Nissan Z Nextgen Akan Memiliki Konsep Identik Dengan Z Proto

Nissan Z Nextgen akan Memiliki Konsep Identik dengan Z Proto
Ilustrasi. Nissan Z Nextgen. Foto: Istimewa

Nissan Z Nextgen kabarnya akan memiliki konsep yang identik dengan keluaran sebelumnya. Yang berarti Z Nextgen ini konsepnya akan mirip dengan Z Proto.

Z Proto sendiri telah bulan September lalu dan mendapat antusiasme yang tinggi. Oleh karena itulah, konsepnya akan menjadi gambaran dari Nissan Z generasi selanjutnya.

Baca Juga : Hyundai Xcient FCEV, Truk Bertenaga Hidrogen Pertama di Dunia

Berdasarkan Japan’s Best Car, Nissan telah memperlihatkan Z Proto pada car meet akhir pekan lalu. Terdapat beberapa pejabat penting yang menghadiri acara car meet tersebut.

Salah satunya adalah Hiroshi Tamura yang secara afektif mengenalnya sebagai Mr. GT-R. Menurut laporan, selama acara tersebut kepala spesialis produk mengatakan bahwa produksi Z akan keluar dalam bentuk ini (Z proto).

Konsep Nissan Z Nextgen

Sama seperti penjelasan sebelumnya bahwa Z Proto akan menjadi gambaran Z generasi selanjutnya. Yang mana itu menunjukkan model road-going identik dengan Z Proto atau akan ada perubahan sedikit.

Pernyataan ini mungkin sepertinya logis, tetapi juru bicara Nissan lebih berhati-hati saat mereka mengatakan pada The Drive. Ia mengatakan terlalu terburu-buru untuk bisa mengatakan bahwa desain sudah terselesaikan pada saat ini.

Sebenarnya dalam pembuatan Nissan Z Nextgen bisa ada beberapa hal yang dapat berubah. Sementara Z Proto mendapat apresiasi dengan baik berkat desainnya yang terinspirasi dari retro.

Selain itu, ini juga merupakan petunjuk dari Z asli serta 300ZX. Unsur yang paling menjadi kontroversial, yaitu tempat masuk udara memiliki bentuk persegi panjang. Dengan harapan, semoga memberi jalan untuk sesuatu yang lebih menarik lagi.

Peluncuran Model Produksi Z Nextgen

Mengenai peluncuran, Nissan sendiri belum mengatakan kapan model produksinya akan mereka luncurkan. Hal itu tentu akan membuat penasaran penggemarnya, bagaimanakah peningkatan yang akan tersematkan.

Karena mesin pada Nissan Z Nextgen belum ada informasi, kita bisa melihat dari generasi sebelumnya. Pada Nissan Z Proto menampilkan mesin V6 twin turbo dan menggunakan transmisi manual enam percepatan.

Sehingga dengan kata lain, harus memiliki output sekitar 400 hp (298 kW/406 PS). Selain itu, juga harus memiliki torsi 350 lb-ft (474 Nm).

Baca Juga : BMW X2 M Mesh dengan Interior dan Fitur yang Semakin Eksklusif

Jadi, itu akan menjadi sebuah peningkatan yang terbilang cukup besar. Melihat dari mesin 370Z yang mempunyai 332 hp (248 kW / 337 PS). Selain itu, juga dengan torsi 270 lb-ft (366 Nm).

Menurut laporan Tamura berikutnya, sepertinya model itu masih akan bisa terjangkau. Sehingga dengan kata lain, mobil Z Nextgen akan mempunyai harga yang masih bisa konsumen beli.

Melihat Nissan Z Proto

Mungkin kita bisa melihat konsep dari mobil ini untuk melihat bagaimana gambaran dari Nissan Z Nextgen. Walaupun nantinya tentu akan ada peningkatan, penjelasan ini mungkin memberi sedikit gambaran.

Yokohama adalah tempat debut Nissan Z Proto dengan menggunakan layar lebar. Ratusan pemilik dan penggemar Z menyaksikannya dari dalam kendaraan mereka, mengingat masih dengan suasana pandemi.

Mengenai interior, kabin Z Proto memadukan teknologi modern dengan sentuhan vintage Z secara mulus. Walaupun dari luarnya tampak retro, interiornya memiliki kesan yang modern.

Bahkan tim desain interior minta saran dari legenda sport motor profesional. Tujuannya agar Nissan Z Proto mempunyai kabin sport yang ideal, baik pada jalan raya maupun lintasan.

Informasi penting terdapat pada layar digital 12,3 inci dan mungkin saja fitur tersebut juga akan ada pada Nissan Z Nextgen. Roda kemudi baru yang dalam memberikan kontrol akses cepat kepada pengendara tanpa estetika vintage-nya hilang.

Desain eksterior menggunakan konsep yang menggabungkan elemen generasi sebelumnya sekaligus memproyeksikan futurisme. Bentuk kap mesin dan canted, lampu depan LED berbentuk tetesan air yang mengingatkan kepada Z asli.

Dimensi kisi-kisi persegi panjang serupa dengan model sekarang ini, meskipun sirip gril mirip dengan model masa lalu. Konsep bentuknya terus pancarkan kesan sporty nan elegan.

Bagian belakang ambil inspirasi dari lampu belakangnya 300ZX, yang mendapat tafsiran ulang untuk dunia modern. Lampu belakang LED memberikan kilau yang tajam dan knalpot ganda melengkapi kehadiran Z Proto.

Nah, tentunya sekarang ada sedikit gambaran bagaimanakah konsep dari Nissan Z Nextgen. Pastinya para penggemar Nissan Z semakin tidak sabar menunggu peluncuran mobil ini. (R10/HR-Online)

Baca Juga : Isuzu Mu-X 2020, Perjalanan Aman dengan Pembaruan Fitur Keamanan