Pengadaan Telur BPNT, DPRD Ciamis Minta Peternak Lokal Diberdayakan

Pengadaan Telur BPNT, DPRD Ciamis Minta Peternak Lokal Diberdayakan
Ilustrasi program BPNT. Foto:Ist/Net

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) kembali menuai masalah. Hal itu terungkap dari pengadaan telur yang dibeli oleh kelompok penerima manfaat (KPM). Ternyata telur tersebut berasal dari luar Ciamis, yaitu dari blitar.

“Percuma banyak peternak di Ciamis kalau pengadaan telur untuk program BPNT ternyata dari luar. Padahal, alangkah baiknya berdayakan dahulu pengusaha daerah. Kalau tidak terpenuhi, maka bisa mengambil dari luar daerah,” kata Sarif Sutiarsa, Ketua Komisi D DPRD Ciamis, Selasa (13/10/2020).

Menurut Sarif, Pemerintah Ciamis seharusnya turun tangan demi membantu para peternak yang ada di Kabupaten Ciamis. Berikan kesempatan agar mereka menjadi pemasok pada program ini. Jangan malah pengusaha luar Ciamis bisa dengan mudah menjual barangnya, sementara pengusaha lokal hanya menonton.

Sarif menuturkan, program BPNT ini menjadi sarana bagi siapa saja yang ingin menjadi suplayer komoditi sembako. Sehingga apapun caranya mereka tempuh. Namun alangkah baiknya kalau pengusaha luar Ciamis masuk bisa bersanding dengan pengusaha lokal.

“Jangan sampai para suplayer BPNT dari luar Ciamis memanfaatkan kekuasaan atau jabatan tertentu supaya bisa memasukan barang komoditi seperti telor. Sementara di Ciamis juga masih banyak peternak yang perlu diberdayakan,” jelasnya.

Kalau kejadian ini dibiarkan terus-menerus, kata Sarif, maka para peternak di Kabupaten ciamis, lama-kelamaan bisa gulung tikar. Karena tidak adanya keberpihakan pemerintah terhadap para peternak.

Sebetulnya, lanjut Sarif, kalau Pemerintah Ciamis dalam program BPNT ini turut berperan, maka permasalahan seperti ini tidak akan terus muncul. Para suplayer pun bisa dengan tertib menjalankan usahanya.

“Jika pemerintah turun-tangan, saya meyakini program BPNT di Ciamis berjalan lancar tanpa adanya masalah antara para suplayer, agen dan E-warung,” katanya. (es/Koran HR)