Model Tangga Besi Minimalis dengan Tampilan Elegan dan Kekinian

Model Tangga Besi Minimalis dengan Tampilan Elegan dan Kekinian
Model Tangga Besi. Foto Istimewa.

Penggunaan model tangga besi dapat mempengaruhi gaya rumah secara keseluruhan. Baik tangga besi dalam rumah maupun luar rumah. Desain tangga juga sangat penting untuk memudahkan mobilitas.

Bahkan terkadang banyak yang menggunakan tangga sebagai dekorasi, orientasi untuk arsitektur, dan ruang interior. Sebab, selain fungsionalis, tangga juga bisa menjadi elemen dekorasi yang unik.

Baca Juga: Ruang Bawah Tangga, Jadikan Tempat Fungsional di Dalam Rumah

Untuk itu, pemilih model tangga perlu pertimbangan yang matang. Terlebih lagi, saat ini telah banyak tangga yang bervariasi, mulai dari desain hingga material pembuatnya.

Inspirasi Model Tangga Besi

Tangga menjadi elemen utama yang ada pada hampir setiap rumah ataupun bangunan lain. Memegang peranan penting sebagai media untuk membantu kita berpindah lantai. Materialnya pun bermacam-macam, mulai dari kayu, semen, kaca, hingga besi.

Kini tangga besi semakin banyak peminatnya. Selain kuat, bentuknya pun ramping dan elegan. Sehingga akan semakin menambah nilai estetik sebuah hunian. Mencari tangga besi yang tepat untuk hunian anda cukup mudah, berikut beberapa pilihannya.

Tangga Besi Gantung

Rumah dengan arsitektur minimalis yang terdiri dari dua lantai, mungkin kerap anda temukan. Dengan model rumah seperti ini, anda harus pintar-pintar memanfaatkan ruang yang ada. Menggunakan model tangga besi dengan bentuk menggantung pada tali ini bisa menjadi pilihan.

Karena modelnya yang menggantung, anda bisa memanfaatkan space kosong bawahnya. Anda bisa menggunakannya sebagai tempat penyimpanan atau membangun sebuah dapur minimalis.

Tangga Besi dengan Kombinasi Kayu

Umumnya tangga besi akan menciptakan nuansa sejuk pada interior rumah. Namun bila anda ingin menambahkan kesan yang lebih hangat, maka bisa dengan memadukan material besi dan kayu sekaligus.

Baca Juga: Arsitektur Ruang Tamu Menawan yang Patut untuk Anda Coba

Contohnya, anda bisa menggunakan model tangga besi spiral dengan bagian pengaman serta pegangan berbahan besi. Namun dengan anak kayu menggunakan material kayu berwarna coklat tua.

Tangga Besi Ringan yang Kuat

Ide tangga besi ini sangat cocok untuk anda aplikasikan pada rumah minimalis. Sekilas mungkin terlihat ringan dengan penggunaan papan besi yang berlubang. Namun tangga besi ini sangat kuat untuk menahan beban yang berat sekalipun.

Dengan warna hitam elegan mampu menciptakan kesan minimalis sekaligus maskulin. Memadukan pegangan tangga dengan kaca juga bisa memberikan tampilan yang lebih modern.

Desain tangga besi ini juga menyisakan ruang pada bagian bawahnya. Sehingga dapat anda manfaatkan sebagai tempat meletakkan furnitur ataupun penyimpanan barang.

Tangga Besi Zig-zag

Model tangga besi putar yang lembut dengan kombinasi rangka baja kuat dan menampilkan veneer kaca internal. Menjadi sebuah kombinasi interior yang menarik dari ruangan rumah anda. Tangga besi ini cocok untuk gaya industri dan mudah beradaptasi dengan banyak tren desain interior modern.

Tangga Besi Putih

Jika anda menginginkan tangga besi minimalis dengan cat putih yang cantik, maka anda bisa memilih tangga besi yang satu ini. Desainnya terlihat modern dan canggih, namun tetap aman serta sangat cocok untuk semua jenis perumahan. Warnanya yang putih natural mampu memberikan kesan elegan pada hunian anda.

Tangga Besi Spiral Luar Ruangan

Jenis tangga besi spiral ini umumnya dapat anda manfaatkan untuk berpindah tempat menuju loteng ataupun bagian atas rumah lainnya. Bentuknya yang tidak membutuhkan banyak ruang pada void rumah menjadi sebuah daya tarik tersendiri. Tangga besi ini akan cocok jika anda tempatkan pada luar rumah, sebab material besinya yang tahan terhadap pergantian cuaca.

Tangga Besi Mungil Menuju Loteng

Berukuran kecil dengan bentuk yang sederhana dapat berfungsi untuk mengarahkan penggunanya menuju area loteng. Terbuat dari besi dengan tambahan pegangan yang terletak pada bagian tembok. Sehingga model tangga besi ini menciptakan kesan interior ruang yang lebih luas.

Pada besi-besinya berwarna hitam yang tampak serasi dengan konsep interior. Namun tangga ini cocok untuk rumah dengan anggota keluarga yang berusia dewasa. Jika anda masih memiliki anak kecil, lebih baik menghindari penggunaan tangga besi ini karena rawan kecelakaan.

Tangga Besi Langkah Baja

Merupakan pola tangga yang sangat cocok untuk rumah dengan gaya industrial trends. Bentuknya yang mengesankan mampu berikan nuansa unik pada hunian anda. Namun model tangga tanpa pegangan ini kurang aman untuk rumah dengan anak kecil.

Itulah beberapa model tangga besi dengan desain modern dan elegan, yang mana dapat anda jadikan inspirasi untuk hunian. Ketika memilih tangga apa yang cocok, sebaiknya anda mempertimbangkan keamanannya juga. Agar tidak membahayakan anda dan anggota keluarga. (R10/HR-Online)