Pandemi Covid, DPUPRP Ciamis Hanya Realisasikan SAB di Empat Titik

Pandemi Covid, DPUPRP Ciamis Hanya Realisasikan SAB di Empat Titik
Salah satu pembangunan Sarana Air Bersih (SAB) di Kabupaten Ciamis. Foto: Eli/HR

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (DPUPRP) Kabupaten Ciamis merealisasikan pembangunan Sarana Air Bersih atau SAB.

Hal tersebut ditujukan untuk memenuhi kebutuhan air bersih yang diharapkan masyarakat.

Kepala Bidang Ciptakarya DPUPRP Ciamis, Anton, ketika dihubungi HR, Selasa (13/10/2020), menjelaskan, seharusnya sudah dari tahun 2019 lalu program air bersih ini dilaksanakan, akan tetapi karena ada covid-19 program pun tertahan.

“Kalau tidak tertahan oleh pandemi, program sarana air bersih sebetulnya setiap tahun kita programkan sesuai usulan dari masyarakat atau desa. Karena ada covid-19, otomatis semua program pembangunan terhambat,” ungkapnya.

Anton menuturkan, karena program air bersih ada di bidangnya, maka setiap tahun banyak sekali usulan dari masyarakat di daerah, khususnya yang sering kekurangan air bersih saat kemarau tiba.

Namun, meski banyak usulan, pihaknya tetap harus menyesuaikan dengan ketersediaan anggaran yang ada. Sehingga, tidak semua usulan bisa direalisasikan. Dan kali ini, pihaknya hanya bisa bangun SAB di empat lokasi.

“Kita bangun sumur bor untuk SAB di Dusun Balemoyan, Desa Mekarjaya, Baregbeg. Kemudian Desa Gegempalan Cikoneng, Desa Dewasari dan Timbangwindu, Cijengjing. Semuanya merupakan usulan tahun 2019,” jelasnya.

Anton menambahkan, sebetulnya anggaran untuk program sarana air bersih sudah kita disiapkan sekitar Rp 25 miliar. Namun karena adanya pandemi covid-19, anggaran tersebut pun terkena imbasnya. (es/Koran HR)