Penyebab Badan Kurus dan Cara Menambah Berat Badan

penyebab badan kurus dan cara menambah berat badan
Waspada penyebab badan kurus. Foto: Ist/net

Penyebab badan kurus ternyata tak selalu karena kurang makanan bergizi. Banyak orang yang berpikir bagaimana cara menambah berat badan. Sementara, ada juga yang sudah makan banyak tapi tetap kurus dan susah gemuk. Kata orang ini karena tulang orang berbeda. Benarkah?

Banyak orang khususnya kaum wanita yang ingin menurunkan berat badan agar lebih ideal. Bentuk tubuh yang proporsional memang merupakan dambaan setiap orang. Tubuh ideal juga mencerminkan kebugaran dan kesehatan.

Meskipun banyak orang yang melakukan diet untuk menurunkan berat badan, namun tak sedikit yang berusaha untuk menaikkan berat badannya. Tubuh yang terlalu kurus kurang sedap dalam pandangan mata.

Namun sayangnya, tak sedikit orang yang sudah makan banyak tapi tetap kurus. Bahkan mereka juga sudah ngemil dan melakukan apa saja untuk menambah berat tubuhnya namun tetap saja tidak membuahkan hasil.

Penyebab Badan Kurus Susah Gemuk

Memiliki berat badan dan bentuk tubuh ideal tentunya merupakan harapan semua orang. Namun tak sedikit orang yang sudah mencoba makan banyak namun tetap kurus.

Baca Juga: Menambah Berat Badan Tanpa Obat Buat Kamu Pemilik Tubuh Kurus

Meskipun banyak yang ingin menurunkan berat badan  namun tak sedikit juga yang ingin lebih gemuk. Nah, berikut ini berbagai faktor yang bisa menjadi penyebab badan kurus susah gemuk yang wajib Anda tahu.

Kurang Gizi

Orang kurus memang lekat dengan predikat sebagai orang yang kurang gizi. Banyak bukti nyata kurangnya asupan nutrisi membuat tubuh kurus dan kering. Seperti yang sering kita lihat dari para pengungsi dari berbagai negara.

Tubuh sangat membutuhkan nutrisi untuk memenuhi kebutuhannya. Kurangnya nutrisi akan membuat fungsi tubuh kurang optimal. Selain membuat tubuh menjadi kurus, imunitas juga makin lemah yang menyebabkan penyakit mudah menyerang.

Gangguan akibat kurang nutrisi akan menyebabkan penyakit pencernaan, diare, maag, hingga sakit kepala. Kurangnya asupan gizi juga akan membuat tubuh kurang tertopang sehingga kurang bergerak.

Sangat penting untuk mencukupi kebutuhan tubuh terhadap nutrisi. Makan banyak tapi tetap kurus juga tak akan cukup membuat fungsi organ tubuh bekerja optimal. Bisa-bisa yang terjadi adalah busung lapar dengan perut membesar.

Faktor Keturunan

Meski Anda sudah makan banyak tapi tetap kurus juga bisa karena faktor keturunan. Faktor penyebab badan kurus susah gemuk populer juga dengan sebutan ‘tulang’ yang kita miliki berlainan dengan orang lain.

Baca Juga: Buat Orang Kurus, Ini Cara Sehat Menambah Berat Badan dalam Waktu Singkat

Pengaruh genetika ini memang bisa membuat orang mengalami kesulitan untuk menambah berat badannya. Berapa banyak Anda makan berat atau ngemil namun jika gen-gen dalam tubuh berbeda tentunya tidak akan bisa gemuk.

Jika Anda mengalami hal semacam ini cobalah cari tahu dari orang tua apakah kondisinya juga serupa. Namun faktor genetika ini bisa menurun bukan saja dari orang tua namun juga dari kakek dan garis keturunannya.

Tekanan Stress

Tekanan psikologis ternyata juga bisa menyebabkan orang menjadi kurus. Stres karena tekanan psikologis ini bisa berasal dari pekerjaan kantor yang menumpuk, masalah ekonomi, perselisihan dengan pasangan, hingga patah hati.

Tekanan stres merupakan konsekuensi kehidupan yang pasti kita hadapi. Namun stres yang tidak mampu kita kelola justru akan menyebabkan asam lambung naik dan membuat nafsu makan menjadi hilang yang menjadi penyebab badan kurus.

Stres tak jarang juga membuat nafsu makan menjadi tak terkendali. Ngemil atau makan makanan tak sehat menjadi sasarannya. Jika tidak membuat tubuh menjadi kurus, badan akan membengkak yang berisiko lebih mudah terserang penyakit.

Sering Begadang

Tak sedikit orang yang sangat senang begadang hingga pagi. Baik dengan kumpul bersama teman atau sekedar nongkrong. Orang yang sedang begadang umumnya memiliki tubuh yang kurus dan kulit lebih pucat.

Kebiasaan ini juga bisa menjadi penyebab badan kurus sulit gemuk. Sebab, begadang akan membuat orang kurang waktunya untuk tidur dan beristirahat. Apalagi jika begadang outdoor, udara malam sangat jahat untuk tubuh.

Kurang istirahat akan membuat tubuh tidak mampu melakukan proses regenerasi sel-sel yang telah mati. Tubuh pun tidak fresh dan cenderung kusut. Metabolisme tubuh pun akan menjadi kurang optimal.

Kurang Olahraga

Aktivitas fisik maupun olahraga sangat penting untuk mengoptimalkan fungsi metabolisme tubuh. Dengan gerakan fisik akan membakar lemah dan pemanfaatan energi menjadi lebih optimal.

Sebaliknya, orang yang malas berolahraga yang bisa menjadi penyebab badan kurus. Asupan makanan justru akan yang menumpuk dan membuat tubuh menjadi lebih gemuk dan perut membesar. Jika tidak buncit, badan juga akan kurus.

Olahraga berguna agar tubuh lebih segar dan bugar. Hal ini akan meningkatkan nafsu makan. Sehingga dengan mengonsumsi makanan yang bernutrisi akan membuat tubuh menjadi ideal.

Kelelahan Tubuh

Biasanya kelelahan terjadi karena kita melakukan aktivitas secara berlebihan. Baik aktivitas dengan otak maupun secara fisik. Bahkan kelelahan psikis akna berimbas pada kelelahan secara fisik.

Kelelahan yang berlebihan juga menjadi penyebab badan kurus susah gemuk. Kondisi ini akan menyebabkan nutrisi yang masuk sulit terolah secara optimal. Bahkan tak sedikit lelah tubuh akan membuat nafsu makan menjadi berkurang atau hilang.

Tubuh yang lelah secara berlebihan juga berkaitan dengan stres atau tekanan yang kita alami. Karena itu penting sekali kita mengelola kondisi yang ada dengan mencegah sampai tubuh mengelami kelelahan yang berlebihan.

Minum Alkohol

Banyak mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol juga bisa menjadi penyebab badan kurus susah gemuk. Banyak minum alkohol akan menyebabkan otot tubuh mengalami kelelahan.

Selain itu ada banyak akibat buruk terhadap kesehatan tubuh karena terlalu sering minum alkohol. Selain akan mengganggu sistem pencernaan, penyerapan nutrisi tubuh juga akan terganggu. Jika tidak menjadi kurus, tubuh malah bisa obesitas.

Bahkan tak sedikit dampak minuman ini terhadap munculnya penyakit kardiovaskuler yang berbahaya. Karena itu penting untuk segera menghentikan kebiasaan buruk ini jika Anda ingin gemuk yang sehat.

Pengaruh Obat

Faktor penyebab badan kurus susah gemuk juga bisa karena merupakan efek dari konsumsi suatu obat tertentu. Dampak ini umumnya timbul karena Anda harus mengonsumsi obat tersebut untuk jangka lama.

Beberapa jenis obat antidepresan, kemoterapi, maupun untuk penyakit diabetes memberikan dampak perut terasa selalu kenyang. Kondisi ini juga berpengaruh terhadap nafsu makan yang menurun.

Banyak Minum Kopi

Kandungan kafein dalam minuman kopi juga akan membuat perut mudah kenyang. Akibatnya nafsu makan berkurang. Apalagi jika Anda terlalu banyak mengonsumsi minuman hitam ini bisa memberikan dampak yang lebih buruk.

Tak sedikit penyakit berbahaya yang bisa timbul akibat mengonsumsi kopi secara berlebihan. Seperti penyakit liver, maag, dan lainnya. Karena itu sebaiknya batasi minuman kopi Anda untuk tetap menjaga kesehatan tubuh.

Dehidrasi Tubuh

Tubuh sangat membutuhkan cairan yang cukup agar semua fungsi organnya bekerja secara optimal. Dehidrasi merupakan kondisi tubuh yang kekurangan cairan. Kondisi ini bisa menjadi penyebab badan kurus.

Tubuh yang kekurangan cairan juga bisa memicu terjadi sejumlah penyakit dan gangguan lainnya. Seperti diare, muntah, demam, hingga serangan infeksi. Mencukupi kebutuhan cairan tubuh akan membuat tubuh lebih sehat dn mudah menjadi gemuk.

Sering Merokok

Kebiasaan buruk lain yang juga bisa penyebab berat badan turun karena sering merokok. Merokok sudah populer merupakan kebiasaan yang dapat mengakibatkan gangguan kesehatan dan mengundang banyak penyakit hingga kematian.

Kandungan zat nikotin dan tar dalam rokok akan menyebabkan gangguan pada metabolisme tubuh. Bahkan merokok dapat membuat perut teras kenyang dan menghilangkan nafsu makan.

Cara Menambah Berat Badan yang Susah Gemuk

Setelah mengenal berbagai faktor penyebab badan kurus Anda bisa mencoba mengatasinya dengan berbagai cara. Berikut ini beberapa alternatif cara menambah berat badan yang susah gemuk.

Mengubah Gaya Hidup

Salah satu faktor yang menyebabkan badan kurus adalah perilaku dan gaya hidup tak sehat yang kita jalani. Merokok dan minuman beralkohol harus segera kita jauhi. Bahkan kalau bisa harus kita tinggalkan.

Begitu juga dengan Anda yang suka minum kopi, sebaiknya batasi konsumsinya agar tidak menghilangkan nafsu makan dan mengganggu pencernaan. Mengubah gaya hidup akan merangsang nafsu makan Anda agar lebih gemuk.

Meninggalkan gaya hidup yang tidak sehat juga perlu Anda ikuti dengan melakukan gaya hidup yang lebih sehat. Termasuk dengan rajin melakukan olahraga rutin untuk membakar lemak dan meningkatkan kebugaran tubuh.

Mengonsumsi Makanan Bergizi

Alternatif lain cara menggemukan badan yang susah gemuk adalah dengan mengonsumsi makanan yang bergizi. Anda bisa membuat program diet untuk menaikkan berat badan.

Demikianlah berbagai penyebab badan kurus yang sebaiknya Anda kenali. Jika bukan karena penyakit atau keturunan, cara menambah berat badan akan lebih mudah dengan mengubah pola dan gaya hidup sehat. (R11/HR-Online)