Penyebab Sering Sariawan dari Kebiasaan Buruk hingga Kanker

penyebab sering sariawan
Kenali penyebab sering sariawan. Foto: Ist/Net

Penyebab sering sariawan bisa karena berbagai faktor. Baik karena serangan virus, kurang menjaga kebersihan mulut, maupun karena penyakit. Namun umumnya kondisi sering sariawan karena penurunan kekebalan tubuh.

Sariawan atau seriawan, seperti mengutip dari Wikipedia, merupakan kondisi saat selaput lendir dalam mulut mengalami luka atau karena kelainan lain. Bercak pada mulut berbentuk khas dengan warna putih kekuningan.

Penyakit ini termasuk yang paling sering terjadi. Rasa sakit atau perih yang timbul tak jarang menyebabkan kondisi yang sangat tidak nyaman. Bahkan untuk makan saja terasa perih dan sakit sehingga membuat nafsu makan menurun.

Baca Juga: Masalah Kesehatan Orang Pendek, Rentan Terserang Beragam Penyakit

Umumnya orang yang mengalami sariawan tidak memperlihatkan adanya gejala yang mendahului. Sariawan bisa terjadi pada berbagai tempat dalam mulut. Seperti pada bibir bagian dalam, gusi, langit-langit mulut, ataupun pada lidah.

Faktor Penyebab Sering Sariawan

Pada dasarnya faktor yang menyebabkan terjadinya sariawan tidak begitu jelas. Ada sejumlah faktor atau kondisi yang bisa memicu atau menjadi penyebab sering sariawan, dan ini tidak bersifat tunggal.

Mukosa dalam mulut yang mengalami kerusakan menurut sejumlah riset berkaitan dengan sel dalam limfosit yang bernama sel T (T limfosit). Karena itu ada anggapan kondisi ini merupakan tanda menurunnya imunitas tubuh.

Sariawan bukanlah penyakit menular. Meskipun penyebabnya tidak jelas dan bukan bersifat tunggal, berikut ini sejumlah faktor yang bisa menyebabkan seseorang sering mengalami sariawan.

Kebersihan Mulut

Penyebab sering sariawan lainya adalah kondisi mulut yang tidak terjaga kebersihannya. Mulut merupakan bagian organ tubuh yang menjadi tempat pertama masuknya kuman dan bakteri. Karena itu penting sekali menjaga kebersihan mulut.

Kebersihan dan kesehatan mulut yang tidak terjaga inilah yang bisa memicu serangan terhadap mulut, termasuk dalam bentuk sariawan. Seperti anak-anak yang sering bermain tanah dan memasukkan jarinya ke dalam mulut tanpa mencucinya.

Kekurangan Vitamin B12 dan Zat Besi

Penyebab sering sariawan juga bisa karena tubuh kekurangan vitamin B12 dan zat besi. Namun kekurangan asupan ini juga bukan hal menentukan kelainan pada mulut. Karena itu, ada baiknya Anda mencukupi kebutuhan vitamin ini.

Baca Juga: Herbal untuk Asam Urat, Alternatif Pengobatan Alami yang Efektif

Kekurangan Vitamin C

Tubuh yang mengalami kekurangan vitamin C juga bisa ikut memicu terjadinya sariawan. Kurangnya asupan vitamin C akan menyebabkan kekebalan tubuh menurun sehingga menyebabkan sariawan mudah terjadi.

Dalam sejumlah kasus, kekurangan vitamin C akan menyebabkan penyakit skorbut (scurvy). Kondisi ini terjadi karena proses sintesis kolagen mengalami kegagalan. Gejalanya antara lain gusi yang mudah berdarah, terjadinya pendarahan kulit, dan lainnya.

Kondisi Tubuh Tidak Fit

Faktor lain yang juga bisa menjadi penyebab sering sariawan adalah menurunnya kondisi tubuh. Kurangnya asupan makanan yang bergizi maupun adanya suatu penyakit yang kita derita akan menyebabkan kondisi tubuh menurun.

Hal ini juga bisa memicu terjadinya sariawan. Bahkan tak jarang sariawan yang muncul bukan hanya satu buah namun bisa beberapa buah dengan lokasi yang berdekatan.

Luka Tergigit

Salah satu faktor yang bisa menyebabkan sariawan adalah karena adanya luka. Luka ini bisa terjadi akibat tergigit oleh gigi. Luka yang terjadi inilah yang akan berkembang menjadi sariawan.

Makanan Panas

Terlalu sering mengonsumsi makanan atau minuman panas juga bisa menjadi penyebab sering sariawan. Makanan pedas akan menyebabkan luka pada pencernaan yang memicu panas dalam sehingga sariawan mudah terjadi.

Trauma Mulut

Selain karena tergigit, ada sejumlah trauma dalam rongga mulut lainnya yang bisa terjadi dan menyebabkan sariawan. Seperti tertusuk duri ikan ataupun benturan pada mulut yang menyebabkan terjadinya luka.

Luka yang terjadi pada bibir bagian dalam ataupun sekitar gusi mungkin awalnya hanya berupa luka ringan. Namun semakin lama akan menjadi semakin parah. Kondisi ini juga sering menjadi penyebab sering sariawan.

Kebiasaan Buruk

Faktor lainnya yang juga bisa memicu terjadinya sariawan adalah kebiasaan buruk yang kita lakukan. Para orang tua kita sering memberikan nasehat untuk selalu membersihkan gelas yang kita gunakan untuk minum.

Baca Juga: Penyebab Sariawan di Lidah dan Penanganannya yang Efektif

Kebiasaan buruk akan menyebabkan kuman dan bakteri mudah selali masuk ke dalam rongga mulut. Mereka akan mudah menyerang saat terjadi luka atau kekebalan tubuh kita menurun sehingga memicu munculnya sariawan.

Alergi

Gangguan stomatitis aphtous atau ulcer tidak hanya akibat tubuh kekurangan vitamin C. Kondisi ini justru terjadi karena alergi citrus atau yang populer sebagai alergi akibat makanan yang mengandung asam.

Alergi ini juga bisa terjadi karena adanya trauma mulut seperti penggunaan gigi palsu, konsumsi obat tertentu, maupun menurunnya kekebalan tubuh. Hal inilah yang bisa menjadi penyebab sering sariawan pada mulut.

Penggunaan suatu produk lipstik atau pasta gigi juga bisa menyebabkan terjadinya alergi. Begitu pula dengan jenis makanan tertentu yang kita konsumsi juga bisa memicu terjadinya alergi yang menyebabkan sariawan.

Serangan Kuman

Kebersihan mulut yang kurang terjaga akan menyebabkan berbagai kuman dan bakteri mudah bersarang dalam mulut. Apalagi jika terdapat plak pada sekitar gigi sehingga kuman akan lebih senang berkembang.

Serangan kuman inilah yang akan menyebabkan terjadinya sariawan. Bahkan kuman dan bakteri yang berkembang bisa menyerang tenggorokan yang juga bisa menyebabkan sakit pada tenggorokan.

Kanker Rongga Mulut

Penyebab sering sariawan juga bisa karena adanya penyakit berbahaya yang menyerang bagian mulut. Kanker mulut dan kanker rongga mulut termasuk jenis penyakit yang gejalanya adalah saring sariawan dan sakit tenggorokan.

Namun jika Anda menderita penyakit seriawan pada lokasi yang sama secara berulang dan terjadi setidaknya selama beberapa minggu hingga satu bulan sebaiknya Anda waspada. Bisa jadi Anda sedang mengalami kanker rongga mulut.

Penyakit ini tak hanya menyebabkan sariawan biasa namun juga saulit untuk sembuh. Jika Anda mengalami sariawan yang berbeda dari biasanya dan tidak bisa sembuh setelah beberapa hari sebaiknya segera periksakan ke dokter.

Pendarahan Dinding Pembuluh Darah Kapiler

Sariawan juga bisa terjadi karena adanya pendarahan pada dinding pembuluh darah kapiler yang berada dalam rongga mulut. Pada sekitar sariawan biasanya terlihat ikut memerah yang memperlihatkan adanya gangguan yang lebih serius.

Penyakit Hemofilia

Penyakit lainnya yang bisa menjadi penyebab sering sariawan adalah hemofilia. Ini merupakan jenis penyakit genetis atau karena faktor keturunan. Sariawan yang terjadi biasanya juga tidak normal karena adanya pendarahan yang mengikutinya.

Jika Anda mengalami kondisi semacam ini cobalah bertanya pada orang tua tentang gejala semacam ini. Segera periksakan ke dokter untuk memastikan penyebabnya dan mendapatkan penanganan segera agar tidak semakin parah.

Kelainan Pencernaan

Gangguan pada sistem pencernaan juga bisa menyebabkan terjadinya panas dalam yang memicu sariawan. Ada banyak faktor yang menyebabkan terjadinya kelainan pada pencernaan.

Antara lain karena mengonsumsi makanan pedas atau asam maupun karena penyakit lain. Gangguan pencernaan ini bisa menjadi faktor yang ikut memicu terjadinya sariawan.

Cara Mencegah dan Mengatasi Sering Sariawan

Setelah mengetahui berbagai faktor penyebab sering sariawan penting mengenal bahwa sariawan bukanlah penyakit menular. Gangguan ini tak jarang menjadi cermin gaya hidup yang kita jalankan yang kurang mengharga kebersihan dan kesehatan tubuh.

Rasa nyeri dan sakit karena sariawan tk jarang membuat kita kesulitan untuk makan dengan nyaman. Tak hanya makanan asam atau pedas saja yang sulit kita konsumsi, bahkan tersentuh makanan saja sariawan terasa sangat sakit.

Sangat penting untuk mencegah ketimbang mengobatinya. Nah, berikut ini beberapa langkah untuk mencegah maupun mengatasi sariawan yang perlu Anda lakukan.

Mengubah Kebiasaan

Menjaga kebersihan tak hanya untuk mencegah nyamuk atau membuat lingkungan yang bersih. Bahkan untuk minum saja sebaiknya Anda bersihkan terlebih dahulu gelas atau tempat minum atau makan yang akan kita gunakan.

Menjaga Kesehatan Mulut

Menjaga kesehatan mulut sangat penting karena rongga ini merupakan tempat pertama masuknya kuman dan bakteri ke dalam tubuh. Selain dengan melakukan sikat gigi secara rutin, gunakan mouthwash untuk membunuh kuman dalam rongga mulut.

Mencukupi Nutrisi

Tubuh sangat membutuhkan asupan makanan yang kaya dengan nutrisi. Selain untuk kesehatan tubuh, nutrisi juga penting untuk menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

Namun karena tubuh membutuhkan nutrisi yang sangat beragam, sangat penting kita membuat menu makanan yang lebih variatif. Asupan vitamin C, vitamin B12, zat besi, dan asam folat juga penting untuk mencegah sariawan.

Demikianlah berbagai faktor yang bisa menjadi penyebab sering sariawan yang sebaiknya kita waspadai. Gangguan pada mulut merupakan jenis penyakit paling umum yang terjadi. Namun jika gejalanya tidak normal sebaiknya segera periksakan ke dokter. (R11/HR-Online)