Penyebab Tangan Berkeringat, Waspada Gejala Kardiovaskuler dan Penyakit Berbahaya

penyebab tangan berkeringat
Waspada penyebab tangan berkeringat. Foto: Ist/Net

Penyebab tangan berkeringat mungkin bukan hal yang serius. Olahraga, udara panas, maupun pekerjaan fisik bisa menyebabkan tangan berkeringat. Namun jika gejala ini muncul tanpa sebab sebaiknya waspadai adanya penyakit kardiovaskuler yang berbahaya.

Telapak tangan yang berkeringat sebenarnya merupakan hal yang wajar. Keringat merupakan cairan tubuh hasil sisa proses metabolisme dan merupakan sampah yang mesti kita buang.

Selain melalui tangan, keringat juga bisa keluar dari berbagai bagian tubuh. Baik dari punggung, leher, lengan, hingga kaki. Keringat juga merupakan hasil pembakaran tubuh setelah beraktivitas fisik.

Baca Juga: Penyebab Sering Buang Air Kecil dan Cara Mengatasinya

Namun jika Anda sering mengalami telapak tangan yang basah keringat padahal tidak melakukan aktivitas apa pun dan cuaca sedang dingin sebaiknya waspadalah. Tangan berkeringat semacam ini bisa karena adanya gangguan pada organ tubuh.

Beragam Penyebab Tangan Berkeringat

Telapak angan yang sering berkeringat bisa saja karena banyak faktor yang menyebabkannya. Banyak juga orang yang bingung telapak tangan berkeringat tanda penyakit apa? Berikut ini berbagai penyebab tangan berkeringat yang sebaiknya Anda tahu.

Tekanan Stres

Stres merupakan tekanan psikologis akibat banyak faktor. Baik karena menumpuknya pekerjaan kantor, persoalan keluarga, hingga perselisihan dengan pasangan. Beban yang terlalu berat membuat psikologis mengalami tekanan.

Kondisi ini tak jarang menyebabkan keluarnya keringat. Apalagi jika Anda merasa cemas, keringat sering muncul pada telapak tangan. Termasuk saat Anda ketakutan juga bisa memicu keluarnya keringat dingin pada leher belakang.

Kondisi ini bisa berkembang menjadi semakin parah jika kita tidak mampu mengelola tekanan yang ada. Tak jarang stres berlebihan akan memicu berbagai penyakit yang berbahaya.

Faktor Obesitas

Faktor penyebab tangan berkeringat juga bisa karena obesitas. Berat badan yang berlebihan bisa berisiko meningkatkan potensi beragam penyakit. Seperti penyakit jantung, obesitas, maupun gangguan pembuluh darah.

Baca Juga: Tipe Perut Buncit Wanita dan Cara Mudah Mengatasinya

Kegemukan akan menyebabkan beban tubuh yang menjadi berat. Sehingga wajar jika orang gemuk umumnya lebih mudah berkeringat. Termasuk yang keluar pada telapak tangan maupun kaki.

Demam

Apakah Anda pernah mengalami tangan berkeringat saat main game atau saat menggunakan HP? Bisa jadi Anda sedang mengalami demam. Demam merupakan respon alami sistem imunitas tubuh saat menghadapi serangan infeksi.

Salah satu gejala yang timbul dari kondisi ini adalah keluarnya keringat pada berbagai bagian tubuh, termasuk pada telapak tangan. Untuk memastikannya cobalah ukur suhu tubuh Anda yang mungkin memang sedang tinggi.

Gangguan Sistem Saraf

Penyebab tangan berkeringat lainnya juga bisa karena terganggunya siste saraf. Keringat merupakan hasil produksi kelenjar keringat. Namun jika sistem saraf simpatik terlalu aktif juga bisa menyebabkan produksi keringat menjadi berlebihan.

Kondisi ini menyebabkan tangan sering basah karena keringat. Sistem saraf ini biasanya berkaitan dengan kondisi psikologis tertentu seperti ketakutan atau kecemasan. Namun gangguan pada saraf juga bisa membuat produk keringat menjadi kurang terkontrol.

Menopause

Tak sedikit orang yang juga bertanya kenapa telapak tangan sering berkeringat padahal tidak melakukan kegiatan apa-apa. Untuk Anda wanita yang sudah memasuki usia sekitar 40 tahunan mungkin ini merupakan gejala menopause.

Menopause merupakan periode saat siklus haid wanita berhenti. Namun sebelum hal ini terjadi biasanya muncul sejumlah tanda yang mengawalinya. Bahkan tangan berkeringat ini biasanya dalam jumlah yang berlebihan.

Konsumsi Alkohol

Terlalu banyak mengonsumsi alkohol secara berlebihan juga bisa menjadi penyebab tangan berkeringat. Selain kebiasaan minum minuman yang mengandung alkohol, konsumsi melebihi batas juga bisa menyebabkan gangguan ini.

Minuman beralkohol yang masuk ke dalam tubuh biasanya akan memberikan sensasi hangat pada tubuh. Hal ini akan menyebabkan naiknya suhu dan ikut merangsang tubuh memproduksi keringat.

Penyakit Gondok

Gangguan yang menyerang kelenjar tiroid ini terjadi karena adanya suatu gangguan. Kondisi ini akan menyebabkan kelenjar yang berada dekat jakun leher ini tidak mampu menjalankan fungsinya dengan baik.

Salah satu gejala penyakit gondok adalah keluarnya keringat pada telapak tangan maupun berbagai bagian tubuh. Fungsi kelenjar tiroid itu sendiri sangat penting. Keringat yang keluar karena gangguan ini biasanya mengeluarkna bau kurang sedap.

Penyakit TBC

Penyebab tangan berkeringat juga bisa karena Anda sedang menderita penyakit TBC. Selain keluarnya keringat, gejala penyakit ini lainnya antara lain batuk, demam, tubuh mudah lelah, dan nafsu makan menurun.

Gangguan pada organ paru-paru ini terjadi karena serangan bakteri Tuberkulosis. Keringat yang keluar merupakan hasil reaksi tubuh terhadap serangan bakteri. Namun setelah beberapa hari tubuh akan mengalami demam.

Penyakit Jantung

Untuk Anda yang mengalami telapak tangan dan kaki berkeringat sejak kecil mungkin juga perlu waspada terhadap fungsi jantung. Banyak orang yang mengaitkan kondisi ini dengan adanya gangguan pada organ jantung. Benarkah?

Adanya potensi penyakit jantung memang merupakan salah satu penyebab tangan berkeringat yang banyak terjadi. Kondisi ini terjadi karena jantung tidak mampu menjalankan fungsinya secara optimal. Namun gangguan jantung akan memberikan tanda yang bervariasi.

Namun untuk memastikan apakah keringat yang sering keluar pada tangan benar karena gangguan jantung tentunya perlu pemeriksaan medis. Segera saja konsultasi dengan dokter untuk memastikannya.

Penyakit Berbahaya

Selain gangguan jantung, penyebab tangan berkeringat juga bisa karena sejumlah jenis penyakit yang berbahaya. Ada sejumlah gangguan kardiovaskuler yang juga menyebabkan tangan mengeluarkan keringat.

Begitu juga dengan penyakit kanker yang dapat menyebar dan menjadi ganas jika tidak mendapat penanganan dengan cepat. Beberapa jenis kanker yang menyerang tubuh dapat memicu keluarnya keringat pada telapak tangan.

Namun untuk memastikan apakah itu akibat kanker atau penyakit lain yang lebih berbahaya tentunya Anda perlu memeriksakannya dengan dokter. Pemeriksaan yang cepat berguna untuk mencegah kondisi menjadi semakin parah.

Metabolisme Terganggu

Gangguan metabolisme tubuh ternyata juga berhubungan dengan keluarnya keringat. Penyebab tangan berkeringat terutama karena terjadinya perubahan kadar gula darah.

Namun untuk memastikannya tentunya Anda juga mesti memeriksakan ke dokter. Apalagi terganggunya metabolisme tubuh bisa memicu berbagai penyakit yang mungkin saja berbahaya.

Konsumsi Obat

Selain karena adanya suatu penyakit, tangan yang mudah berkeringat juga bisa terjadi sebagai efek dari konsumsi obat-obatan tertentu. Bahkan tak sedikit jenis obat yang juga bisa memicu keluarnya keringat.

Begitu juga dengan beberapa jenis obat untuk penyakit jantung kebanyakan akan berefek pada tubuh yang mengeluarkan keringat, termasuk pada sekitar telapak tangan. Namun untuk memastikannya sebaiknya konsultasikan dengan dokter.

Cara Mengatasi Tangan Berkeringat Tanpa Sebab

Setelah mengetahui berbagai faktor yang bisa menjadi penyebab tangan berkeringat lantas bagaimana cara mengatasinya?

Saat ini ada banyak jenis obat yang beredar yang berguna untuk meredakan maupun mengatasi gangguan kelenjar keringat khususnya pada telapak tangan. Seperti beberapa jenis larutan yang mengandung alumunium chloride.

Baca Juga: Masalah Kesehatan Orang Pendek, Rentan Terserang Beragam Penyakit

Begitu juga dengan beberapa produk kecantikan yang bersifat anti respirant juga menawarkan manfaatnya dalam mengontrol dan mengendalikan biang keringat. Sejumlah produk dalam bentuk deodoran katanya berfungsi untuk itu.

Namun untuk mencegah efek yang tidak baik dari produk semacam itu tentunya Anda perlu berkonsultasi dengan dokter. Keluarnya keringat berlebih khususnya pada telapak tangan tentunya tidak terjadi begitu saja.

Salah satu alternatif mengontrol dan mengendalikan keringat tentunya dengan mengatasi penyebabnya. Anda bisa mencoba untuk mengurangi atau menjauhi makanan atau minuman yang memicu keringat berlebih.

Selain itu Anda juga perlu mengubah gaya hidup Anda dengan pola yang lebih sehat. Memilih konsumsi makanan yang bergizi, melakukan olahraga secara rutin, dan menjauhi kegiatan yang tidak berguna seperti begadang dan sebagainya.

Demikianlah berbagai faktor penyebab tangan berkeringat. Baik karena pengaruh lingkungan, gaya hidup, maupun karena adanya gangguan pada kelenjar keringat. Mengenal penyebabnya akan memudahkan cara mengatasinya. (R11/HR-Online)