Penyebab Penyakit Flu Tulang, Gejala dan Cara Sederhana Mengobatinya

Penyebab penyakit flu tulang yaitu dari virus yang menular ke manusia melalui gigitan nyamuk yang telah terinfeksi. Foto: Ilutrasi/Net.
Penyebab penyakit flu tulang yaitu dari virus yang menular ke manusia melalui gigitan nyamuk yang telah terinfeksi. Foto: Ilutrasi/Net.

Penyebab penyakit flu tulang yaitu dari virus yang menular ke manusia melalui gigitan nyamuk yang telah terinfeksi. Dalam medis, flu tulang biasa disebut Chikungunya virus.

Merangkum dari berbagai sumber, virus flu tulang bernamavirus alfa, asalnyadari keluarga Togaviridae. Nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus adalah nyamuk yang bisa menularkan virus tersebut sebagai penyebab penyakit flu tulang.

Nyamuk ini menyebarkan penyakit DBD dan demam dengue, dan juga dapat menggigit seseorang yang telah terinfeksi virus Chikungunya. Kemudian menyebarkan infeksinya dengan cara menggigit manusia yang sehat.

Penyebab penyakit flu tulang terkadang diklasifikasikan akibat virus rematik lantaran efeknya pada persendian. Karena itulah disebut flu tulang.

Baca Juga : Di Tengah Pandemi, Puluhan Warga Kota Banjar Terserang Penyakit Chikungunya

Masyarakat awam sering menggunakan istilah flu tulang untuk menjelaskan penyakit Chikungunya. Sedangkan, Chikungunya sendiri merupakan penyakit akibat virus jenis Chikungunya yang berasal dari genus Alphavirus.

Mengobati penyakit flu tulang bisa dengan beberapa cara sederhana. Untuk mengenali kondisi kesehatan, Anda perlu mengetahui dulu gejala-gejalanya saat menderita penyakit ini.

Karena, gejala flu tulang hampir sama dengan gejala penyakit DBD, jadi Anda harus betul-betul memperhatikan kondisi tubuh saat mengalami penyakit tersebut.

Berikut ini HR Online rangkum dari berbagai sumber, mengenai penyakit flu tulang. Mulai dari penyebab, gejala dan cara sederhana mengatasinya.

Penyebab Penyakit Flu Tulang

Gejala

Gejala penyakit ini yang paling umum hampir sama seperti gejala penyakit dengue. Penyakit flu tulang biasanya terjadi pada orang dewasa. Gejalanya muncul dalam 3 sampai 7 hari setelah tergigit oleh nyamuk yang menginfeksi virus Chikungunya.

Baca Juga : Musim Hujan Tiba, Waspadai Munculnya 3 Penyakit Ini!

Keluhan yang Sering Terasa:

– Demam akut di atas 39 derajat celcius

– Sakit kepala

– Artritis

– Mialgia

– Konjungtivitis

– Ruam makulopopular

– Mual dan muntah

Polyathralgia merupakan nyeri persendian, biasanya terasa pada kedua sisi bagian tubuh secara simetris. Rasa nyeri pada sendi tentunya sangat mengganggu.

Sedangkan, Arthralgia kerap menyerang pada sendi-sendi kecil, seperti tangan, pergelangan tangan dan kaki. Rasa nyeri sendi yang hebat ini bisa membantu membedakan penyakit flu tulang dengan penyakit dengue.

Penyebab penyakit flu tulang dengan gejala-gejala yang menyertainya itu bisanya akan membaik sendiri dalam waktu 7 sampai 10 hari. Tapi, sejumlah orang rata-rata akan mengalami sakit tulang hingga beberapa bulan.

Komplikasi dari penyakit flu tulang seperti ini memang jarang terjadi. Hanya mencakup retinitis, uveitis, hepatitis, miokarditis, nefritis, Guillian-Barre syndrom, meningoencephalitis, dan lainnya.

Komplikasi gejala dari penyebab penyakit flu tulang ini pada umumnya akan terasa oleh beberapa kelompok penderita yang mengalami gejala terburuk. Antara lain, lansia usia di atas 65 tahun dengan kondisi medis tertentu.

Seperti memiliki penyakit darah tinggi, gula darah, serta penyakit kardiovaskular. Kemudian, bayi yang terpapar oleh virus semasa masih dalam kandungan.

Baca Juga : Sakit Pinggang Sebelah Kiri, Gejala, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Cara Mengobati

Penyebab penyakit flu tulang dan cara sederhana mengobatinya. Seperti halnya penyakit lain akibat virus, flu tulang biasanya akan sembuh sendiri dalam waktu 7 sampai 10 hari.

Karea itulah, tidak ada obat khusus untuk menyembuhkan yang dokter berikan kepada penderita penyakit flu tulang. Namun, obat untuk meredakan gejala flu tulang memang ada beberapa jenis.

Selain itu, Anda juga bisa mengatasi penyakit flu tulang dengan melakukan beberapa cara sederhana seperti:

– Perbanyak waktu istirahat

– Minum air yang cukup guna menghidrasi tubuh

– Konsumsi paracetamol bisa membantu menurunkan demam dan meredakan nyeri

– Selama minggu pertama terjangkit penyakit flu tulang, lindungi diri Anda agar terhidar dari gigitan nyamuk. Hal ini untuk mencegah timbulnya penyebaran penyakit

– Anda juga bisa menggunakan OAINS (obat anti-inflamasi non-steroid). Jenis obat ini dapat meredakan nyeri persendian, jika ternyata penderitanya tidak terjangkit demam dengue.

Itulah penjelasan mengenai penyebab penyakit flu tulang, gejalan dan cara mengatasinya yang dapat Anda lakukan secara sederhana. (R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah