Menambah Ringtone Android, Simak Berikut Ini Cara Mudahnya!

Menambah Ringtone Android
Ilustrasi Menambah Ringtone Android. Foto: Istimewa

Menambah ringtone Android menjadi pilihan bagi sejumlah pengguna HP saat ini. Tentu saja bukan tanpa alasan begitu saja. Terkadang karena bosan dengan ringtone yang itu-itu saja, membuat pengguna HP memilih untuk menambahnya. Sehingga mereka memiliki ringtone baru yang bisa digunakan sewaktu-waktu.

Pada dasarnya, untuk memilih ringtone pada nada dering notifikasi default Android anda bisa dilakukan dari menu Settings atau Pengaturan. Menu ini pun juga sudah tersedia dalam HP anda, sehingga tidak perlu repot-repot lagi untuk mencarinya.

Baca Juga : Cara Melacak Nomor HP dengan Mudah, Cepat, dan Akurat

Akan tetapi, umumnya pada Android hanya terdapat beberapa pilihan ringtone bawaan saja. Selain itu, tidak terdapat pilihan lagu yang sudah tersimpan dalam memori mp3 ringtone Android ini.

Maka dari itulah, sebagian dari pengguna kemudian menjadi bosan dengan ringtone bawaan tersebut. Sehingga tidaklah heran jika dengan menambahnya menjadi pilihan yang paling tepat.

Cara Menambah Ringtone Android

Penting untuk menjadi perhatian kita bersama, ringtone Android ini merupakan dering notifikasi default pada Android. Sehingga berbeda dengan ringtone atau nada dering HP anda.

Perbedaannya ini terletak pada fungsinya. Jika pengaturan nada dering HP berfungsi untuk sound maupun suara atau ringtone saat anda menerima panggilan masuk.

Sedangkan untuk dering notifikasi default atau ringtone Android memiliki fungsi untuk suara pemberitahuan pada HP Android anda.

Baca Juga : Cara Download Video di Instagram Via Aplikasi dan Tanpa Aplikasi

Seperti halnya suara pemberitahuan adanya chat WhatsApp, pemberitahuan add teman pada Facebook, dan juga suara pemberitahuan bahwa ada SMS yang masuk. Bahkan, ringtone ini juga berfungsi sebagai suara pemberitahuan game Android.

Seperti halnya Clash of Clans yang kena serang dan jenis game Android lainnya. Antara perbedaan keduanya, anda harus paham betul.

Agar nantinya anda tidak salah dalam menambah ringtone Android. Pada dasarnya, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan. Untuk lebih jelasnya, mari simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Cara Pertama

Bagi anda yang ingin memiliki ringtone Android baru, bisa mengikuti cara pertama ini. Tenang saja, karena cara ini mudah dan cepat.

  1. Langkah pertama, silahkan download terlebih dahulu suara mp3 yang akan anda gunakan sebagai notifikasi
  2. Bila proses download telah selesai, temukan file mp3 tersebut dalam folder “Download”
  3. Setelah itu, pindahkan file tersebut ke folder “Notifications”. Anda bisa menemukan folder “Notification” ini pada ruang penyimpanan internal. Namun, bila anda belum memiliki folder tersebut, bisa membuatnya secara manual.
  4. Untuk menambah ringtone Android, maka silahkan anda masuk ke menu “Settings”
  5. Kemudian pilihlah opsi “Suara”
  6. Langkah berikutnya, silahkan cari pilihan “Suara notifikasi default” dan jangan lupa untuk klik pilihan tersebut.
  7. Setelah itu, anda akan melihat adanya file mp3 yang sebelumnya sudah anda download dari HP Android. Kemudian silahkan pilih file tersebut untuk menjadikannya ringtone
  8. Tahapan anda pun telah selesai. Suara ringtone Android anda pun kini sudah berubah sesuai dengan file mp3 yang anda pilih

Cara Kedua

Jangan khawatir bila dengan cara pertama anda belum bisa menambah ringtone Android. Pasalnya, terdapat satu cara lagi yang tentunya tak kalah mudah.

Cara yang kedua ini tak jauh berbeda dengan cara pertama. Terdapat catatan untuk anda perhatikan sebelum menggunakan cara ini.

Cara kedua bisa anda lakukan apabila anda tidak menemukan folder dengan nama “Notifications” dalam penyimpanan internal Android. Untuk lebih jelasnya, silahkan perhatikan langkah-langkah berikut ini.

  1. Langkah awal yang harus anda lakukan sama persis dengan cara pertama. Sehingga anda bisa mengulanginya dengan melihat cara pertama sebelumnya.
  2. Untuk langkah terakhirnya, anda gulir hingga ke bawah sampai anda menemukan tulisan “Tambahkan nada dering”
  3. Langkah selanjutnya untuk menambah ringtone Android adalah dengan memilih file suara mp3 yang ingin anda gunakan sebagai ringtone Android

Itulah tadi dua cara yang bisa anda gunakan. Bagaimana menurut anda, sangat mudah dan simpel bukan?

Untuk cara mana yang paling tepat untuk anda gunakan, bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan saja. Intinya, menambah ringtone Android bisa anda lakukan dengan mudah. Rasa bosan dan jenuh anda dengan ringtone yang itu-itu saja dapat teratasi dengan baik. (R10/HR-Online)

Baca Juga : Menghapus Akun Google di HP, Simak Cara Mudahnya Berikut Ini!