Obat Alami Penyakit Liver Bisa Bantu Tingkatkan Kesehatan Hati

Obat alami penyakit liver bisa membantu meningkatkan kesehatan hati. Foto: Ilustrasi/Net.
Obat alami penyakit liver bisa membantu meningkatkan kesehatan hati. Foto: Ilustrasi/Net.

Obat alami penyakit liver bisa membantu meningkatkan kesehatan hati. Liver atau hati merupakan organ yang bertanggung jawab membersihkan racun dari dalam tubuh. Sehingga, kesehatannya harus benar-benar terjaga.

Sejumlah penelitian menyarankan pengobatan secara alami atau tradisional untuk penyakit liver. Bahkan, beberapa penelitian menunjukkan kalau obat alami tertentu bisa membantu memerangi gangguan pada hati.

Gangguan pada hati itu seperti sirosis, yaitu jaringan parut hati. Atau terjadinya infeksi seperti halnya hepatitis B maupun hepatitis C. Vitus tersebut menjadi penyebab munculnya masalah peradangan pada liver.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa bahan alami yang bermanfaat sebagai obat tradisional untuk penyakit liver, dan meningkatkan kesehatan hati.

7 Obat Alami Penyakit Liver

Baca Juga : Pilihan Obat Kista Tradisional Terbaik Tanpa Perlu Operasi

Teh Hijau

Teh hijau bisa menjadi obat alami untuk membantu mengatasi penyakit liver. Menurut penelitian Penn State, kombinasi dari ekstrak teh hijau, serta olahraga dapat mengurangi tingkat keparahan penyakit liver berlemak.

Tingkat keparahan itu yang berkaitan dengan obesitas hingga 75 persen pada seekor tikus. Setelah sebelumnya para peneliti memberikan diet tinggi lemak pada tikus.

Baru-baru ini penelitian tersebut menunjukkan strategi dalam menjaga kesehatan yang potensial bagi orang-orang. Dalam studi ini melakukan diet tinggi lemak dengan durasi waktu hingga 16 minggu.

Selain itu, mengonsumsi ekstrak teh hijau dan berolahraga secara teratur terbukti memiliki sekitar 1/4 dari simpanan lemak yang ada dalam hati mereka. Sedangkan, yang terlihat pada hati tikus mencapai 75 persen.

Tikus yang hanya mendapat pengobatan ekstrak teh hijau, atau berolahraga sendiri saja punya sekitar 1/2 lebih banyak lemak dalam hatinya sebagai kelompok kontrol.

Perlu lebih banyak lagi penelitian untuk bisa melihat apakah ada sinergi yang tercipta oleh ekstrak teh hijau. Dan juga olahraga yang bekerja bersama guna mengurangi lemak dalam hati.

Namun, teh hijau memang telah terbukti bermanfaat untuk kesehatan tubuh serta mengurangi berbagai gejala jenis penyakit.

Kunyit

Kunyit juga bisa menjadi obat alami penyakit liver. Pada penelitian sebelumnya menunjukkan kalau kunyit bermanfaat untuk pengobatan penyakit hepatitis B dan C.

Dalam sebuah penelitian tahun 2009 mengenai sel-sel hati, para ilmuwan menemukan manfaat ekstrak kunyit. Penelitian tersebut mengungkap bahwa ternyata ekstrak kunyit dapat membantu menghentikan jalannya replikasi virus hepatitis B.

Sedangkan, sebuah studi tabung pada 2010 menunjukkan bahwa ekstrak kunyit bisa membantu menekan terjadinya replikasi virus hepatitis C.

Baca Juga : Obat Bisul Tradisional Alami yang Ampuh untuk Mencegah Infeksi

Milk Thistle (Silybum Marianum)

Obat alami penyakit liver berikutnya adalah milk thistle yang memiliki manfaat bagi orang dengan kondisi sirosis hati. Hal itu berdasarkan hasil sebuah penelitian pada tahun 2001.

Penelitian tersebut melakukan analisis lima uji klinis dengan pasien sirosis total 602 orang. Para peneliti kemudian menentukan bahwa untuk pengobatan dengan menggunakan milk thistle bisa menurunkan penyakit liver secara signifikan.

Kemudian, sebuah ulasan penelitian tahun 2005, para ilmuwan melihat sejumlah uji klinis yang mengujinya penggunaan milk thistle pada pengobatan hepatitis B dan hepatitis C.

Meski penulisnya review tidak menemukan adanya bukti kalau milk thistle bisa membantu membersihkan segala jenis virus hepatitis dari dalam tubuh.

Tetapi, beberapa penelitian menunjukkan kalau milk thistle ini dapat membantu membatasi peradangan yang berkaitan dengan hepatitis C. Serta melindungi dari rusaknya sel-sel hati.

Burdock (Gobo)

Obat alami penyakit liver berikutnya adalah tanaman burdock atau gobo. Tanaman tersebut sering dipakai sebagai detoksifikasi alami.

Menurut sebuah penelitian terhadap hewan pada 2000, tanaman ini bisa membantu mencegah rusaknya sel-sel hati akibat acetaminophen.

Hasil tes pada tikus, para ilmuwan pun menemukan antioksidan dalam burdock bisa mengurangi efek berbahaya dari zat beracun. Yang mana zat beracun itu terbentuk oleh metabolisme acetaminophen. Yakni obat untuk menghilangkan rasa nyeri.

Selain itu, penelitian yang sama-sama berbasis hewan lainnya juga menunjukkan kalau burdock juga bisa membantu melindungi kesehatan hati dari kerusakan akibat konsumsi alkohol.

Baca Juga : Manjur, Ini Cara Mengobat Ambeien Secara Tradisional

Temulawak

Kandungan curcumin dalam rimpang temulawak mampu melindungi kesehatan hati dari peradangan. Zat curcumin yang aktif ini bisa menjadi obat alami penyakit liver yang khasiatnya sebagai anti inflamasi. Serta anti hepatotoksik guna menjaga kesehatan hati dari peradangan.

Mengonsumsi ekstrak temulawak juga dapat membantu mengatasi asam urat, gangguan pada lambung, membersihkan perut, dan menambah selera makan.

Sambiloto

Daun sambiloto juga menjadi salah satu obat alami penyakit liver. Rasa pahit yang kuat dari daun sambiloto ini karena kandungan zat andrographolid.

Namun jangan salah, tanaman ini juga ampuh merusak sel inti tumor, meningkatkan kekebalan tubuh serta infeksi. Selain itu, bisa merangsang fagositosis, yakni kemampuan sel untuk bekerja membunuh bakteri maupun virus dalam tubuh.

Pegagan

Daun pegagan punya efek hepatoprotektor yang baik bagi penderita hepatitis. Karena itulah tanaman ini dapat menjadi pilihan sebagai obat alami penyakit liver.

Pegagan bermanfaat untuk membantu meningkatkan perbaikan serta penguatan sel-sel hati, sekaligus menangkap radikal bebas penyebab kerusakan sel. Karena tanaman ini mengandung zat aktif asiatikoside.

Itulah beberapa jenis obat tradisional yang bermanfaat untuk membantu mengobati penyakit liver atau hati. Sekaligus juga dapat membantu meningkatkan kesehatan liver. (R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah