Bingung Memilih Maskara yang Bagus dan Tepat? Ikuti Cara Simpel Ini!

maskara yang bagus
Cara memilih maskara yang bagus. Foto: Ist/Net

Cara memilih maskara yang bagus bisa dilihat dari jenis bahan hingga warnanya. Apabila tepat dalam memilih, tentu akan membuat mata terlihat lebih indah dan sempurna.

Namun tak jarang wanita yang bingung dalam memilih produk yang bagus dan tepat. Apalagi jika Anda pernah mengalami trauma dengan soal ini.

Memilih maskara memang tidak bisa sembarangan. Meskipun bulu mata merupakan bagian kecil dari make up wajah, namun adanya gangguan pada bulu mata bisa merontokkan rasa percaya diri.

Maskara bukan saja penting untuk membuat bulu mata terlihat lebih lentik dan menarik, namun juga untuk mempertegas tampilannya. Tak sedikit wanita yang sering merasa kurang puas dengan produk yang ada.

Cara Memilih Maskara yang Bagus dan Tepat

Saat ini ada banyak jenis dari berbagai merek dan brand ternama. Bahkan tak sedikit perusahaan yang tak berhenti mempromosikan produknya sebagai yang terbaik dan sesuai dengan jenis kulit wanita Indonesia.

Baca juga: Manfaat Spoolie Brush Tak Hanya untuk Alis Namun juga Bibir dan Kuku

Wanita umumnya telah mengenal bahkan sering menggunakan produk alis. Namun apakah hasil riasan Anda sudah cukup maksimal tanpa ada kendala yang berarti? Berikut ini cara memilih maskara yang bagus dan tepat yang perlu Anda tahu.

Jenis Bahan

Saat membeli sebuah produk kosmetik, termasuk maskara, periksa kandungan formulanya melalui kemasan produk. Pengenalan bahan ini penting agar saat ada gunakan hasilnya sesuai dengan Anda harapkan.

Ada sejumlah jenis bahan yang umumnya terdapat dalam maskara, seperti non smudging yang anti air dan tidak meleleh. Ada juga yang non clumping atau tidak menggumpal karena mengandung bahan gliserin.

Jika ingin maskara yang tahan lama, Anda perlu memilih jenis non-smudging. Selain tidak mudah luntur karena keringat Anda tak perlu repot mengulanginya. Jika Anda memakai yang non-clumping, Anda bisa menggunakannya berulang kali.

Bentuk Kuas

Anda juga bisa memilih maskara yang bagus dari bentuk kuasnya. Ada berbagai bentuk produk ini dengan fungsi yang berlainan. Kuas yang berbentuk melengkung berguna untuk melentikkan bulu mata.

Sedangkan kuas lurus dan panjang berguna agar bulu mata lebih panjang sehingga cocok untuk bulu mata pendek. Ada juga kuas tebal dan padat yang fungsinya agar volume bulu mata bertambah.

Warna

Memilih maskara yang bagus juga bisa berdasarkan warnanya. Saat ini ada banyak produk ini dengan beragam jenis warna, tak hanya hitam saja. Anda bisa memilih warna sesuai kebutuhan atau Anda sesuaikan dengan make up.

Anda bisa memilih yang bening atau clear maskara yang lebih ringan. Penggunaan warna hitam bisa Anda gunakan untuk aktivitas rutin. Alternatif warna akan memberikan pilihan yang lebih fleksibel.

Bentuk Bulu Mata

Memilih maskara yang cocok juga bisa berdasarkan bentuk bulu mata. Karena itu penting mengenal bulu mata yang Anda miliki, termasuk ketebalan dan panjang atau pendeknya.

Namun dalam memilih produk ini berdasarkan bentuk bulu mata Anda juga perlu menyesuaikan dengan jenisnya. Berikut ini beberapa alternatif pilihan maskara yang bagus berdasarkan jenis dan bentuk bulu mata.

1.Bulu Mata Pendek

Jika Anda memiliki bulu mata yang pendek dan tebal, Anda bisa memilih prodk cair yang akan berguna untuk memanjangkan sekaligus membuatnya lentik.

Baca juga: Tren Kecantikan Selama Pandemi Covid-19, Wanita Wajib Tahu!

Namun jika bulu mata Anda tipis, sebaiknya gunakan maskara yang dapat menambah volume sekaligus melentikkannya. Jika perlu oleskan beberapa kali agar terlihat lebih tebal.

2.Bulu Mata Panjang

Untuk bentuk bulu mata panjang, sebaiknya Anda pilih maskara jenis curly dengan bulu sikat berbentuk melengkung. Untuk bulu mata yang tebal, hindari mengoleskan terlalu sering agar tidak menjadi berat.

Sebaliknya untuk bulu panjang tapi tipis Anda bisa memilih maskara yang bagus yang dapat menambah volume dan juga memanjangkan. Sehingga Anda akan terlihat lebih lentik dan tebal.

3.Bulu Mata Tidak Rata

Tak sedikit wanita yang panjang bulu matanya tidak rata. Ada yang salah satu bagiannya lebih panjang atau lebih pendek ketimbang bagian lainnya. Anda sebaiknya memilih kosmetik dengan bahan alami.

Baca juga: Kenali Manfaat dan Efek Sulam Bibir Sebelum Mencoba!

Beberapa jenis kandungan bahan pathenol dan phyto keratin berguna untuk menumbuhkan bulu mata. Kandungan alami ini juga penting agar bulu mata terjaga alaminya. Gunakan secara teratur kosmetik jenis ini untuk hasil yang lebih baik.

Itulah beberapa langkah mudah cara memilih maskara yang bagus dan tepat. Memilih dan menggunakan kosmetik yang tepat sangat penting untuk membuat tampilan Anda lebih cantik dan lebih sempurna. (R11/HR-Online)

Editor: Karwati Putu Latief