Membersihkan Karpet Mobil Demi Kenyamanan Saat Berkendara

Membersihkan Karpet Mobil demi Kenyamanan Saat Berkendara
Ilustrasi membersihkan karpet mobil. Foto istimewa

Membersihkan karpet mobil perlu anda lakukan untuk tetap menjaga kenyamanan saat berada dalam kendaraan. Mobil adalah salah satu alat transportasi pribadi yang banyak dimiliki sebagian besar orang.

Transportasi yang satu ini kerap sekali memiliki berbagai aksesoris pelengkap demi menunjang kenyamanan saat berkendara. Salah satu pelengkap yang ada pada mobil yaitu karpet.

Karpet mobil memiliki peranan yang cukup penting untuk kenyamanan. Namun, agar tetap nyaman terus dalam mobil, karpet perlu anda bersihkan dan rawat dengan teratur.

Sebab, jika tidak anda lakukan, justru dapat membuat mobil bau dan tidak nyaman. Ketika karpet kotor, tentunya banyak bakteri dan kuman yang bersarang. Jika tidak anda bersihkan, justru mampu menimbulkan penyakit.

Membersihkan karpet mobil sebenarnya cukup mudah. Namun, sebaiknya anda bersihkan sesuai dengan jenis materialnya. Hal ini bertujuan agar karpet tetap awet dan tahan lama.

Apalagi saat musim hujan yang membuat mobil sering terkena air hujan. Hal ini juga dapat membuat interior mobil kotor akibat penumpang keluar masuk dan bisa mengakibatkan noda pada karpet.

Meski karpet terletak agak tersembunyi, namun kebersihannya perlu anda jaga dengan baik. Jika karpet bersih, tentunya membuat penumpang merasa nyaman saat berada dalam kendaraan.

Mobil akan terlihat bersih dan tentunya lebih wangi. Tidak hanya terlihat dari eksteriornya saja, namun interiornya juga.

Cara Membersihkan Karpet Mobil

Kebersihan mobil perlu anda jaga, baik dari eksterior maupun interiornya. Hal ini perlu anda jaga kapan pun dan pada komponen apa saja, termasuk karpet.

Baca Juga : Starter Mobil Mati, Ada Penyebab yang Perlu Segera Ditangani

Karpet mobil adalah salah satu aksesoris pelengkap kendaraan yang membuat penumpang merasa nyaman. Namun, karpet ini kerap sekali terkena noda dan kotoran.

Apalagi saat musim hujan, aksesoris ini cukup mudah kotor yang bisa menimbulkan bau tak sedap. Sebelum anda membersihkannya, sebaiknya tahu dulu jenis materialnya.

Karpet mobil memiliki bahan pembuatan yang berbeda-beda. Karena itu, membersihkan karpet mobil pun tidak sama. Karpet berfungsi untuk menyerap udara lembab, debu, air, tetesan air hujan, dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu, membuat karpet merasa lembab. Berikut ini ada beberapa cara mencuci dan merawat karpet dengan teknik yang mudah dan cepat.

1. Gunakan Sedot Debu

Cara pertama yang bisa anda lakukan yaitu dengan menggunakan sedot debu atau vacuum cleaner. Karena bahan karpet mobil tidak sama untuk perawatan dasar, bisa gunakan cara ini.

Baca Juga : Power Window Macet, Cari Tahu Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sedot debu bisa anda terapkan pada karpet bahan beludru dan PVC. Dengan menggunakan alat ini, secara langsung debu yang menempel pada karpet akan mudah anda bersihkan.

2. Pilih Sikat yang Tepat

Cara membersihkan karpet mobil berikutnya yaitu menggunakan sikat. Anda bisa memilih sikat khusus karpet yang memiliki tekstur lembut.

Jika karpet mobil anda berbahan beludru, pilih sikat berbahan halus dan lembut. Hal ini perlu anda lakukan agar tidak merusak teksturnya.

Sedangkan pada jenis beludru yang kasar, gunakan sikat berbulu padat dan keras guna memberikan kemudahan dalam mengangkat debu. Selain debu, sikat juga mampu menghilangkan noda yang menempel pada karpet bahan kulit sintetis atau karet.

3. Gunakan Sabun dan Air

Sebaiknya anda cuci dengan sabun dan air karpet dasar pada kendaraan roda empat ini. Cuci dengan sabun anti bakteri dan air bersih. Membersihkan pada semua bagian mobil, termasuk bagian sudut karpet.

Setelah benar-benar bersih, anda bisa jemur hingga benar-benar kering. Hal ini juga bisa menjadi cara ampuh untuk memperoleh karpet mobil yang nyaman dan wangi.

Perlu anda ketahui, jangan pernah menjemur karpet di bawah matahari langsung. Hal ini agar tidak merusak warna karpet itu sendiri.

4. Bersihkan Kabin

Jika karpet mobil sudah benar bersih, jangan lupa untuk menjaga bagian kabin kendaraan. Percuma saja jika aksesoris alas dasar sudah bersih, namun kabin mobil masih dalam keadaan kotor.

Gunakan vacuum cleaner untuk menghilangkan noda dan kotoran yang menempel dan sulit anda jangkau. Setelah dasar kabin sudah bersih, bisa letakkan kembali karpet tersebut.

Dapatkan kenyamanan saat berkendara. Membersihkan karpet mobil perlu anda lakukan kurang lebih 2 minggu sekali. Gunakan cara yang tepat guna membuat karpet tetap awet dan tahan lama. (R10/HR-Online)

Baca Juga : Wiper Kaca Mobil, Berfungsi Mengusap Noda dan Air Hujan