Penyebab Penyakit Biduran, Gejala, dan Cara Mengatasinya

penyebab penyakit biduran
Kenali penyebab penyakit biduran. Foto: Ist/Net

Penyebab penyakit biduran cukup beragam faktornya. Selain karena perubahan suhu lingkungan, penyakit biduran juga bisa merupakan gejala dari penyakit yang lebih parah. Untuk meredakan dan cara mengatasinya adalah menjauhi pantangannya.

Biduran merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang termasuk sering terjadi. Semua orang dengan berbagai usia bisa terkena gangguan ini. Namun anak-anak termasuk yang rentan dan lebih mudah terserang.

Baca Juga: Gejala HB Rendah Paling Sering Terjadi yang Patut Diwaspadai

Selain menampilkan bentuk fisik yang tidak menarik, biduran juga sering terjadi dengan gejala gatal dan panas. Anak-anak yang terserang gangguan ini biasanya akan rewel dan tidak bisa tidur akibat rasa gatal yang terjadi.

Umumnya biduran bukanlah penyakit yang berbahaya. Bahkan tak sedikit gangguan ini akan mereda dan hilang sendiri dalam beberapa jam atau hari. Gangguan ini juga bukan jenis penyakit kulit yang mudah menular.

Penyebab penyakit biduran yang banyak terjadi lebih karena reaksi tubuh terhadap faktor lingkungan maupun makanan. Meski begitu jika gangguan ini berlangsung lama sebaiknya waspadai adanya suatu penyakit kronis.

Beragam Penyebab Penyakit Biduran

Meskipun bukan merupakan penyakit yang berbahaya, namun biduran sangat mengganggu. Penyakit ini tak hanya menimbulkan rasa gatal dan panas namun juga membuat tubuh terasa sangat tidak nyaman.

Kebanyakan kasus biduran bukanlah karena suatu kondisi yang berbahaya. Jika ada anak atau anggota keluarga yang terkena gangguan ini, berikut ini beragam penyebab penyakit biduran yang sebaiknya Anda kenali.

Alergi

Gangguan penyakit ini banyak yang terjadi sebagai reaksi alergi terhadap makanan yang kita konsumsi. Udang, telur, maupun makanan lainnya bisa menjadi pemicu alergi sehingga menyebabkan terjadinya biduran.

Tak sedikit anak-anak dan orang dewasa yang tidak tahan terhadap jenis makanan ini. Utamanya mereka yang memiliki sifat hipersensitif. Reaksi paling umum dari suatu proses alergi adalah timbulnya benjolan pada kulit.

Baca Juga: Tipe Perut Buncit Wanita dan Cara Mudah Mengatasinya

Untuk memastikan apakah Anda mengalami biduran karena jenis makanan tertentu cobalah untuk menghentikannya. Gangguan kulit semacam ini umumnya akan cepat sembuh dengan menaburkan obat anti alergi.

Makanan Tak Sehat

Faktor penyebab penyakit biduran lainnya juga bisa karena mengonsumsi makanan yang mengandung zat atau bahan kimia. Tak sedikit bahan tambahan makanan maupun zat pengawet pada makanan instan yang tidak cocok untuk tubuh.

Bahaya bahan pengawet pada makanan sudah umum kita tahu. Namun tak jarang kota mengonsumsinya karena kurang cermat dalam mengenalinya. Kasus semacam ini banyak terjadi pada anak-anak yang terkenal senang jajan.

Perubahan Suhu

Faktor lingkungan juga bisa menjadi penyebab penyakit biduran. Seperti suhu yang berubah menjadi dingin atau Anda pergi ke kawasan bersuhu rendah. Sejumlah kasus juga ada yang terjadi akibat pemakaian AC yang kelewat dingin.

Seperti pada kasus alergi, gangguan semacam ini mudah kita atasi, yaitu dengan menjauh dari faktor pemicunya. Dengan kondisi penyakitnya juga lebih mudah sembuh dengan badak atau obat anti biduran.

Stres

Tekanan psikologis juga bisa menyebabkan timbulnya gangguan kulit ini. Stres yang berlangsung terus menerus akan mendorong tubuh untuk memproduksi senyawa histamin untuk meredakannya.

Baca Juga: Gejala Penyakit HIV, Kenali Sejak Dini untuk Mencegah AIDS

Dalam prosesnya biasanya kondisi akan menyebabkan timbulnya rasa gatal pada kulit dalam bentuk bintik yang populer dengan sebutan biduran. Meskipun begitu tak semua orang yang mengalami stres akan memicu penyakit ini.

Gigitan Serangga

Faktor lainnya yang juga bisa menjadi penyebab penyakit biduran adalah karena gigitan serangga. Racun dari serangga yang masuk ke dalam tubuh umumnya akan menimbulkan sejumlah reaksi.

Beberapa yang umum terjadi adalah bentol yang berkembang menjadi radang hingga demam. Kondisi ini tak jarang berlanjut dengan munculnya biduran yang gatal dan membuat tubuh sangat tidak nyaman.

Infeksi

Serangan infeksi pada tubuh tak jarang juga bisa menyebabkan penyakit biduran. Seperti penyakit pilek yang ringan hingga jenis yang berat. Biduran merupakan gejala awal karena infeksi yang terjadi.

Untuk penyakit infeksi yang ringan biduran umumnya mudah sembuh dengan mengonsumsi obat untuk mengatasi infeksi. Anda juga bisa menaburkan bedak anti gatal untuk meredakan biduran yang ada.

Turunnya Kekebalan Tubuh

Meskipun imunitas bukan penyebab penyakit biduran namun kondisi ini juga bisa menjadi pemicunya. Lemahnya kekebalan tubuh akan membuat kuman atau benda asing masuk dan menyerang tubuh.

Biduran juga bisa merupakan tanda pentingnya Anda meningkatkan imunitas agar tidak mudah terserang penyakit lainnya. Baik dari lingkungan yang buruk atau karena mengonsumsi makanan tak sehat.

Faktor Turunan

Meskipun bukan penyebab penyakit biduran, gangguan kulit ini juga berkaitan dengan faktor keturunan. Jika Anda memiliki orang tua dengan riwayat alergi mempunyai risiko yang lebih besar untuk terkena biduran.

Sejumlah penelitian menemukan bahwa potensi orang untuk mengalami biduran adalah sekitar 10 persen. Namun orang yang mempunyai orang tua dengan riwayat alergi, potensi risiko biduran bisa mencapai 30 hingga 70 persen.

Jika Anda mengalami penyakit kulit terlalu sering bisa meningkat menjadi kronis. Karena itu segera periksakan ke dokter untuk penanganan yang lebih efektif. Biasanya Anda akan mendapat obat antihistamin untuk mengatasinya.

Gejala Penyakit Parah

Selain karena faktor lingkungan maupun aspek alergi, penyebab penyakit biduran juga bisa karena suatu penyakit. Dalam berbagai kasus, biduran merupakan salah satu bentuk gejala suatu penyakit yang muncul.

Penyakit autoimun maupun tiroid juga akan menyebabkan orang yang menderitanya akan mengalami biduran. Penderita penyakit lupus yang merupakan jenis autoimun akan mengalami biduran terus menerus.

Begitu juga orang yang menderita penyakit hipertiroid terjadi karena kadar hormon tiroksin yang sangat tinggi. Hal ini pula yang menyebabkan terjadinya biduran yang tidak mudah hilang.

Pantangan Penyakit Biduran yang Wajib Anda Hindari

Penyakit biduran meskipun tidak berbahaya namun membuat tubuh terasa sangat tidak nyaman. Rasa gatal maupun panas pada kulit yang timbul tak jarang membuat anak rewel dan kita sulit tidur nyaman.

Untuk meredakan maupun mengatasi penyakit biduran Anda perlu menjauhi berbagai pantangan, baik dari jenis makanan maupun yang menyentuh kulit. Berikut ini berbagai pantangan penyakit biduran yang harus Anda jauhi.

Produk Perawatan Kulit

Ada beberapa produk perawatan kulit yang bisa menjadi penyebab penyakit biduran. Namun ada juga yang harus Anda hindari agar biduran tidak semakin parah. Baik berupa sabun mandi, bedak, lotion, maupun produk make up lainnya.

Untuk mencegah kondisi yang parah kenali bahan produk tersebut dari kemasannya atau bisa mencobanya terlebih dahulu. Baik dengan mengoleskan sedikit produk pada bagian kulit tertentu untuk melihat reaksinya. Jika aman Anda bisa menggunakannya.

Buah Tomat

Jika Anda menderita biduran sebaiknya menghindari mengonsumsi atau menggunakan buah tomat. Buah kaya nutrisi ini mengandung zat salisitas, glutantes, dan asam amina yang ternyata bisa memicu atau membuat biduran makin parah.

Buah Berry

Jenis buah yang masuk dalam keluarga berry-berryan ternyata juga tidak baik untuk penderita biduran. Seperti buah strawberry, blackberry, blueberry, raspberry, cranberry, dan lainnya. Kandungan buah ini bisa menambah parah biduran.

Daun Basil

Salah satu jenis bumbu dapur ini juga sebaiknya Anda hindari jika Anda sedang menderita biduran. Daun basil mengandung asam salisiat yang justru bisa membuat biduran semakin parah.

Keju dan Produk Olahannya

Untuk Anda yang senang dengan keju sebaiknya Anda jauhi sementara waktu hingga biduran Anda telah lenyap. Makanan ini mengandung asam amino yang tidak baik untuk Anda yang memiliki kulit hipersensitif.

Cara Mengatasi Penyakit Biduran

Biduran bukanlah jenis penyakit berbahaya. Untuk meredakan kondisinya Anda perlu mengenal penyebab penyakit biduran dan menjauhi pantangannya. Tak jarang dengan menghindari penyebabnya akan membuat penyakit ini sembuh dengan sendirinya.

Selain itu untuk cara mengatasi penyakit biduran Anda bisa menggunakan berbagai bedak gatal yang banyak terdapat di toko. Anda bisa memilih berbagai jenis bedak tabur yang cukup populer.

Bedak semacam ini mengandung bahan anti alergi dan pereda sakit kulit. Anda juga bisa menggunakan minyak kayu putih yang baik untuk meredakan alergi. Namun jika kondisi tak membaik dalam tiga hari segera periksakan ke dokter.

Demikianlah berbagai penyebab penyakit biduran dari yang ringan hingga karena penyakit berbahaya. Mengenal faktor yang menyebabkannya akan memudahkan cara mengatasinya, termasuk menjauhi pantangannya. (R11/HR-Online)