Noken As Mobil Memiliki Fungsi yang Penting Bagi Kendaraan

Noken As Mobil Memiliki Fungsi yang Penting Bagi Kendaraan
Ilustrasi noken as mobil. Foto: istimewa

Noken as mobil atau biasa disebut dengan camshaft merupakan komponen terpenting pada kendaraan. Komponen ini memiliki cara kerja sendiri yang membawa pengaruh besar pada kendaraan.

Pada kendaraan lama, konvensional, atau EFI, komponen ini memiliki peran utama pada kinerja mesin. Mobil adalah salah satu alat transportasi yang cukup populer saat ini .

Baca Juga : Fungsi Rotasi Ban Mobil, Agar Keempat Roda Aus Secara Merata

Kendaraan pribadi jenis yang satu ini banyak membantu sebagian orang untuk beraktivitas. Mobil memiliki komponen yang banyak dengan fungsi kerja masing-masing.

Begitu juga dengan camshaft yang memiliki peranan cukup vital pada kendaraan. Komponen ini berbentuk poros yang bekerja menggerakkan rocket arm.

Sehingga keberadaannya pada komponen mesin cukup berpengaruh. Untuk bagian mekanisme penggerak, noken as memiliki jenis yang berbeda-beda.

Pada kendaraan roda dua pada umumnya menggunakan Timing Chain (rantai sentrik). Sedangkan pada kendaraan roda empat menggunakan Timing Chain, Timing Belt, dan Timing Gear.

Sistem penggerak tersebut memiliki rancangan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Pada umumnya, jenis mobil pribadi lebih sering menggunakan Timing Chain atau Timing Belt.

Keduanya menjadi pilihan karena suara kebisingan yang terjadi cukup rendah. Selain itu, perawatannya pun tidak sulit.

Hal ini yang perlu pertimbangan dari pemilik kendaraan, sebab sistem kenyamanan cukup baik untuk pengemudi. Noken as mobil pada truck atau kendaraan yang membutuhkan tenaga tinggi menggunakan Timing Gear.

Hanya saja, menggunakan sistem tersebut, kendaraan mengeluarkan suara yang cukup bising dan mengganggu kenyamanan. Namun ada beberapa mobil yang menggunakan sistem tersebut dengan pertimbangan yang matang.

Fungsi Noken As Mobil

Noken as yang memiliki fungsi vital ini berada pada posisi head cyclinder (kepala silinder). Namun, pada tipe Over Head Velve, komponen ini terletak pada blok silinder.

Noken as memiliki bentuk seperti tabung atau poros yang menggerakkan rocker arm. Komponen ini terbuat dari baja tuang khusus.

Tujuannya yaitu agar dapat menekan rocker arm dengan kuatt. Selain itu, poros tersebut akan berputar mengatasi momen puntir yang terjadi.

Pada mesin, noken as terdiri dari beberapa macam tergantung dari kebutuhan kendaraan itu sendiri. Bagi sebagian besar orang, pasti kurang faham akan komponen pada kendaraan ini.

Komponen pada kendaraan ini cukup penting dan anda perlu tahu. Berikut ini ada beberapa fungsi penting dari noken as mobil, antara lain:

1. Membuka dan Menutup Katup (Velve)

Fungsi noken as yang pertama yaitu untuk membuka dan menutup katup sesuai firing order atau urutan pengapian. Hal ini agar kebutuhan pembukaan sesuai dengan silinder.

Jika silinder satu langkah buang, maka komponen ini akan mendorong katup buang agar bisa membuka. Desainnya sendiri bisa sesuai dengan firing order atau urutan pengapian mesin.

Oleh karena itu, posisi komponen ini pun berbeda-beda tergantung dari kebutuhan mesin. Jika camlobe bertemu dengan rocer arm, maka keduanya akan mengalahkan pegas katup agar membuka.

Namun, ketika tonjolan mulai hilang, keduanya akan kembali pada posisi awal. Pegas akan menutup kembali.

2. Memutar Poros Distributor

Fungsi noken as mobil selanjutnya yaitu untuk memutar poros distributor pengapian. Mekanisme ini terjadi pada kendaraan konvensional yang masih menggunakan distributor pengapian.

Baca Juga : Wiper Kaca Mobil, Berfungsi Mengusap Noda dan Air Hujan

Komponen ini terhubung dengan distributor melalui drive gear. Ada beberapa tipe yang menggunakan slot joint untuk menghubungkan keduanya.

3. Untuk Memutar Fuel Pump

Fungsi berikutnya yaitu untuk menggerakkan fuel pump atau pompa bahan bakar agar bekerja. Tipe yang satu hanya bisa anda temukan pada beberapa tipe kendaraan lama.

Noken as akan melepas pompa bahan bakar. Sehingga pompa bahan bakar tertekan dan mengalir ke sistem pelampung. Sementara pada kendaraan terbaru menggunakan pompa elektrik.

4. Tempat Sensor Posisi Cam

Fungsi noken as mobil berikutnya yaitu untuk tempat sensor posisi cam. Sistem sensor bisa anda temukan pada kendaraan terbaru.

Sebab sudah menggunakan engine management untuk mengetahui kondisi kerja mesin dengan sensor tersebut. Hal ini bertujuan agar kinerja mesin sesuai kondisi sebenarnya.

Beberapa komponen kendaraan memiliki fungsinya masing-masing. Seperti halnya noken as mobil yang memiliki fungsi utama membuka dan menutup katup sesuai firing order. (R10/HR-Online)

Baca Juga : Penyebab Rem Depan Mobil Macet, Akibat Tidak Adanya Perawatan Rutin