Mode Penyamaran Android, Fungsi dan Cara Mengaktifkannya

Mode Penyamaran Android
Ilustrasi Mode Penyamaran Android,.Foto: Istimewa

Tak heran jika sebagian besar pengguna ponsel saat ini lebih memilih menggunakan mode penyamaran Android. Fitur yang satu ini merupakan fitur yang sangat penting untuk kita gunakan.

Terutama untuk menjaga privasi kita sebagai pemilik sekaligus pengguna ponsel tersebut. Tentu saja tidak ada keinginan jika privasi kita terusik karena orang lain.

Demi penggunaan ponsel yang aman dan tidak ada gangguan dari pihak luar, maka anda dapat menggunakan fitur ini sebagai pilihan tepatnya. Sehingga, penggunaan ponsel anda akan lebih leluasa dan maksimal.

Apa Itu Mode Penyamaran Android?

Mode penyamaran ini sering kita sebut juga sebagai Incognito Mode. Fungsi utama dari mode ini akan terlihat ketika anda menggunakannya untuk mengakses internet.

Dengan menggunakan mode ini, maka tidak ada penyimpanan riwayat penelusuran atau history, data situs, cookies, dan juga informasi yang tersimpan dalam form.

Baca Juga : Fungsi HDR pada Kamera HP dan Waktu yang Terbaik Menggunakannya

Untuk penjelasan lebih mudahnya, Incognito Mode ini dapat mengizinkan anda untuk mengakses situs web sebagai anonim. Browser yang mempunyai mode penyamaran ini salah satunya yaitu Google Chrome.

Tentu saja, anda dapat menggunakannya dengan sangat mudah pada HP Android. Dengan menggunakan mode penyamaran Android yang terdapat pada Google Chrome ini, maka riwayat penelusuran anda tidak akan tersimpan.

Dengan demikian, anda akan lebih mudah dalam menjaga privasi, mendapatkan keamanan, dan kenyamanan. Pengalaman berselancar di internet semakin lebih baik.

Manfaat Bagi Pengguna

Tentu saja kehadiran dari fitur ini memberikan segudang manfaat bagi kita. Dengan adanya manfaat inilah semakin memberikan keyakinan untuk menggunakannya.

Mau tahu apa saja manfaat yang bisa anda dapatkan? Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya untuk anda.

Dapat Menjaga Keamanan Akun

Salah satu manfaat dari mode penyamaran Android yang bisa kita dapatkan dari Google Chrome ini adalah dapat menjaga keamanan akun. Seperti yang kita ketahui, ketika login serta memasukkan username email dan juga password, Google Chrome akan menyimpan.

Google Chrome akan menyimpan informasi username dan password tersebut untuk memberikan kemudahan bagi kita ketika proses login kembali.

Baca Juga : Mengaktifkan Fitur NFC, Berikut Ini Cara Mudahnya!

Akan tetapi, hanya dengan menggunakan mode penyamaran ini, browser tidak akan melakukan penyimpanan data ketika anda login. Oleh karena itulah, mode penyamaran ini mempunyai manfaat guna menjaga keamanan penggunanya.

Terutama ketika mengakses internet maupun login ke akun media sosial yang lainnya. Dengan adanya jaminan keamanan seperti ini, sudah pasti kita tak perlu khawatir lagi.

Dapat Terbebas dari Iklan yang Mengganggu

Mode penyamaran Android ini juga dapat membuat kita terbebas dari adanya iklan yang mengganggu. Selain dapat melalui pemasangan ad blocker guna menghindari gangguan iklan ketika browsing, ada juga cara lain yang tak kalah efektif.

Salah satunya adalah dengan menggunakan dan memanfaatkan mode penyamaran ini. Ketika anda memanfaatkan mode penyamaran tersebut, maka data dan juga kebiasaan anda ketika mengakses internet tidak akan terekam.

Dengan demikian, akan mengurangi iklan-iklan yang muncul. Meskipun tidak semua iklan bisa ditiadakan. Akan tetapi dengan mode penyamaran ini, setidaknya anda dapat menghapus rekaman jejak data maupun kebiasaan anda. Sehingga, tidak akan mengganggu aktivitas browsing yang anda lakukan.

Cara Mengaktifkan Mode Penyamaran Android

Setelah kita sudah mengetahui apa saja manfaat yang bisa kita dapatkan dengan fitur satu ini, menggunakannya menjadi pilihan terbaik. Jangan khawatir bagi anda yang belum mengetahui cara mengaktifkannya.

Pasalnya, berikut ini akan kami sampaikan langkah-langkah yang harus anda lakukan untuk mengaktifkannya. Simak dan silahkan pahami dengan baik!

  1. Langkah pertama, silahkan menyalakan HP Android anda
  2. Setelah itu, buka Google Chrome
  3. Kemudian “Tab Lainnya” (terdapat tiga titik pada bagian kanan atas Google Chrome)
  4. Langkah selanjutnya, pilihlah Tab Penyamaran Baru”
  5. Langkah anda pun sudah selesai dan dapat secara langsung untuk menggunakannya

Bagaimana menurut anda? Cara yang mudah dan sangat simpel bukan? Maka dari itulah, tidak ada lagi alasan tidak menggunakan mode ini karena ketidakpahaman mengaktifkannya.

Itulah tadi sekilas tentang mode penyamaran Android yang kami sampaikan. Mulai dari fungsi hingga langkah untuk mengaktifkannya yang dapat anda gunakan secara mudah dan cepat. (R10/HR-Online)

Baca Juga : Senter HP Tidak Menyala, Gunakan Cara Ini untuk Mengatasinya!