Mengaktifkan Fitur NFC, Berikut Ini Cara Mudahnya!

Mengaktifkan Fitur NFC
Ilustrasi Mengaktifkan Fitur NFC. Foto: Istimewa

Mengaktifkan fitur NFC merupakan pilihan yang sangat bijak bagi anda sebagai pengguna untuk mendapatkan kemudahan. Pasalnya, fitur yang satu ini sangatlah penting.

NFC sendiri merupakan singkatan dari Near Field Communication. Fitur ini mempunyai kegunaan untuk menyambungkan maupun menghubungkan dua perangkat sekaligus.

Baca Juga : Mengganti SIM Card Tanpa Mematikan HP, Benarkah Aman?

Caranya adalah dengan mendekatkan antar perangkat tersebut. Sebagai seorang pengguna, manfaat dari fitur ini sangatlah banyak.

Salah satu keuntungan yang bisa anda dapatkan yakni merasakan kemudahan dalam mentransfer data. Seperti halnya data video, gambar, kontak, dan data yang lainnya.

Tentu saja agar proses transfer data berjalan lancar, maka harus dengan sesama HP Android yang juga mempunyai konektivitas NFC. Saat ini sejumlah HP Android sudah membawa fitur NFC.

Mengaktifkan Fitur NFC dan Cara Kerjanya

Penting untuk kita pahami bersama, sebelum memutuskan menggunakan fitur ini, maka anda harus mengetahui cara kerjanya. Sehingga, keuntungan yang akan anda dapatkan setelah menggunakan fitur ini lebih maksimal.

Tak jauh berbeda dengan WiFi maupun Bluetooth. Fitur NFC bekerja dengan menggunakan prinsip mengirimkan data lewat sinyal gelombang radio.

Terdapat sebuah teknologi yang canggih dalam NFC ini. Teknologi tersebut adalah RFID atau Radio Frequency Identification.

Yang mana teknologi tersebut memanfaatkan induksi elektromagnetik guna mengirimkan sejumlah informasi. Frekuensi transmisi data yang NFC miliki sebesar 13,56 MHz.

Dengan besaran frekuensi tersebut, dapat melakukan pengiriman dengan kecepatan 106, 212 atau setara 424 kbps. Sehingga ketika anda mengaktifkan fitur NFC ini, maka anda dapat melakukan transfer data secara akurat.

Selain itu, fitur NFC ini juga dapat menginduksikan arus listrik pada komponen NFC pasif. Seperti ada pada stiker yang tidak mempunyai daya sendiri atau power.

Baca Juga : USB HP Tidak Terbaca, Simak Cara Mudah untuk Mengatasinya!

Maka dari itulah, komponen NFC pasif ini mampu bekerja dengan sangat baik. Hal tersebutlah yang kemudian menjadi perbedaan mendasar fitur NFC dengan WiFi maupun Bluetooth.

Setelah mengetahui seperti apa cara kerja dari NFC, sudah terlihat sangat jelas, keuntungan dan kemudahan yang akan anda dapatkan. Agar anda dapat segera mengaktifkan fitur NFC dan menggunakannya, berikut ini adalah cara yang bisa dilakukan.

Cek pada Pengaturan

Cara pertama kali yang dapat anda lakukan adalah dengan melakukan pengecekan pada pengaturan HP Android. Tak perlu lagi kita berlama-lama, berikut ini adalah penjelasan dari setiap langkahnya.

  1. Langkah pertama, anda masuk ke bagian “Pengaturan” atau “Settings”
  2. Setelah itu, silahkan anda pilih “More Settings” atau “Pengaturan lainnya”
  3. Pada bagian “More Settings” ini, anda akan melihat opsi “NFC”
  4. Sebelumnya, ada satu hal yang harus anda perhatikan bahwa terdapat beberapa HP Android pilihan fitur NFC ini ada pada bagian “Networks” atau “Pengaturan Jaringan”
  5. Kemudian anda masuk pada bagian “Share & Connect” atau “Berbagi & Hubungkan”
  6. Untuk dapat mengaktifkan fitur NFC, maka anda cukup dengan menggeser ke posisi “On”

Aktifkan pada Shortcut

Tidak hanya menggunakan pengaturan saja untuk mengaktifkan fitur canggih yang satu ini. Anda juga dapat mengaktifkannya melalui shortcut.

Mau tahu seperti apa langkah-langkahnya? Simak berikut ini penjelasan dari setiap langkah mudahnya.

  1. Shortcut terletak pada bagian atas satu posisi dengan pengaturan guna menghidupkan konektifitas lainnya
  2. Setelah anda sudah menemukannya, langsung saja aktifkan NFC
  3. Seperti halnya WiFi, Bluetooth, dan mobile data yang lainnya. Anda cukup melakukan swipe ke bawah, maka anda akan menemukan menu NFC tersebut
  4. Anda pun dapat mengaktifkan fitur NFC dengan mudah

Fungsi Fitur NFC yang Jarang Pengguna Ketahui

Pada dasarnya, fitur NFC ini tidak hanya berfungsi untuk transfer data saja. Akan tetapi, terdapat fungsi lainnya yang tidak kalah penting.

Namun, sebagian pengguna kurang menyadari dengan fungsi tersebut. Fitur NFC yang terdapat pada HP ini juga dapat menjalankan fungsi sebagai alat pembayaran.

Bahkan bukan hanya itu saja, akan tetapi juga berfungsi untuk memindahkan jumlah saldo kartu e-money. Selain itu, juga berfungsi untuk mengakses gerbang kereta maupun transportasi.

Mengingat fungsinya yang sangat beragam dan memudahkan setiap urusan kita, maka memilih HP dengan fitur NFC merupakan keputusan paling tepat. Setelah itu, jangan lupa untuk mengaktifkan fitur NFC ini demi pengalaman penggunaan HP yang lebih baik. (R10/HR-Online)

Baca Juga : Cek Processor HP, Simak Cara Mudahnya Hanya di Sini!