Mengatasi Kamera HP Terbalik, Simak Cara Mudahnya Hanya di Sini!

Mengatasi Kamera HP Terbalik
Ilustrasi Mengatasi Kamera HP Terbalik, Foto: Istimewa

Mengatasi kamera HP terbalik mau tidak mau kini menjadi pilihan. Bagaimana tidak, kamera HP yang terbalik ini menjadi gangguan sekaligus masalah.

Saat ini mengambil foto, video, hingga selfie menjadi hobi sekaligus kegemaran setiap orang. Entah itu anak muda, orang tua, hingga anak-anak kecil sekalipun.

Baca Juga : Alarm HP Tidak Berfungsi, Inilah Cara Mengatasinya!

Tak hanya itu, mengabadikan setiap momen spesial dan berharga sudah menjadi sebuah keharusan. Maka dari itulah, tidak mengherankan banyak produsen HP kini berlomba-lomba dalam membuat spesifikasi kamera terbaik.

Meskipun kamera tersebut memiliki teknologi yang canggih dan modern, bukan berarti anda terbebas dari gangguan atau error. Bahkan gangguan pada kamera ini bisa terjadi begitu saja.

Mengatasi Kamera HP Terbalik, Bagaimana Caranya?

Kamera HP terbalik ini tidak terjadi begitu saja. Pastinya ada faktor pemicu yang menjadi penyebabnya. Pada umumnya, gangguan ini terjadi bermula dari sistem kamera itu sendiri. Misalnya saja pada bugnya maupun kesalahan pada pengaturan kamera tersebut.

Ketika terjadi kesalahan pada sistem kameranya, tentu saja dapat kita atasi sendiri kesalahan tersebut. Sehingga anda tidak perlu repot dan ribet untuk datang ke tukang service.

Penasaran dengan caranya? Berikut ini kami paparkan selengkapnya untuk mengatasi kamera HP terbalik anda.

Periksa Lebih Dulu Pengaturan Kamera

Sebelum anda menggunakan cara lain yang lebih kompleks, ada baiknya untuk menggunakan cara lebih simpel terlebih dahulu. Cobalah untuk memeriksa lebih dahulu pengaturan kamera anda.

Hal ini bertujuan untuk melakukan pengecekan pada pengaturan kamera HP anda. Pasalnya, tidak hanya karena salah setting saja, pengaturan kamera ini juga dapat berubah dengan sendirinya.

Baca Juga : Suara Penelpon Tidak Terdengar, Simak Cara Mengatasinya!

Bahkan, anda tidak menyadarinya bila gangguan kamera ini telah terjadi. Terutama untuk sebagian HP umumnya memiliki fitur Mirror atau cermin.

Fitur tersebut memberikan kemungkinan untuk mengambil gambar secara terbalik. Berikut ini adalah cara untuk memeriksa pengaturan kamera sebelum mengatasi kamera HP terbalik ini.

  1. Silahkan anda buka aplikasi “Kamera” pada HP Android
  2. Setelah itu, buka menu yang telah tersedia. Biasanya menu tersebut terletak pada pojok kiri atau bagian kanan atas
  3. Langkah berikutnya, buka “Setelan”
  4. Kemudian cari pengaturan “Flip”, “Balik”, “Mirror” maupun pengaturan sejenisnya
  5. Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan “Setting” pada kamera depan maupun belakang

Menggunakan Setelan

Jika langkah-langkah ini sudah anda lakukan, silahkan untuk kembali mengetes kamera. Apabila pengaturan tersebut sudah anda hilangkan, maka kamera akan kembali normal seperti semula.

Dengan kata lain, upaya anda dalam mengatasi kamera HP terbalik pun sudah selesai. Akan tetapi, jika pengaturan kamera tersebut masih belum ketemu, anda bisa mencoba cara lainnya, yakni melalui Setelan.

  1. Langkah pertama, silahkan anda buka “Setelan” Android
  2. Setelah itu, anda masuk ke menu “Aplikasi Sistem”
  3. Langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan geser ke bawah, kemudian cari dan buka aplikasi “Kamera”
  4. Lalu untuk cara berikutnya, nonaktifkan pengaturan “Flip” atau “Balik”
  5. Langkah anda pun selesai dan silahkan nikmati kamera dengan lebih nyaman

Menghapus Data Aplikasi Kamera

Mengatasi kamera HP terbalik juga bisa anda lakukan dengan menghapus data aplikasi kamera. Seluruh data yang terdapat pada kamera, entah itu pengaturan kamera maupun yang lainnya akan tersimpan dalam file cache.

Maka dari itulah, saking banyaknya file cache yang tersimpan dapat menyebabkan gangguan pada kamera. Seperti halnya kamera HP menjadi terbalik.

Jangan khawatir, anda bisa mengatasinya dengan menghapus data pengaturan tersebut. Tak perlu kita berlama-lama lagi, berikut ini adalah langkah yang bisa anda lakukan.

  1. Langkah pertama, silahkan anda buka menu “Setelan” pada HP Android tersebut
  2. Setelah itu, carilah menu “Aplikasi”
  3. Kemudian, anda mencari aplikasi “Kamera”
  4. Langkah berikutnya adalah dengan pilih “Hapus Data”
  5. Silahkan tunggu proses hingga selesai

Saat proses ini selesai, anda bisa mencoba untuk mengambil gambar menggunakan kamera tersebut. Cek dan pastikan apakah kamera sudah kembali secara normal atau belum.

Bila kamera sudah seperti semula, itu artinya mengatasi kamera HP terbalik yang anda lakukan pun berhasil. Dari ketiga cara tersebut, anda dapat memilih cara yang mana saja sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. (R10/HR-Online)

Baca Juga : Kalender HP Xiaomi Tidak Bisa Dibuka, Simak Cara Memperbaikinya!