Obyek Wisata Pasir Pangibingan di Panawangan Ciamis Memesona

Obyek wisata Pasir Pangibingan di Desa Mekarbuana, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, memiliki pemandangan alam yang asri. Foto: Edji Darsono/HR.
Obyek wisata Pasir Pangibingan di Desa Mekarbuana, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, memiliki pemandangan alam yang asri. Foto: Edji Darsono/HR.

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Obyek wisata Pasir Pangibingan di Desa Mekarbuana, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, memiliki pemandangan alam yang asri. Sangat cocok untuk wisata swafoto sambil menikmati kesejukan alam pedesaan.

Tempat wisata Pasir Pangibingan yang dibangun masyarakat setempat secara swadaya itu berpotensi untuk lebih dikembangkan lagi.

Anda Lesmana, Kaur Ekbang Desa Mekarbuana, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, mengatakan, keberadaan obyek wisata tersebut dapat mendongkrak ekonomi masyarakat.

Untuk membangun ekonomi kerakyatan dan menciptakan lapangan kerja, Pemerintah Desa Mekarbuana sudah merencanakan akan mengembangkan semua potensi yang ada.

Baca Juga : Obyek Wisata Edukasi di Desa Gereba Ciamis Mulai Dibuka

“Rencananya, pada tahun 2021 pemerintah desa akan membuat 1000 tangga. Anggarannya dari Dana Desa. Pembangunan 1000 tangga untuk memudahkan akses pengunjung menuju ke lokasi obyek wisata Pasir Pangibingan,” ujarnya, kepada HR Online, melalui sambungan teleponnya, Kamis (15/10/2020).

Warga menyulap Pasir Pangibingan menjadi tempat wisata baru. Pemerintah desa pun berharap ke depan Desa Mekarbuana menjadi Desa Wisata yang memiliki dampak positif bagi warganya.

Pemdes juga berharap keberadaan obyek wisata Pasir Pangibingan bisa memberikan lapangan pekerjaan, sehingga akan meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Serta dapat menghidupkan lingkungan adat sebagai salah satu komoditas wisata budaya lokal, dan menjaganya agar tetap lestari.

“Kami yakin dengan terbangunnya Desa Wisata akan banyak kunjungan ke Pasir Pangibingan, Desa Mekarbuana. Dengan begitu, maka perputaran ekonomi pun akan semakin baik. Saat ini baru terbangun tempat swafoto, dan saung tempat peristirahatan,” pungkas Anda. (Dji/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah