Pasca Banjir di Ciamis, Warga Datangi Posko Kesehatan

Posko Kesehatan Korban Banjir Ciamis
Posko kesehatan korban banjir di Kabupaten Ciamis. Foto: Suherman/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Pasca banjir yang melanda dua kecamatan di Kabupaten Ciamis, yakni Kecamatan Banjarsari dan Kecamatan Banjaranyar, sejumlah warga mendatangi posko kesehatan, Rabu (28/10/2020).

Untuk menangani kesehatan masyarakat korban bencana banjir di Banjaranyar dan Banjarsari, Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis sengaja mendirikan beberapa posko kesehatan. Hal ini untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang mengalami sakit pasca banjir. 

Kepala UPTD Puskesmas Cigayam Kecamatan Banjaranyar, Ari Angga Rianto kepada HR Online, Rabu (28/10/2020), mengatakan, pendirian posko kesehatan tersebut atas intruksi Kepala Dinas Kesehatan.

Intruksi tersebut mengharuskan Puskesmas segera memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat korban banjir. Salah satunya dengan mendirikan posko kesehatan di lokasi kejadian.

“Posko kesehatan ini kita dirikan di Dusun Pongporang, Desa Sindangrasa bertujuan untuk mempermudah masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan pasca terjadinya banjir pada Selasa (27/10/2020) kemarin,” katanya.

Dusun Pongporang sendiri adalah salah satu wilayah yang paling parah terkena dampak banjir. Saat ini warga banyak yang datang berobat.

“Rata-rata mengeluhkan gatal-gatal di bagian kaki, serta pusing di kepala” katanya.

Pendataan Korban Bencana

Ari juga mengatakan selain menerima pasien warga korban banjir, pihaknya juga melakukan penyisiran ke setiap rumah untuk melakukan pendataan yang lengkap di bidang kesehatan.

“Kita juga harus mengetahui kondisi kesehatan warga. Bukan hanya dari fisik manusianya. Namun kondisi rumah juga menjadi salah satu penyebab munculnya penyakit,” katanya.

Penyebab munculnya penyakit, lanjut Ari, seperti kondisi air bersih, dan lahan tempat tidur.

“Kita pantau juga, karena dalam kondisi banjir, tempat tidur pun banyak yang terendam. Sehingga kita harus mengetahui warga tidurnya di mana dan seperti apa. Sehingga tingkat penyebab  penyakit akan bisa segera tertangani,” katanya.

Posko kesehatan yang didirikan di Dusun Pongporang, Desa Sindangrasa tersebut, melibatkan petugas kesehatan dari PKM Cigayam, PKM Kertahayu dan PKM Pamarican.

“Untuk posko kesehatan ini kita buka 24 jam selama masa tanggap darurat bencana. Dalam hal ini untuk petugas kesehatannya kita bagi tugas rolling menggunakan shift,” katanya. (Suherman/R7/HR-Online)

Editor: Ndu