Nikon Indonesia Tutup, Ada Apa?

Nikon Indonesia
Postingan IG Nikon Indonesia. Foto: Screenshoot IG

Nikon Indonesia menyatakan berhenti beroperasi sejak 22 Oktober 2020. Nikon sebagai salah brand kamera ternama bakal tetap berjalan melalui marketing dan service PT Alta Nikindo.

Pernyataan tersebut terlihat dalam sebuah postingan Instagram @nikonindonesia pada 21 Oktober kemarin.

Setelah hampir delapan tahun berjalan melalui perusahaan tersebut, pelayanan maupun service kabarnya masih berjalan sebagaimana biasanya.

Sementara itu, kegiatan sales, servis maupun pemasaran akan terintegrasikan semua ke PT Alta yang menjadi ditsributor resmi Nikon.

Dalam postingan tersebut juga menyebut ucapan terima kasih kepada pengguna yang telah mempercayai brand kamera ini sebagai salah satu produk fotografi.

Baca juga: Nikon D6 2020, Kamera DSLR Kelas Profesional Terbaru

Nikon Indonesia

Meski tidak menyebutkan alasan penutupan dan pangalihan ke PT Alta, namun para brand ambasador dari Nikon juga mengungkapkan kesedihan dan kenangan manis selama mereka bergabung.

Martha Suherman misalnya, salah satu fotografer wanita yang selalu memberikan berbagai informasi seputar fotografi melalui akun media sosialnya juga turut menyampaikan pamit.

Melalui unggahannya dalam IG-nya pada Rabu (21/10/2020) kemarin ini, ia mengunggah foto bersama 18 rekan brand ambasador, seperti Rio Motret, Sukiminthio, Ading Attamimi dan lainnya.

Saking banyaknya direct message (DM) yang masuk mempertanyakan perihal pamitnya Nikon Indonesia, ia pun mengaku kewalahan membalas para penggemarnya.

Hingga akhirnya ia langsung membuat postingan video berdurasi 1.38 jam untuk menjawab kegelisahan para pengguna.

Dalam video tersebut, Martha menyebutkan bergabung selama 5 tahun ini dengan official photografer sudah menyatakan mengundurkan diri.

Ia mengungkapkan penjualan Nikon akan tetap berjalan seperti biasanya, namun hanya saja berbeda perusahaan.

Sehingga pengguna tidak perlu khawatir, apalagi bagi para pecinta fotografi yang menggunakan brand asal Jepang itu.

Martha menambahkan, pengguna masih bisa mendapatkan pelayanan berkaitan dengan kamera tersebut melalui PT Alta Nikindo, meski Nikon Indonesia sudah tutup.

Baca juga: Spesifikasi Nikon Z50, Kamera dengan Sensor APS-C

Sementara itu, Rio Motret salah satu fotografer profesional yang bergabung sejak 4 tahun lalu ini juga mengungkapkan kesedihannya.

Ia mengaku setelah bergabung beberapa tahun silam ini seperti memiliki keluarga baru untuk saling berbagi dalam dunia kamera.

Meksipun Nikon Indonesia tutup, ia menyebut tetap berkontribusi dan berkarya pada bidang fotografi maupun videografi. (R9/HR-Online)

Editor: Muhafid