Merawat Sepatu Putih, Sesuaikan dengan Bahan yang Digunakan

Merawat Sepatu Putih, Sesuaikan dengan Bahan yang Digunakan
Ilustrasi Merawat sepatu putih. Foto: Ist/net

Merawat sepatu putih nyatanya tidak sesulit yang anda bayangkan. Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk membersihkan dan merawat sepatu warna putih.

Padahal sepatu dengan warna putih cukup menarik dan bisa berpadu warna busana apapun. Sebagian besar orang masih takut mengenakan alas kaki warna putih karena mungkin mudah kotor.

Sebab, jika terdapat debu atau kotoran, warna ini akan mudah mencolok terlihat. Namun, alas kaki berwarna putih justru mampu memberikan tampilan semakin fashionable.

Sepatu menjadi aksesoris penting yang hampir semua orang memilikinya. Kebutuhan akan alas kaki yang satu ini cukup banyak dan beragam.

Anda bisa memilih berbagai jenis sepatu dan sesuaikan dengan kebutuhan. Bahkan karena alasan banyaknya jenis sepatu, membuat sebagian besar orang membelinya untuk barang koleksi.

Baca juga: Sepatu Pijak Bumi, Berbahan Dasar yang Ramah Lingkungan

Ketika anda sudah memilikinya, merawat sepatu putih perlu dilakukan. Caranya cukup mudah, sehingga anda tidak perlu takut memilikinya.

Pilih berbagai jenis sepatu putih dengan beragam desain dan model yang berbeda. Gunakan cara mencuci alas kaki berwarna putih sesuai dengan materialnya.

Cara Merawat Sepatu Putih yang Sesuai

Sepatu warna putih menjadi salah satu item fashion yang bisa berpadu dengan outfit apapun. Ada banyak jenis sepatu warna putih yang bisa sesuai dengan bahan dan fungsinya.

Sayangnya, sebagian besar orang memberikan perawatan yang sama pada jenis alas kaki. Padahal cara merawatnya berbeda dan bisa anda sesuaikan dengan jenis bahan pembuatan.

Perawatan yang salah akan membuat sepatu mudah rusak. Berikut ini ada beberapa cara mencuci sepatu warna putih sesuai dengan jenis bahannya.

Jika merawat sepatu putih dengan tepat, maka akan lebih awet dan pastinya tahan lama. Sehingga alas kaki masih bisa terpakai meski sudah lama anda miliki.

1. Perawatan Sepatu Kanvas

Salah satu jenis sepatu warna putih yang cukup memiliki penggemar yaitu bahan kanvas. Bahan kanvas memiliki desain trendy dan fashionable.

Sayangnya, jenis bahan yang satu ini mudah kotor, bahkan berubah warna. Cara membersihkan sepatu kanvas cukup mudah, anda hanya butuh siapkan cuka, baking soda, dan air hangat.

Baca juga: Sepatu Hiking Wanita, Pilih yang Nyaman Berbahan Kulit Sintetis

Campur ketiga bahan dan gosokkan secara merata. Berbeda jika kotoran yang menempel begitu membandel, anda bisa gunakan air dingin. Air dingin mampu mencegah noda meresap pada bahan. Selanjutnya bilas dan jemur dibawah sinar matahari.

2. Merawat Bahan Suede Putih

Bahan suede lebih cepat menyerap air dan noda yang tertinggal sehingga mudah terlihat. Oleh sebab itu, perawatan sepatu putih bahan suede tidak bisa sembarangan.

Berbeda dengan bahan kanvas suede yang lembut, tidak bisa terkena air. Anda bisa menggunakan penghapus pensil, cuka, dan kain katun.

Jika nodanya tidak terlalu parah, anda bisa kuas secara searah. Namun, ketika kotoran cukup membandel, anda bisa gunakan handuk atau kain katun. Selanjutnya baru bersihkan dengan kuas khusus. Anda juga bisa gunakan penghapus pensil dan cuka.

3. Membersihkan Sepatu Putih Bahan Kulit

Cara lain juga harus anda terapkan pada sepatu bahan kulit. Alas kaki bahan kulit menjadi item fashion yang cukup populer. Meski bahannya terlihat kokoh, namun perawatannya cukup sulit.

Anda bisa gunakan sabun, handuk kering, atau kain katun. Jika alas kaki terlihat kotor, tambahkan sedikit sabun khusus untuk merawat sepatu putih bahan kulit.

Gosok perlahan. Jika sudah benar-benar bersih, barulah anda lap dengan kain bersih dan kering. Keringkan sepatu pada tempat yang tidak terpapar matahari secara langsung.

Hindari Sepatu dari Sinar Matahari Langsung

Sepatu warna putih bahan apa saja sebaiknya hindari dengan paparan sinar matahari secara langsung. Membersihkan sepatu bertujuan agar warnanya tidak pudar.

Baca juga: Sepatu Kulit Berjamur, Hilangkan dengan Cara Mudah dan Tepat

Dengan anda menghindarkan sepatu dari sinar matahari langsung, mampu membuat sepatu lebih awet. Jika terkena sinar matahari secara langsung, warnanya akan berubah menjadi kecoklatan.

Sebaiknya simpan sepatu pada tempat yang sejuk dan gelap untuk menjaga warna aslinya. Merawat sepatu memang ada yang mudah dan tidak.

Semua tergantung dari jenis bahan alas kaki itu sendiri. Lakukan cara merawat sepatu putih dengan tepat agar bisa membuatnya tetap awet dan warnanya tidak berubah. (R10/HR-Online)

Editor: Eva Latifah