Mengajarkan Anak Pakai Masker, Begini Caranya!

mengajarkan anak pakai masker
Ilustrasi mengajarkan anak pakai masker. Foto: net/Ist

Mengajarkan anak pakai masker menjadi salah satu tantangan tersendiri bagi orang tua yang memiliki buah hati. Pakai masker memang sangat penting saat pandemi ini.

Sebagian orang tua mengeluh karena anaknya sangat sulit menggunakan alat pelindung diri itu.

Selain harus menaati protokol kesehatan saat beraktivitas, terutama ketika keluar rumah, anak-anak tentu saja tidak bisa lepas darinya.

Maka dari itu, perlu penanganan khusus agar dalam sebuah keluarga bisa memakai salah satu APD ini demi pencegahan covid-19.

Banyak alasan yang timbul ketika anak juga harus memakainya, baik karena tidak betah maupun tangannya yang tidak bisa diam memegang sesuatu yang terbilang asing baginya.

Baca juga: Seorang Bocah di Kota Banjar Terkonfirmasi Positif Covid-19

Mengajarkan Anak Pakai Masker

Meskipun untuk membiasakan hal tersebut susah-susah gampang, akan tetapi paling penting adalah bagaimana orang ketika mengajarkan secara sabar supaya anaknya juga bisa menerapkan prokes.

Berikut beberapa cara supaya anak terbiasa menggunakan masker.

Memberikan Penjelasan

Bagi orang tua sudah menjadi kewajiban untuk memberikan pengertian kepada sang bocah dalam berbagai hal, termasuk masalah prokes ini.

Kendati cukup sulit, namun penjelasan dengan bahasa yang mudah dipahami atau sesuai tekniknya masing-masing akan menjadi lebih mudah.

Upayakan memiliki waktu luang guna berbincang-bincang soal covid-19 dengan ilustrasi yang mudah, seperti kalau tidak pakai masker bisa terkena virus yang menyebabkan batuk.

Menggunakan Masker Berkarakter

Gambar pada masker saat ini sangat banyak, terutama yang memiliki karakter kartun, super hero maupun lainnya.

Ini sangat tepat sekali menjadi pilihan untuk mengajarkan anak pakai masker, bahkan mereka lebih semangat lagi memakainya.

Memberikan Contoh

Tidak kalah penting juga sebagai ibu atau ayah dari anaknya untuk memberikan penjelasan dan juga praktik langsung.

Tak hanya itu, bercermin depan kaca bersamanya saat menggunakan masker juga menjadi trik cukup jitu. Pasalnya, akan lebih tahu penampilannya seperti apa ketika memakainya.

Membuat Sendiri

Jika banyak waktu kosong, sempatkanlah membuat APD tersebut sesuai keinginan anaknya.

Meski begitu, maskernya pun harus yang lebih aman sesuai anjuran dari pemerintah.

Kebiasaan Dalam Rumah

Mengajar anak pakai masker selanjutnya adalah berangkat dari kebiasaan saat berada di rumah. Ketika sang buah hati sudah terbiasa, maka ketika keluar pun mereka tidak risih lagi. (R6/HR-Online)

Editor: Muhafid