran berupa mentimun. Tanamannya sudah membuahkan hasil sesuai harapan,” kata Untung, kepada HR Online, Jum’at (16/10/2020).

Baca Juga : Panen Raya Warga Binaan Lapas Banjar Hasilkan 4 Kuintal Sawi Hijau

Ia juga menyebutkan, kelompok taninya memanfaatkan lahan kosong seluas 80 bata. Lahan seluas itu terbagi beberapa titik, sehingga pada saat panen hasilnya luar biasa.

Hal itu membuat para petani sumringah ketika masa panen tiba, karena mereka akan mendapatkan keuntungan dari hasil pertaniannya.

“Tanaman pohon mentimun tumbuh subur dengan buah yang melimpah. Sebagian sudah ada yang panen, karena tidak hanya satu kali panen, tetapi bisa berkali-kali panen,” terangnya.

Dalam satu kali panen, petani bisa menghasilkan antara 90 sampai 100 kilogram mentimun. Hasil panennya langsung dibeli oleh para pengepul mentimun. Jadi, para petani secara tidak langsung tidak merasa kesulitan saat menjualnya.

“Selain itu, keuntungan untuk satu kali panen mentimun saja bisa mencapai 90 ribuan,” kata Untung.

Manfaatkan Lahan Kosong Tengah Digalakan

Sementara itu, Kepala Desa Ciganjeng, Imang Wardiman, mengatakan, desanya saat ini tengah menggalakan pemanfaatan lahan kosong. Salah satunya lahan pekarangan rumah dengan tanaman sayur-sayuran.

Warga atau kelompok tani kini sudah memanfaatkan lahan Blok Sidamulya dengan menanam mentimun. Hal itupun menjadi sebuah keuntungan tersendiri bagi para kelompok tani.

“Ya, saat ini mereka sedang memanen mentimun. Semoga saja hasil positif dari memanfaatkan lahan kosong dengan tanaman tersebut menjadi contoh bagi warga lain, untuk mengkuti memanfaatkan lahan yang ada,” harapnya. (Ntang/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah