Perawatan Wajah Alami, Cara Mudah dan Murah untuk Terlihat Cantik

cara perawatan wajah alami
Perawatan Wajah Alami. Foto: Ist/net

Melakukan perawatan wajah alami bisa menjadi pilihan terbaik untuk tampil cantik tanpa terbebani biaya tinggi. Melakukan perawatan wajah bukanlah dengan cara operasi atau bahan kimia yang berbahaya.

Saat ini ada banyak pilihan produk kecantikan dan kesehatan yang beredar di pasaran. Tak sedikit wanita yang lebih memilih dan menggunakan alat dan bahan kecantikan modern untuk merawat diri.

Baca juga: Skincare Multifungsi Wajib Punya saat Pandemi! Hemat Tapi Tetap Cantik

Hal itulah yang membuat kaum wanita identik dengan alat kosmetik. Setiap bulan mereka menganggarkan keuangan untuk membeli beragam alat kosmetik. Ini tentunya akan membuat bisnis penjualan alat kosmetik dan kecantikan laris manis.

Kelebihan Perawatan Wajah Alami

Melakukan perawatan wajah dengan bahan alami memiliki banyak kelebihan ketimbang dengan produk kosmetik berbahan kimia atau cara instan lainnya. Berikut ini berbagi keunggulan dan kelebihan perawatan wajah alami.

Biayanya Murah

Untuk menjaga wajah cantik harus melakukan perawatan secara rutin. Dengan menggunakan bahan alami, Anda hanya mengeluarkan uang yang sangat kecil. Bahkan hampir gratis. Ini berbeda jika Anda menggunakan produk kosmetik yang mahal.

Tanpa Efek Samping

Melakukan perawatan wajah alami tidak menimbulkan efek samping yang membahayakan. Hal ini berbeda dengan menggunakan produk kosmetik berbahan kimia atau operasi wajah yang bisa menimbulkan efek samping.

Mudah Membuatnya

Menggunakan bahan alami cukup mudah membuatnya meskipun agak ribet. Bahan alami juga mudah mendapatkannya, seperti dari tetangga atau menanam sendiri.  

Cara Melakukan Perawatan Wajah Alami

Selain murah, mudah, dan tidak menimbulkan dampak berbahaya, merawat wajah dengan bahan alami juga jauh lebih efektif dan tahan lama. Berikut ini cara melakukan perawatan wajah alami yang bisa Anda lakukan di rumah.

Alat Kosmetik Tak Kedaluwarsa

Pastikan Anda menggunakan kosmetik untuk perawatan wajah yang tidak kedaluwarsa. Karena jika hal itu Anda lakukan, bukannya akan mempercantik wajah Anda tapi justru dapat merusak kulit wajah.

Hindari Menggunakan Scrub

Kulit wajah mempunyai pori-pori sangat kecil. Sehingga produk perawatan wajah alami yang Anda gunakan mesti tidak merusak kulit. Beberapa produk kosmetik yang dapat mengakibatkan kerusakan kulit wajah adalah sikat, spons ataupun scrubs.

Baca juga: Daftar Produk Herbal Terlaris untuk Kesehatan dan Perawatan Kecantikan

Scrubs juga dapat mengakibatkan abrasi kulit wajah. Sehingga penting menghindari penggunaan produk kosmetik tersebut pada kulit wajah. Untuk membersihkan wajah secara aman, anda cukup mencuci muka dengan air bersih secara lembut.

Perawatan Kulit Bagian Leher

Upaya perawatan wajah alami akan percuma jika bagian leher tak Anda rawat dengan baik. Apalagi jika Anda tidak mengenakan hijab, bagian leher akan terlihat dan sering juga menjadi perhatian orang lain.

Karena itu penting juga untuk merawat bagian leher maupun sekitar bawah dagu. Leher yang cantik, mulus, tak berkerut dan terawat akan semakin memancarkan kecantikan seorang wanita.

Perawatan dengan Es Batu

Menggosok kulit muka menggunakan es batu dapat mempercantik wajah. Es batu berguna melancarkan sirkulasi darah menuju kulit dan dapat menghilangkan raut muka yang kuyu.

Caranya cukup mudah. Tinggal gosokkan saja es batu pada kulit wajah dalam beberapa detik. Lakukan ini secara rutin agar kulit wajah akan menjadi lebih halus, segar dan bersinar.

Menggunakan Tabir Surya

Melakukan perawatan wajah alami juga penting saat Anda sedang berada atau beraktivitas di luar rumah yang panas. Lingkungan yang buruk dengan banyaknya radikal bebas dan paparan sinar matahari dapat merusak kulit dan wajah.

Baca juga: Cara Memakai Masker Spirulina untuk Perawatan Kulit Wajah

Karena itu Anda perlu menggunakan tabir surya. Fungsi pemakaian tabir surya akan memberikan perlindungan pada kulit wajah. Sehingga kulit wajah tetap sehat dan tak mengalami kekeringan.

Tidur Tanpa Bra

Pada waktu tidur mungkin Anda akan melakukan sebagaimana wanita lainnya yakni tidur dengan mengenakan BH. Cara itu ternyata tidak baik dan dapat mengganggu kesehatan. Penggunaan bra pada waktu tidur dapat mengakibatkan iritasi kulit.

Selain itu kawat pada BH yang ketat akan menekan sehingga dapat mengganggu kelancaran darah dan merusak kulit. Karena itu untuk perawatan wajah yang baik, sebaiknya lepaskan BH saat Anda tidur.

Demikian cara perawatan wajah alami yang murah, mudah, dan memberikan hasil yang lebih efektif. Meskipun murah namun banyak orang yang lebih memilih produk kosmetik karena lebih praktis. Tinggal sesuaikan saja kebutuhan dan anggaran Anda. (R11/HR-Online)

Editor: Eva Latifah