Kamis, Mei 26, 2022
BerandaBerita CiamisPelayanan Pasien Tutup 2 Hari, DPRD Ciamis Panggil RSUD dan BPJS

Pelayanan Pasien Tutup 2 Hari, DPRD Ciamis Panggil RSUD dan BPJS

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Dewan perwakilan Daerah Daerah (DPRD) Ciamis memanggil BPJS Kesehatan dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ciamis, Rabu (7/10/2020).

Pemanggilan tersebut terkait adanya penutupan pelayanan BPJS Kesehatan di RSUD Ciamis pada tanggal 5-6 Oktober 2020.

Yulianti SE, Sekretaris Komisi D DPRD Ciamis mengaku kecewa dengan adanya penutupan pelayanan pasien BPJS di RSUD Ciamis. Meskipun per hari ini, Rabu, 7 Oktober 2020 pelayanan pasien BPJS sudah dibuka kembali.

“Bisa dikatakan atas kejadian kemarin, masyarakat yang menjadi korban tentang permasalahan tersebut. Akan tetapi ini menjadi sebuah tanggung jawab kami sehingga permasalahannya harus segera diselesaikan,” katanya.

Yulianti menambahkan, berdasarkan hasil rapat setelah DPRD Ciamis panggil RSUD dan BPJS, perselisihan antara RSUD Ciamis dan BPJS Kesehatan akan segera diselesaikan oleh Pemerintah Daerah. Terutama terkait administrasi rumah sakit yang harus mengembalikan sejumlah uang kepada pihak BPJS.

“Memang ada sebuah perselisihan antara pihak BPJS dan RSUD Ciamis. Akan tetapi perselisihan itu sudah diselesaikan. Sekarang pelayanan kesehatan BPJS di RSUD Ciamis sudah dibuka kembali,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Plt Sekda Toto Marwoto menjelaskan, regulasi BPJS terkait pelayanan pasien harus diselaraskan dengan pihak rumah sakit. Hal itu guna menghindari kesalahpahaman.

“Penting sekali persoalannya harus segera diselesaikan. Kalau misalnya berlarut-larut sehingga tidak dipahami dan dimengerti oleh kedua belah pihak, itu bisa menjadi salah persepsi,” ungkapnya.

Toto juga menyikapi sistem klaim BPJS Kesehatan yang membuat kedua belah pihak salah persepsi, hingga berbuntut panjang.

“Ketika ada suatu permasalahan bisa dibereskan di tingkat daerah. Ya selesaikan di daerah ataupun bisa diselesaikan di tingkat provinsi. Harus beres di tingkat provinsi sehingga kejadian itu tidak terlalu panjang,” ucapnya.

Namun menurut Toto, sesuai dengan instruksi Bupati Ciamis, ia menjamin perselisihan BPJS dan RSUD Ciamis tidak akan sampai merugikan masyarakat. “Pelayanan pasien BPJS di RSUD Ciamis kini sudah dibuka kembali,” pungkasnya. (Fahmi/R7/HR-Online)

Editor: Ndu

- Advertisment -