Masalah Kesehatan Orang Pendek, Rentan Terserang Beragam Penyakit

Masalah kesehatan orang pendek yang rentan terserang beragam penyakit menurut sejumlah penelitian. Foto: Net/Ist.
Masalah kesehatan orang pendek yang rentan terserang beragam penyakit menurut sejumlah penelitian. Foto: Net/Ist.

Masalah kesehatan orang pendek yang rentan terserang beragam penyakit menurut sejumlah penelitian. Dari mulai penyakit diabetes hingga jantung koroner. Penyebab munculnya beberapa penyakit akibat metabolisme tubuh yang tidak sama.

Tinggi badan seseorang dapat berpengaruh terhadap tingkat kecepatan metabolisme tubuhnya. Perbedaan tinggi badan antara seseorang dengan orang lainnya juga sangat berpengaruh pada penampilannya.

Seain itu, tinggi pendeknya badan juga ada hubungannya dengan kesehatan seseorang yang dapat mempengaruhi faktor risiko munculnya sejumlah penyakit.

Merangkum dari berbagai sumber, ada beberapa masalah kesehatan yang lebih rentan dialami oleh mereka pemilik ukuran tubuh lebih pendek. Berikut ini penjelasannya.

Baca Juga : Hati-hati! Kebiasaan Ngupil Bisa Picu Masalah Kesehatan Serius yang Mematikan

5 Masalah Kesehatan Orang Pendek

Lebih Berisiko Terkena Diabetes

Sebuah hasil penelitian mengungkap, seseorang yang bertubuh tinggi maka risiko terserang penyakit diabetes akan lebih rendah.

Berbeda dengan seseorang pemilik tubuh pendek yang ternyata lebih rentan terkena penyakit, diabetes salah satunya. Hal itu karena seseorang bertubuh pendek memiliki kandungan lemak hati yang lebih tinggi.

Lebih Berisiko Terkena Penyakit Paru

Masalah kesehatan orang pendek juga lebih rentan terkena penyakit paru-paru. Menurut sebuah penelitian, orang dengan tubuh pendek mungkin punya masalah dengan paru-parunya. Sehingga, risiko terkena penyakit paru-paru akan meningkat.

Oleh karena itu, orang yang berbadan pendek sebaiknya rutin melakukan olahraga, setiap harinya aktif bergerak, berhenti merokok, dan konsumsi makanan sehat.

Baca Juga : Jangan Sepelekan Bau Badan atau Bau Mulut! Bisa Jadi Kesehatan Anda Bermasalah

Penyakit Jantung Koroner

University of Leicester melakukan penelitian terhadap masalah tersebut. Hasil dari penelitiannya mengungkap bahwa, seseorang yang bertubuh pendek berisiko tinggi terserang jantung koroner.

Seseorang dengan perbedaan tinggi badan sekitar 2,5 inchi dapat meningkatkan risiko terserang penyakit jantung koroner mencapai 13,5 persen.

Wanita Hamil Berisiko Melahirkan Prematur

Masalah kesehatan orang pendek, khususnya ibu hamil cenderung punya waktu kehamilannya pun lebih pendek. Selain itu, bayinya juga akan lahir lebih kecil dan berisiko mengalami kelahiran prematur.

Meski begitu, tinggi badan bukan satu-satunya faktor kelahiran prematur. Karena terdapat hal lain yang menjadi penyebabnya. Seperti nutrisi maupun faktor lingkungan turut berperan.

Baca Juga : Obat Alami Penyakit Liver Bisa Bantu Tingkatkan Kesehatan Hati

Kebotakan

Kebotakan menjadi salah satu masalah kesehatan orang pendek. Bagi pria bertubuh pendek kemungkinan risiko mengalami kebotakannya lebih meningkat.

Menurut sebuah penelitian, penyebab kebotakan prematur dapat terjadi dari sejumlah masalah yang berkaitan dengan berbagai karakteristik fisik serta penyakit.

Osteoartitis

Osteoartitis menjadi masalah kesehatan orang pendek. Hal itu karena tulang yang lebih pendek memiliki sedikit tulang rawan. Dengan begitu, bagian sendi menjadi lebih rentan terhadap masalah kesehatan.

Berdasarkan hasil dari sebuah penelitian menyebutkan bahwa, ada hubungannya antara tubuh pendek dengan meningkatnya risiko osteoartitis.

Beberapa masalah kesehatan tersebut punya risiko lebih tinggi bagi pemilik tubuh pendek. Karena itu, perlu memperhatikan asupan makanan dan gaya hidup, jika ingin terhindar dari masalah kesehatan. (R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah