Organda Ciamis Ajak Sopir Angkutan Ingatkan Prokes 3M ke Penumpang

Organda Ciamis Ajak Sopir Angkutan Ingatkan Prokes 3M ke Penumpang
Sekretaris Organda Ciamis Ekky Brata Kusumah. Foto: Fahmi/HR

Berita Ciamis (Harapanrakyat.com),- Peningkatan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 Ciamis, Jawa barat membuat khawatir semua pihak, salah satunya Organda Ciamis. Untuk itu, Organisasi Angkutan Darat ini mengajak awak angkutan untuk sosialisasikan protokol kesehatan (Prokes 3M) kepada penumpang.

Sekretaris Organda Ciamis Ekky Brata Kusuma mengatakan para sopir angkutan umum harus ikut serta membantu pemerintah untuk mencegah penyebaran Covid-19. Minimal mengingatkan penumpang untuk mengenakan masker saat naik angkot.

Memberikan sosialisi tentang penggunakan masker bukan pemerintah saja.  Kita pun harus ikut serta dalam mengingatkan masyarakat akan pentingnya Protokol kesehatan. Tujuannya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 terutama dalam angkutan umum,” ujar Ekky kepada HR-Online, Jumat (23/10/2020).

Baca Juga: Satpol PP Ciamis Gencar Sosialisasikan Prokes 3M Kepada Masyarakat

Menurut Ekky, pentingnya penggunaan masker dalam angkutan umum merupakan cara efektif agar tidak tertular atau menularkan virus Corona.

Dalam angkutan umum selalu banyak masyarakat yang keluar masuk. Jadi setiap sopir angkot maupun kondektur juga ikut mengingatkan agar penumpan selalu pakai masker, ,membawa hand sanitizer untuk cuci tangan dan menjaga jarak.

“Jadi sebelum naik angkot, calon penumpang yang tidak pakai masker harus terlebih dulu mengingatkannya agar memakainya,” ungkap Sekretaris Organda Ciamis ini.

Ekky menambahkan, bukan hanya penggunaan masker, Organda pun mengingatkan kepada para pengusaha angkutan umum  maupun PO Bus untuk mensterilkan kendaraannya. Minimal membersihkannya dengan cairan desinfektan.

“Dalam memerangi Pandemi  Covid-19 ini, semua pihak harus ikut andil untuk bergerak. Kami dari Organda Ciamis tentunya memiliki tanggung jawab dalam hal sosialisasi dalam lingkungan kami salah satunya angkutan umum,”pungkasnya. (Fahmi/R9/HR-Online)

Editor: Dadang