Muspika Cipaku Gencar Razia Masker ke Pelosok Desa di Ciamis

Muspika Kecamatan Cipaku Gencar Razia Masker ke Pelosok Desa di Ciamis
Muspika Kecamatan Cipaku Gencar Razia Masker ke Pelosok Desa di Ciamis. Foto: Edji/HR

Berita Ciamis (Harapanrakyat.com),- Muspika Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat,gencar melakukan razia masker ke pelosok desa. Upaya ini dalam memantau dan mendisiplinkan masyarakat agar selalu mematuhi protokol kesehatan.

Camat Cipaku, Yayan MS, menuturkan setelah terbentuknya Satgas Covid-19 tingkat kecamatan dan desa, terus mobile ke desa-desa dalam upaya pencegahan penyebaran virus corona. Masyarakat harus terus mematuhi protokol kesehatan 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

Masyarakat yang kedapatan tidak memakai masker, petugas Muspika Kecamatan Cipaku langsung memberikan sanksi sosial. Seperti membersihkan tempat umum dan push up.

“Tujuan sanksi sosial ini seperti bersih-bersih sarana umum, push up dan lainnya supaya mereka ingat untuk pakai masker, ada efek jera agar menaati protokol kesehatan,” ujar Yayan.

Yayan mengatakan, alasan pentingnya memakai masker agar tidak terjadi penularan atau tertular oleh virus corona.  “Memakai masker dapat menjadi salah satu cara terbaik agar kita tidak mudah tertular atau menularkan penyakit,” katanya.

Masyarakat harus menggunakan masker dengan baik dan benar. Muspika Kecamatan Cipaku menggelar razia masker ke pelosok desa dari satu desa ke desa lainnya. Imbauan tentang protokol kesehatan 3M tersebut harus benar-benar tersosialisasikan kepada seluruh masyarakat. Pasalnya, saat ini angka kasus Covid-19 Ciamis terus mengalami peningkatan.

“Untuk hari kamis, Razia masker di wilayah Desa Bangbayang. Alhamdulilah tingkat kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan sudah baik. Hal tersebut terlihat  dari 38 orang yang kena razia, hanya 7 orang masyarakat desa Bangbayang yang tidak memakai masker,” tegasnya. (Edji/R9/HR-Online)

Editor : Dadang